Bantuan

Selain Menyedapkan Masakan, Berikut Manfaat Parsley yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Feb 2022

Bagikan

parsley

Mungkin banyak dari Anda yang menganggap manfaat parsley hanya untuk menyedapkan makanan. Namun ternyata, selain digunakan untuk menyedapkan makanan,  daun parsley juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan, daun parsley juga sering disebut sebagai tumbuhan yang manjur dalam mengobati berbagai jenis penyakit

Kandungan Parsley

Manfaat parsley bagi kesehatan tidak lepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Setidaknya dalam 30 gram parsley segar yang telah dicincang memiliki kandungan seperti berikut ini. 

  • Karbohidrat: 2 gram

  • Serat: 1 gram

  • Protein: 1 gram

  • Kalori: 11 gram

  • Lemak: < 1 gram

  • Kalium

  • Folat

  • Vitamin A

  • Vitamin C

  • Vitamin K

Manfaat Parsley

Lalu apa saja manfaat parsley bagi kesehatan? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan mengenai manfaat parsley di bawah ini. 

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat parsley bagi kesehatan yang pertama, yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin K di dalam daun parsley yang akan membantu pembentukkan tulang yang lebih kuat. Selain itu, kandungan vitamin K ini juga dapat meningkatkan kepadatan mineral pada tulang. Pada saat seseorang kekurangan asupan vitamin K maka akan meningkatkan risiko terhadap osteoporosis. 

  1. Menjaga kesehatan mata

Daun parsley memiliki kandungan beta karoten, lutein, zeaxanthin yang akan melindungi mata dan membuat mata menjadi lebih sehat. Hal ini karena zeaxanthin dan lutein bermanfaat dalam mencegah terjadinya degenerasi makula yang disebabkan oleh menuanya usia dan menjadi penyebab utama kebutaan hingga 26%, sedangkan kandungan beta karoten bermanfaat dalam menjaga mata tetap sehat.

Baca juga: Waspadai Ciri-Ciri Mata Katarak Yang Mungkin Saja Anda Alami

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Daun parsley memiliki efek nefroprotektif yang dapat menurunkan kadar kalsium dan protein di dalam urin. Berkat efek ini, daun parsley bermanfaat dalam menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Selain itu, dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa daun bermanfaat dalam meningkatkan pH urin, penurunan ekskresi kalium, dan protein dalam urin serta diuresis melalui aktivitas nefroprotektif. Hal inilah yang membuat daun parsley bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal. 

  1. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Manfaat parsley bagi kesehatan yang selanjutnya, yaitu dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. Hal ini karena daun parsley memiliki kandungan flavonoid yang dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. Dalam sebuah uji coba yang dilakukan pada tikus yang diberi konsumsi parsley menunjukkan penurunan glukosa dan perbaikan fungsi pankreas. Akan tetapi hal ini masih perlu uji coba pada manusia secara langsung. 

  1. Menurunkan risiko kanker

Daun parsley memiliki banyak komponen antikanker sehingga dianggap mampu menurunkan risiko kanker. Contohnya, yaitu kandungan flavonoid yang menunjukkan aktivitas antikanker dari hasil uji coba pada hewan. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dalam daun parsley juga dapat mencegah kanker yang dibuktikan dalam sebuah riset. Riset tersebut mengatakan bahwa penurunan kanker dapat terjadi sebanyak 7% berkat  mengonsumsi vitamin C sebanyak 100 ml setiap harinya.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Daun parsley memiliki kandungan minyak esensial yang akan membantu meningkatkan cairan lambung dan produksi empedu yang dibutuhkan sebagai enzim dalam menyerap nutrisi dan makanan. Minyak esensial ini telah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada pencernaan, seperti sembelit, mual, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak esensial daun parsley ke perut yang bermasalah. 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat parsley bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan terakhir, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini berkat kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam daun parsley. Kandungan vitamin A ini dapat menghasilkan antibodi sehingga dapat menetralisir patogen penyebab infeksi, sedangkan vitamin C bermanfaat dalam menjaga kesehatan usus yang menjadi tempat sistem imun berada. 

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai manfaat parsley bagi kesehatan. Walaupun manfaat dari daun parsley cukup banyak, Anda sangat tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, bagi Anda yang mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya, kandungan vitamin K dalam daun parsley dapat menyebabkan pembekuan darah. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Menjadi Pengobatan Tradisional yang Populer, Ini Efek Samping Bekam yang Wajib Anda Ketahui

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Enloe, Autumn. 2019. Parsley: An Impressive Herb With Health Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/parsley#nutrition

Ware, Megan. 2018. Why is parsley so healthy?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/284490

Zamarripa, Maria. 2019. 8 Impressive Health Benefits and Uses of Parsley. https://www.healthline.com/nutrition/parsley-benefits#TOC_TITLE_HDR_2

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang