Bantuan

Perawat Home Care adalah Salah Satu Jenis Pelayanan Tenaga Medis di Rumah, Kenali Tugas dan Perannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

perawat home care

Sudah tahukah Anda bahwa perawat home care adalah salah satu tenaga medis yang memiliki tugas dan peranan yang tidak kalah penting? Kehadiran perawat home care di rumah mampu memberikan pertolongan yang sangat dibutuhkan dalam merawat pasien. 

Home care sendiri, sebagaimana namanya, merupakan jasa pelayanan kesehatan di mana pasien menjalani perawatan di rumah dan mendapatkan bantuan dari perawat selama proses perawatan tersebut. Jenis layanan ini memungkinkan mereka dengan keterbatasan maupun kendala untuk mendatangi fasilitas kesehatan seperti rumah sakit. 

Beberapa pasien yang membutuhkan layanan home care di sini di antaranya adalah lansia, mereka yang memiliki penyakit kronis atau baru saja menyelesaikan operasi, serta mereka yang baru saja menjalani rawat inap. Jika Anda atau salah satu orang terdekat Anda membutuhkan pelayanan home care, memahami tugas dan peran perawat home care adalah hal yang penting untuk diketahui.

Tugas dan Peran Perawat Home Care

Sebagai tenaga medis profesional, perawat home care memiliki kualifikasi yang dibutuhkan dalam menjalankan peran dan tugasnya. Adapun kualifikasi yang dimiliki oleh perawat home care di antaranya adalah lulus pendidikan tinggi keperawatan, memegang STR (Surat Tanda Registrasi), memiliki sertifikasi pelatihan home care, memiliki SIP (Surat Izin Praktik), hingga memiliki pengalaman sebagai perawat minimal tiga tahun lamanya.

Adapun tugas dan peran yang diemban oleh seorang perawat home care yang memiliki kualifikasi di atas adalah sebagai berikut.

  • Merawat, mendampingi, dan mengawasi pasien selama masa perawatan di rumah.

  • Merawat dan membantu pemasangan alat medis yang dibutuhkan pasien selama perawatan di rumah, seperti kateter, ventilator, dan lainnya.

  • Memberikan obat dan mengatur jadwal konsultasi dengan dokter. 

  • Memastikan pasien makan dengan teratur.

  • Memberikan personal hygiene kepada pasien.

  • Menjaga kebersihan lingkungan tempat pasien berada.

  • Mengecek tanda vital pasien selama masa perawatan di rumah, mencakup detak nadi, kadar gula darah, dan lainnya.

  • Memantau dan memberikan laporan kondisi pasien kepada pihak keluarga maupun dokter.

  • Memberikan pertolongan pertama apabila pasien mengalami kondisi darurat selama masa perawatan di rumah. 

  • Turut bekerja sama dengan tenaga kesehatan lainnya dalam mendukung perawatan pasien selama di rumah. 

Siapa yang Membutuhkan Perawat Home Care?

Sejatinya, setiap pasien yang menjalani perawatan di rumah bisa menggunakan jasa perawat home care. Terutama jika penggunaan tenaga perawat home care ini direkomendasikan oleh dokter. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa pasien yang membutuhkan kehadiran perawat home care selama menjalani perawatan di rumah.

  • Pasien rawat jalan.

  • Pasien yang sudah lanjut usia (lansia).

  • Pasien yang membutuhkan pemasangan alat medis selama menjalani perawatan di rumah.

  • Pasien yang menjalani perawatan akibat cedera.

  • Pasien yang mengalami kecacatan.

  • Pasien merupakan wanita yang baru saja melahirkan.

  • Pasien merupakan bayi yang baru dilahirkan.

  • Pasien merupakan anak berkebutuhan khusus.

  • Pasien memiliki riwayat penyakit tertentu seperti penyakit jantung, penyakit kronis diabetes, alzheimer, dan lainnya.

Perlu diketahui, jika diklasifikasikan berdasarkan latar belakang pendidikannya, perawat home care dapat dibedakan lagi menjadi tiga jenis utama, yakni perawat home care umum yang memiliki kualifikasi pendidikan minimal D3/S1 pada bidang keperawatan dan kesehatan, ada pula perawat/pendamping lansia yang pada umumnya memiliki kualifikasi pendidikan minimal setara SMK jurusan kesehatan, hingga perawat/bidan untuk ibu dan anak yang memiliki kualifikasi pendidikan kebidanan. 

Pasien yang membutuhkan layanan home care sebaiknya lebih teliti dan berhati-hati dalam memilih perawat home care. Hal ini ke depannya akan menentukan kenyamanan dan kesehatan pasien yang mendapatkan pelayanan home care itu sendiri. Untuk itu, pastikan Anda memilih perawat home care yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya. 

Demikianlah penjelasan mengenai tugas dan peran perawat home care yang perlu Anda ketahui. Dari pembahasan tersebut, dapat kita ketahui bahwa sejatinya profesi perawat home care adalah sama pentingnya dengan tenaga medis lainnya. Justru, spesifikasi yang dimilikinya memungkinkan perawat home care melakukan tugas dan peran dalam perawatan home care yang belum tentu bisa dilakukan oleh tenaga medis lainnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Beda dengan Perawat, Prinsip dan Peran Caregiver adalah?

Referensi

Betterteam. 2021. Home Care Nurse Job Description. https://www.betterteam.com/home-care-nurse-job-description#:~:text=Home%20care%20nurses%20provide%20care,the%20doctor%20after%20each%20visit.

Evergreen Private Care. HOME CARE NURSE RESPONSIBILITIES: WHAT ARE THEY REALLY?. https://www.evergreenprivatecare.com/home-care-nurse-responsibilities/

WGU Edu. 2020. What is a home health nurse?. https://www.wgu.edu/blog/home-health-nurse2012.html#close

Bagikan artikel ini