Bantuan

Bagaimanakah Cara Mengetahui Selaput Dara Robek atau Tidak? Mari Temukan Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Mar 2022

Bagikan

selaput dara

Bagaimana cara mengetahui selaput dara robek atau tidak? Bagi Sebagian besar wanita, selaput dara merupakan hal yang penting. Pendapat bahwa selaput dara adalah ukuran keperawanan seseorang. Sehingga robeknya selaput dara sering kali diidentikkan dengan tidak perawan. 

Pada faktanya, seks bukanlah satu-satunya penyebab selaput dara robek. Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya robekan pada selaput dara. Simak pembahasan berikut untuk mengetahui penyebab robeknya selaput dara dan cara mengetahuinya. 

Apa Itu Selaput Dara?

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan selaput dara. Selaput dara adalah jaringan tipis yang terdapat pada jalan masuk vagina perempuan. Belum diketahui secara pasti apa fungsi selaput dara. Akan tetapi, para ilmuwan berpendapat bahwa selaput dara adalah jaringan yang dapat melindungi vagina dari infeksi. 

Bentuk selaput dara berbeda-beda pada setiap wanita. Selain itu, ternyata tidak semua wanita terlahir dengan memiliki selaput dara, ada juga yang tidak. Bentuk yang paling umum dimiliki wanita adalah berbentuk bulan setengah yang memungkinkan darah menstruasi mengalir keluar. Dalam beberapa kasus, hanya sebagian vagina yang tertutup, dan pada kasus lain, selaput dara  tertutup sepenuhnya dan diperlukan pembedahan.

Perubahan yang Terjadi pada Selaput Dara

Selaput dara dapat mengalami beberapa perubahan bentuk seiring dengan pertumbuhan seseorang. Ada beberapa perubahan yang biasanya terjadi pada selaput dara. 

  • Pada masa sebelum pubertas, selaput dara yang dimiliki wanita cenderung tipis dan sensitif.

  • Pada saat pubertas, hormon estrogen yang meningkat menyebabkan selaput dara dan jaringan vagina menjadi lebih tebal dan elastis.

  • Selama masa kehamilan, perubahan hormon menjadikan jaringan vagina lebih elastis untuk menyiapkan terjadinya persalinan.

  • Perubahan bentuk pada selaput dara juga terjadi setelah melakukan persalinan normal.

  • Saat wanita mengalami menopause, hormon estrogen menurun dan menyebabkan selaput dara menjadi tipis kembali.

Penyebab Robeknya Selaput Dara

Jika selama ini dipercaya bahwa selaput dara hanya robek setelah berhubungan seks, maka hal itu tidaklah benar. Pada dasarnya, selaput tidak dapat robek dengan sendirinya. Ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan robeknya selaput dara. Diantaranya adalah masturbasi secara teratur, memasukkan tampon atau menstrual cup. Akan tetapi, memasukkan suatu benda bukan menjadi penyebab utama robeknya selaput dara. 

Beberapa aktivitas olahraga tertentu, secara tidak langsung juga dapat menjadi penyebabnya. Diantaranya melakukan olahraga seperti berkuda, bersepeda, yoga, dan banyak hal lainnya. Saat selaput dara robek, Anda tidak akan merasakan sakit atau rasa tidak nyaman. Hal tersebut dapat terjadi begitu saja. 

Tanda-Tanda Robeknya Selaput Dara

Jika terjadi robekan pada selaput dara, ada beberapa gejala atau tanda yang bisa dilihat. Berikut tanda-tanda yang bisa Anda alami. 

  • Sedikit pendarahan atau bercak darah. 

  • Timbul rasa tidak nyaman atau rasa sakit pada lubang vagina.

  • Selaput robek 1-2 cm dari lubang vagina.

  • Tidak terdapat indikasi adanya selaput pada vagina, yang biasanya bisa ditemukan pada lubang vagina.

Secara umum, hal tersebut diatas adalah tanda-tanda robeknya vagina. Akan tetapi Anda dapat memastikannya langsung dengan memeriksanya sendiri atau memeriksakan langsung pada dokter kandungan. Jika selaput dara mengalami kerusakan atau robek, Anda dapat melakukan operasi jika ingin menjadikannya perawan kembali. 

Cara Mengetahui Selaput Dara Robek atau Tidak

Selain memeriksakan ke dokter kandungan, Anda dapat melakukan pemeriksaan selaput dara sendiri menggunakan cermin dan jari. 

  • Cuci tangan hingga benar-benar bersih.

  • Ambil cermin kecil.

  • Duduk di kursi dengan nyaman, kemudian buka kaki Anda.

  • Oleskan pelumas khusus pada jari.

  • Pegang cermin dan arahkan pada lubang vagina.

  • Buka bibir vagina menggunakan jari telunjuk atau jari tengah.

  • Jika selaput dara masih utuh, Anda akan dapat melihat selaput tipis berbentuk bulan sabit pada bagian bawah lubang vagina.

Itu tadi adalah cara mengetahui selaput dara robek atau tidak. Akan tetapi perlu diingat bahwa bentuk dan ukuran selaput dara sangatlah beragam. Jika ternyata Anda mendapati bahwa selaput dara Anda robek, maka hal itu sangatlah wajar dan tidak mengapa. Anda tidak perlu merasa sedih ataupun panik. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Salah Satu Gangguan Organ Reproduksi, Ini Seluk Beluk Vaginismus

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Roshni. 2021. 6 Signs of Hymen Breakage Every Woman Should Look Out For.. https://urbanasian.com/lifestyle/health/2021/05/6-signs-of-hymen-breakage-every-woman-should-look-out-for/

Knight, Caroline. 2020. How Do I Know if My Hymen is Torn or Broken?. https://www.vuvatech.com/blogs/care/hymen-torn-or-broken

Savchenko, Marina. 2021. Hymen: What It Is and How It Changes Throughout Your Life. https://flo.health/menstrual-cycle/health/period/what-is-hymen-and-how-it-changes 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang