Bantuan
Free Tele x

Beda dengan Perawat, Prinsip dan Peran Caregiver adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Beda dengan Perawat, Prinsip dan Peran Caregiver adalah?

Apakah Anda beranggapan bahwa perawat dengan caregiver adalah dua profesi yang sama? Jika iya, maka Anda sedikit keliru karena meskipun kedua profesi ini sama-sama memberikan perawatan, namun sejatinya profesi perawat dan caregiver adalah dua hal yang berbeda. 

Nah, agar Anda lebih mudah dalam memahami perbedaannya, simak terus penjelasan mengenai apa itu caregiver, serta prinsip dan perannya berikut ini.  


Apa itu Caregiver?

Istilah caregiver pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris dan dapat diartikan sebagai pemberi perhatian. Berprofesi sebagai caregiver dalam hal ini berarti menjadi seseorang yang memberikan asuhan keperawatan pada pasien setiap harinya, dalam jangka waktu yang relatif lebih lama. 

Seorang caregiver dibutuhkan untuk memberikan perhatian dan kasih sayang pada pasien yang ditanganinya, yang dalam hal ini sebagian besar adalah para lansia. Meskipun begitu, seorang caregiver tidak serta-merta dapat mengambil tindakan medis terhadap pasien, sebagai contoh dalam memasang infus, kateter, selang, dan lain sebagainya yang seharusnya dilakukan oleh tenaga medis. 

Di Indonesia sendiri, profesi caregiver ini masih sangat jarang terdengar, tidak seperti di negara lain. Hal ini karena di Indonesia, rata-rata life expectancy (angka harapan hidup) masih cukup rendah, yakni sekitar 60 tahun. Selain itu masyarakat Indonesia biasanya masih lebih memilih untuk merawat sendiri keluarganya, dibanding mempekerjakan tenaga caregiver.


Prinsip Caregiver

Dalam menjalankan kewajibannya, seorang caregiver tentunya memiliki prinsip yang perlu dilaksanakan. Secara garis besar, caregiver memiliki 4 prinsip yang wajib dijalankan. Adapun prinsip-prinsip caregiver tersebut adalah sebagai berikut. 

  • Caregiver akan menjadi komunikator bagi semua pihak. Untuk itu, seorang caregiver harus bisa menjaga komunikasi yang baik kepada pasien maupun keluarganya. 

  • Caregiver harus menghargai martabat pasien. Dalam hal ini, seorang caregiver harus bisa menjunjung tinggi, menghormati, dan menghargai martabat pasiennya. 

  • Caregiver harus menjaga hubungan baik antar pihak yang terlibat. Seorang caregiver tentunya akan berhubungan dengan dokter, perawat dan keluarga, untuk itu ia harus memegang prinsip menjaga hubungan baik dengan pihak-pihak tersebut. 

  • Caregiver harus bisa bertanggung jawab terhadap perawatan yang dilakukan. Seorang harus bisa memastikan bahwa perawatan yang diberikan benar-benar bisa maksimal dan dapat dipertanggung jawabkan. 


Peran Caregiver

Selain memiliki prinsip yang dipegang dan wajib dijalankan, seorang caregiver juga memiliki peran dalam merawat pasien. Berikut ini beberapa peran dari seorang caregiver.  

  1. Educator

Peran pertama dari seorang caregiver yaitu sebagai educator. Seorang caregiver akan memberikan pengetahuan yang memiliki hubungan dengan kesehatan pasien. Selain itu, seorang caregiver juga harus bisa mendidik pasien agar bisa mengatasi masalah yang dihadapi oleh pasien. 

  1. Advocate

Sebagai seorang advocate, seorang caregiver harus dapat memastikan bahwa segala tindakan pelayanan yang diberikan kepada pasien adalah sudah baik dan tidak mengalami kesalahan. Selain itu, caregiver dalam hal ini juga menjadi penghubung antara pasien dengan tenaga kesehatan seperti dokter, dalam memberitahukan kondisi kesehatannya. 

  1. Pemberi Bimbingan 

Selain sebagai seorang educator dan advocate, seorang caregiver juga harus mengemban peran sebagai pemberi bimbingan. Dalam hal ini, caregiver akan memberikan bimbingan dan bantuan terhadap pasien dalam mengidentifikasi perubahan pola interaksinya terhadap keadaan sehat ataupun sakitnya. 

  1. Pemberi Asuhan

Peran seorang caregiver yang terakhir yaitu sebagai pemberi asuhan keperawatan kepada pasien. Seorang caregiver akan memberikan pelayanan baik secara langsung dan tidak langsung. Seorang caregiver akan membantu pasien dalam menjalankan aktivitas kesehariannya dan memberikan dukungan dalam hal emotional.

Demikianlah penjelasan mengenai caregiver, peran serta prinsip yang dipegangnya. Meskipun saat ini profesi sebagai caregiver jarang dilirik, namun ternyata ada banyak faktor yang dapat menjadikan caregiver ini sebagai salah satu profesi yang cukup penting. 

Dibanding menitipkan orang tua Anda di panti jompo, mempekerjakan caregiver dalam merawat orang tua di rumah jauh lebih menguntungkan bagi Anda ataupun orang tua Anda. Saat ini, Anda sudah dapat menemukan banyak perusahaan penyalur yang menghadirkan tenaga-tenaga caregiver dengan kualifikasi terbaik. Dengan begitu, pemberian pelayanan terhadap orang tua Anda akan lebih bermutu dan menciptakan kenyamanan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Johns Hopkins Medicine. What Is a Caregiver?. 

NCBI. Family Caregiving Roles and Impacts.


Tag :
Bagikan artikel ini