Bantuan

Mudah dan Efektif! Ini Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Mar 2022

Bagikan

Bruntusan di hidung

Cara menghilangkan bruntusan di hidung sebenarnya cukup sederhana. Banyak orang yang berusaha mengatasi permasalahan kulit yang satu ini dengan berbagai cara, termasuk dengan menggunakan cara-cara yang cenderung berbahaya. Padahal, ada cara menghilangkan bruntusan di hidung yang lebih mudah dan efektif. 

Overview bruntusan

Bruntusan pada dasarnya adalah kondisi di mana kulit memiliki permukaan yang terasa kasar dan memiliki bintik-bintik kecil menonjol pada kulit. Meskipun bukan merupakan istilah medis, namun bruntusan kerap mengganggu penampilan seseorang karena dapat muncul di beberapa titik atau dalam jumlah banyak bergerombol.

Adapun daerah-daerah wajah rentan mengalami bruntusan tersebut di antaranya adalah bagian T-Zone yakni hidung, dagu dan dahi. Tidak hanya itu saja, bruntusan juga dapat muncul pada area-area tubuh seperti punggung, leher, bahu, lengan, hingga ke area dada. 

Penyebab bruntusan

Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan bruntusan di hidung, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang mungkin dapat menyebabkan terjadinya bruntusan itu sendiri, yakni di antaranya adalah:

  • Kondisi tubuh yang stres

  • Perubahan hormon

  • Produksi keringat dalam jumlah yang banyak

  • Penggunaan produk kosmetik atau perawatan kulit yang tidak sesuai

  • Kebersihan wajah yang tak terjaga

Cara menghilangkan bruntusan di hidung

Sebenarnya, bruntusan di hidung atau di area wajah lainnya sangat mudah dihilangkan. Meskipun begitu, Anda perlu konsisten dalam membiasakan perawatan wajah yang mendasar dan benar. Adapun beberapa cara menghilangkan bruntusan yang terbilang mudah dan efektif tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Rutin membersihkan wajah

Demi mencegah berkembangnya bruntusan di hidung, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah dengan rutin membersihkan wajah minimal 2 kali setiap harinya, yakni sebelum dan ketika bangun tidur. Adapun untuk menghilangkan bruntusan itu sendiri dengan efektif, yang perlu dilakukan adalah menerapkan double cleansing, yakni dengan membersihkan wajah menggunakan make up remover terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan facial wash. 

  1. Tidak melupakan pelembap

Setelah wajah dibersihkan dengan menyeluruh, selanjutnya Anda perlu menggunakan produk pelembap. Dalam hal ini, Anda bisa menyesuaikan pelembap yang akan digunakan dengan tipe wajah masing-masing. Setiap tipe kulit, apakah termasuk tipe kulit kering, berminyak, normal atau kombinasi, semuanya perlu menggunakan pelembap untuk mengatasi permasalahan bruntusan yang mengganggu.

  1. Menggunakan tabir surya

Hal berikutnya yang terbilang cukup penting namun kerap dilupakan oleh seseorang untuk menghilangkan bruntusan adalah penggunaan tabir surya atau sunscreen. Padahal penggunaan tabir surya ini tidak boleh terlewatkan sama sekali, karena akan membuat permasalahan bruntusan semakin parah. Selain itu, tabir surya dalam hal ini juga akan melindungi kulit dari paparan bahaya radikal yang memicu kanker kulit.

  1. Eksfoliasi

Selain menerapkan 3 cara di atas, Anda juga bisa melakukan eksfoliasi secara rutin setiap minggu demi menghilangkan bruntusan di hidung. Eksfoliasi dalam hal ini dimaksudkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab timbulnya bruntusan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa eksfoliasi ini berusaha mengatasi permasalahan dari akarnya. Sebagai bonus, eksfoliasi akan membuat wajah tampak lebih halus, lembap, dan cerah.

  1. Hentikan kebiasaan menyentuh wajah

Cara menghilangkan bruntusan di hidung berikutnya ini terbilang paling mudah dan sederhana, namun juga sangat efektif dalam mencegah hingga mengatasi bruntusan yang mengganggu. Mengapa demikian? Hal ini karena kebiasaan menyentuh wajah hanya akan membuat kulit teriritasi dan mengundang lebih banyak minyak, kotoran, dan debu yang menyumbat pori. Pada akhirnya, hal ini justru hanya akan membuat bruntusan pada wajah menjadi semakin parah. Kebiasaan lainnya seperti memencet dan mengeluarkan komedo juga akan memperburuk kondisi wajah Anda. 

Nah demikianlah penjelasan singkat mengenai cara menghilangkan bruntusan di hidung yang mudah dan efektif. Sembari menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini, cobalah untuk senantiasa menjaga kebersihan make up, sarung bantal dan handuk, serta kebersihan muka secara keseluruhan. Apabila penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit tertentu memicu berkembangnya bruntusan di wajah atau menyebabkan iritasi, maka segera hentikan pemakaian dan kunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ini Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung yang Mudah dan Ampuh

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Watson, Kathryn. 2020. How to Get Rid of Milia: 7 Ways. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/how-to-get-rid-of-milia

Palmer, Angela. 2021. The Best Ways to Treat and Prevent Milia. https://www.verywellhealth.com/how-to-treat-milia-15668

Seymour, Tom. 2020. How can I get rid of milia?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320953

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang