Berbagai Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

7 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Sudahkah Anda tahu manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh? Ubi jalar tidak hanya sebagai pengganti nasi atau jagung, namun manfaat yang dimilikinya juga tidak dapat dianggap remeh. Ubi jalar memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan harian Anda. Lantas, apa saja manfaat ubi jalar? Simak terus penjelasan di  bawah ini. 

Manfaat Ubi Jalar

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ubi jalar yang bisa Anda dapatkan pertama yaitu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena ubi jalar memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi dalam memberikan warna orange dan menjaga kesehatan mata. Pada saat Anda mengonsumsi ubi jalar, kandungan beta karoten tersebut akan diubah menjadi vitamin A yang berfungsi dalam membentuk reseptor pendeteksi cahaya di dalam mata. 

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kinerja otak. Hal ini karena ubi jalar ungu memiliki kandungan anthocyanin yang akan meningkatkan memori dengan menangkal radikal bebas. Walaupun seperti itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat yang satu ini. 

  1. Melindungi Sistem Pencernaan

Ubi jalar juga bermanfaat dalam melindungi sistem pencernaan. Hal ini karena ubi jalar memiliki kandungan serat yang membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Tidak hanya itu, serat yang dikandung oleh ubi jalar juga cukup lengkap sehingga mampu membuat sistem pencernaan menjadi tetap sehat. 

  1. Mengatasi Diabetes

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah. Nilai glikemik yang rendah menandakan bahwa suatu makanan berpotensi rendah untuk memicu peningkatan gula darah secara tiba-tiba. Selain itu, kandungan serat di dalam ubi jalar juga membantu dalam mengontrol gula darah bagi penderita diabetes. 

  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Ubi jalar juga memiliki kandungan potasium atau sering disebut dengan kalium. Kandungan inilah yang membuat ubi jalar bermanfaat dalam mencegah tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa konsumsi potasium yang tinggi akan  memiliki hubungan terhadap risiko kematian yang disebabkan hipertensi. 

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat ubi jalar yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam ubi jalar terdapat kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, ubi jalar juga memiliki vitamin A dan E yang menguatkan kemampuan tubuh dalam melawan berbagai penyakit. 

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Ubi jalar juga dapat menurunkan risiko kanker berkat kandungan antioksidan yang dapat melindungi diri dari berbagai jenis kanker. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018, bahwa antioksidan di dalam ubi jalar dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi ubi jalar yaitu, kanker usus, kanker prostat dan kanker payudara.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Sayur Bayam Yang Dapat Mencegah Kanker

Olahan Ubi Jalar

Untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas, Anda bisa mengolah ubi jalar menjadi berbagai makanan lezat dan menyehatkan. Berikut ini beberapa olahan ubi jalar yang bisa menjadi inspirasi. 

  1. Klepon

Olahan ubi jalar yang pertama yaitu klepon yang merupakan kue tradisional Indonesia. Klepon memiliki tekstur yang lembut dengan isi gula merah di dalamnya. Cara membuat kue ini yaitu dengan dikukus sehingga sehat untuk dimakan. 

  1. Stik Panggang

Selain mengolahnya menjadi klepon, Anda juga bisa mengolah ubi jalar menjadi stik ubi jalar panggang. Ubi jalar panggang memiliki bentuk yang mirip kentang goreng namun tidak melalui proses penggorengan. Dengan memanggang ubi jalar, maka kandungan nutrisinya dapat terjaga. 

  1. Ubi Jalar Rebus

Apabila Anda tidak ingin ribet, Anda bisa mengonsumsi cukup dengan merebusnya. Rasa manis yang berasal dari ubi sudah cukup untuk dimakan tanpa lauk tambahan. Selain itu, merebus ubi jauh lebih sehat dibandingkan dengan menggoreng ataupun membakarnya. 

Nah, itulah beberapa manfaat ubi jalar yang bisa Anda dapatkan bila mengkonsumsinya. Walaupun ubi jalar memiliki banyak manfaat, bukan berarti Anda bisa mengkonsumsinya secara berlebihan. Sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik, jadi konsumsilah ubi jalar secukupnya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda mengenai berbagai manfaat ubi jalar. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Dianggap Remeh, Ini Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. WebMD. 2021. Health Benefits of Sweet Potatoes
  2. Julson, Erica. 6 Surprising Health Benefits of Sweet Potatoes.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi