Bantuan
Free Tele x

Sampai Menyebabkan Lockdown, Ini Ciri-Ciri Corona Yang Membedakan Dengan Virus Lain!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Wajib Tahu! Inilah 6 Ciri-Ciri Corona Terbaru

Dianggap sangat berbahaya, sebenarnya apa ciri-ciri corona yang membedakan dengan virus lain? Covid-19 merupakan Coronavirus Disease 2019 yang disebabkan oleh virus corona, dimana menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan.

Pada manusia, biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai dari flu biasa hingga penyakit serius seperti MERS dan SARS atau Sindrom Pernapasan Akut Berat. Virus corona merupakan jenis baru yang ditemukan pada manusia, sejak kejadian luar biasa yang muncul di Wuhan, Cina.

Banyak penyakit yang disebabkan oleh virus, salah satunya adalah flu. Lalu apa saja ciri-ciri Covid-19 yang membedakan dengan virus lain, sampai bisa menyebabkan lockdown di beberapa negara. Saat wabah Covid-19 terus berkembang, sering kali dibandingkan dengan influenza.

Hal ini karena keduanya menyebabkan penyakit pernapasan, namun anda perbedaan atau ciri-ciri diantara keduanya dan bagaimana mereka menyebar. Tentu saja, mengetahui ciri-ciri Covid-19 yang membedakan dengan virus lain menjadi hal penting untuk diketahui. Sebagai langkah kesehatan masyarakat yang dapat diterapkan untuk menanggapi virus.

Baca Juga: Obat Herbal Corona Yang Dapat Anda Konsumsi Untuk Mencegah Covid 19

Perbedaan Flu dan Virus Corona

Sebelum mengetahui perbedaan diantara keduanya, bagaimana virus Covid-19 dan virus influenza serupa? Pertama, virus Covid-19 dan influenza memiliki persentase penyakit yang serupa. Maksudnya adalah kedua penyakit ini menyebabkan penyakit pernapasan, yang muncul sebagai berbagai penyakit dari tanpa gejala, ringan, hingga penyakit parah, bahkan sampai menyebabkan kematian.

Persamaan selanjutnya adalah kedua virus ini ditularkan melalui kontak, droplet atau percikan atau cairan liur yang dikeluarkan melalui hidung atau mulut, dan fomite atau benda. Sehingga tindakan seperti kebersihan tangan serta etika pernapasan yang baik, dimana batuk ke siku atau ke dalam tisu dan segera membuangnya, menjadi hal yang penting. 

Ciri-Ciri Corona

Lalu apa ciri-ciri Covid-19 yang membedakan dengan virus lain seperti flu? Berikut ini penjelasannya :

  1. Kecepatan penularan, dari sisi ini dimana waktu antara kasus yang berurutan virus Covid-19 diperkirakan 5 sampai 6 hari, sedangkan influenza hanya 3 hari. Hal ini menunjukan bahwa influenza dapat menyebar lebih cepat daripada Covid-9. 

  2. Lama gejala muncul setelah paparan dan infeksi, orang yang memiliki Covid-19 mungkin perlu waktu lebih lama untuk mengalami gejala daripada orang yang terkena flu. Biasanya seseorang mengalami gejala sekitar 5 hari setelah terinfeksi, namun gejala dapat muncul 2 sampai 14 hari setelah terinfeksi.

  3. Lama seseorang dapat menyebarkan virus, ciri-ciri Covid-19 yang membedakan dengan virus lain adalah orang yang mengalami Covid-19 dapat menularkan lebih lama daripada jika menderita flu. Ada kemungkinan bagi orang untuk menyebarkan virus selama sekitar 2 hari sebelum mengalami gejala, atau bisa juga lebih awal. Juga akan tetap menularkan setelah gejala pertama kali muncul setidaknya 10 hari awal. Apabila seseorang tidak menunjukkan gejalanya, ada kemungkinan untuk tetap menular selama setidaknya 10 hari setelah dites positif Covid-19. Sedangkan orang yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit parah serta kekebalan tubuh yang lemah, dapat menularkan selama 20 hari atau lebih. 

  4. Cara penyebaran, Covid-19 dan flu diperkirakan menyebar dengan cara yang sama. Virus penyebab Covid-19 umumnya lebih menular daripada virus flu. Setelah diamati, Covid-19 dapat dengan cepat dan mudah menyebar ke banyak orang, dan mengakibatkan penyebaran terus-menerus di antara orang-orang seiring berjalannya waktu. 

  5. Orang dengan risiko tinggi untuk penyakit berat, ciri-ciri Covid-19 yang membedakan dengan virus lain adalah dimana secara keseluruhan, Covid-19 tampaknya menyebabkan penyakit yang lebih serius pada beberapa orang. 

  6. Komplikasi, beberapa komplikasi yang diakibatkan Covid-19 adalah seperti pembekuan darah di pembuluh darah dan arteri paru-paru, kaki, jantung, dan otak. Tak hanya itu komplikasi lainnya adalah sindrom peradangan multisistem pada anak atau MIS-C dan pada orang dewasa atau MIS-A.

Mengetahui ciri-ciri Covid-19 yang membedakan dengan virus lain, menjadi penting untuk diketahui. Hal ini untuk mengetahui penanganan atau pengobatan apa yang benar dan tepat untuk dilakukan. Jika Anda merasakan gejala-gejala Covid-19 segera periksakan diri Anda, untuk mencegah penularan kepada orang-orang di sekitar Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Alasan Mengapa Virus Corona COVID-19 Itu Berbahaya

 

Referensi :

https://www.cdc.gov/flu/symptoms/flu-vs-covid19.htm

https://www.who.int/westernpacific/news/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19-similarities-and-differences-with-influenza #:~:text=The%20speed%20of%20transmission%20is,major%20driver%20of%20transmission

Tag :
Bagikan artikel ini