Anda Tidak Perlu Bingung, Ini Vitamin Yang Seharusnya Diminum Apabila Ada Gejala COVID Yang Anda Rasakan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Sep 2021

Bagikan

Anda Tidak Perlu Bingung, Ini Vitamin Yang Seharusnya Diminum Apabila Ada Gejala COVID Yang Anda Rasakan

Apakah Anda bingung mengenai vitamin yang seharusnya diminum apabila ada gejala COVID? Vitamin yang dikonsumsi selama munculnya gejala bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, agar gejala yang dialami tidak semakin parah. Selain itu, konsumsi vitamin juga akan membantu proses penyembuhan agar berjalan lebih cepat. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi vitamin apabila gejala muncul.

Akan tetapi, apa vitamin yang seharusnya diminum apabila ada gejala COVID yang Anda rasakan? Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai vitamin yang seharusnya Anda minum. Simak terus penjelasan di  bawah ini.

Vitamin Untuk Gejala Covid

  1. Vitamin C

Vitamin yang seharusnya diminum apabila ada gejala COVID yang Anda rasakan pertama yaitu vitamin C. Pada umumnya, vitamin C dapat melawan dan juga meredakan pilek apabila Anda konsumsi sebelum sakit. Selain itu, vitamin C juga memiliki antioksidan yang akan membantu mengurangi peradangan paru dan gejala COVID yang menyerang sistem pernapasan. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari buah-buahan ataupun dari suplemen. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsinya lebih dari 1000 mg per harinya.

  1. Vitamin D

Vitamin yang bisa Anda minum selanjutnya yaitu vitamin D. vitamin D berfungsi untuk mempertahankan kadar kalsium dan fosfor darah.  Apabila Anda memiliki vitamin D yang cukup, maka dapat melindungi Anda dari infeksi pernapasan. Hal ini dibuktikan dari studi yang dilakukan pada 11.321 orang, menunjukkan vitamin D dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari ataupun suplemen. 

  1. Vitamin B6

Vitamin yang seharusnya diminum apabila ada gejala COVID yang Anda rasakan pertama yaitu vitamin B6. Vitamin B6 sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap dalam kondisi prima. Anda bisa menemukan makanan yang mengandung vitamin B6 di dalam ayam, ikan salmon atau tuna. Apabila Anda sedang merasakan gejala dan sulit untuk mengolah masakan, Anda bisa mengonsumsi vitamin B6 dalam bentuk suplemen. 

Suplemen Untuk COVID

Selain mengonsumsi vitamin, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa suplemen untuk mengatasi gejala. Beberapa suplemen yang bisa Anda konsumsi sebagai berikut ini.

  1. Selenium

Selenium merupakan mineral yang sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Dalam penelitian yang telah dilakukan pada hewan, suplemen selenium dapat meningkatkan pertahanan terhadap virus seperti virus influenza.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antivirus dan antiinflamasi yang kuat. Selain itu, bawang putih juga telah terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel darah putih. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan pada manusia masih kurang. 

  1. Echinacea

Echinacea merupakan sejenis tanaman yang berasal dari keluarga daisy. Tanaman ini telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan juga kekebalan tubuh serta memiliki efek antivirus pada beberapa virus seperti virus yang menyerang pernapasan. 

  1. Pelargonium Sidoida

Pada beberapa penelitian menunjukkan, bahwa ekstrak Pelargonium Sidoida dapat meringankan gejala pilek dan bronkitis. Tidak hanya itu, ekstraks ini juga bisa meringankan gejala infeksi saluran pernapasan akut. 

  1. Kurkumin 

Kurkumin merupakan senyawa aktif yang terdapat di dalam kunyit. Senyawa ini memiliki sifat anti inflamasi yang kuat dan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kurkumin juga dapat melawan peradangan. 

  1. Akar Manis

Akar manis memiliki kandungan banyak zat, salah satunya yaitu glycyrrhizin. Kandungan zat ini dapat melindungi tubuh dari infeksi virus. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa, akar manis memiliki aktivitas antivirus terhadap Coronavirus.

  1. Astragalus

Astragalus merupakan suatu ramuan yang sering digunakan dalam pengobatan Cina. Ramuan ini umumnya digunakan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati flu biasa, serta mengobati infeksi saluran pernapasan. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai vitamin yang seharusnya diminum apabila ada gejala COVID. Selain vitamin, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen-suplemen untuk membantu melawan gejala dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi, apabila gejala yang Anda rasakan semakin parah, maka segeralah untuk ke rumah sakit. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

20 Vitamins and Supplements To Boost Immune Health for COVID-19 (2021) 

Kubala, Jillian. The 15 Best Supplements to Boost Your Immune System Right Now (2021)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi