Bantuan

Penyakit Perampas Nyawa di Masa Pandemi? Mari Kenali Pneumonia!

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 Apr 2021

Bagikan

Apa itu pneumonia?

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat bersifat ringan sampai parah hingga kamu harus dirawat di rumah sakit.

Pneumonia terjadi ketika infeksi menyebabkan kantung udara di paru-paru (alveoli) terisi dengan cairan atau nanah. Itu bisa membuat kamu sulit menghirup oksigen yang cukup untuk mencapai aliran darah.

Siapapun bisa terkena infeksi paru-paru ini. Tetapi bayi di bawah usia 2 tahun dan orang dewasa di atas 65 tahun memiliki risiko lebih tinggi. Hal tersebut disebabkan karena sistem kekebalan mereka tidak cukup kuat untuk melawannya.

Pneumonia dapat menyerang salah satu atau kedua paru-paru. Siapa saja bisa terkena dan tidak mengetahuinya. Dokter menyebutnya pneumonia berjalan (walking pneumonia). Penyebabnya antara lain bakteri, virus, dan jamur. Jika pneumonia disebabkan oleh bakteri atau virus, maka dapat ditularkan ke orang lain.

Kebiasaan gaya hidup, seperti merokok dan minum terlalu banyak alkohol, juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena pneumonia.

Gejala pneumonia

Gejala pneumonia dapat bervariasi tergantung pada apa yang menyebabkan pneumonia, usia, dan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Pneumonia biasanya berkembang selama beberapa hari.

Gejala pneumonia yang umum meliputi:

·         Nyeri dada saat bernapas atau batuk

·         Batuk yang menghasilkan dahak atau lendir

·         Kelelahan dan kehilangan nafsu makan

·         Demam, berkeringat, dan kedinginan

·         Mual, muntah, dan diare

·         Sesak napas

Seiring dengan gejala-gejala ini, orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah mungkin merasa kebingungan, mengalami perubahan dalam kesadaran mental, atau mungkin memiliki suhu tubuh yang lebih rendah dari biasanya.

Penyebab pneumonia

Bakteri, virus, atau jamur dapat menyebabkan pneumonia. Penyebab umumnya meliputi:

  • Virus flu

  • Virus dingin

  • Virus rsv (penyebab utama pneumonia pada bayi usia 1 tahun ke bawah)

  • Bakteri tersebut disebut streptococcus pneumoniae dan mycoplasma pneumoniae

Beberapa orang yang berada di rumah sakit terkena "pneumonia terkait ventilator" jika mereka terkena infeksi saat menggunakan ventilator, mesin yang membantu untuk bernapas. Jika kamu terkena pneumonia saat berada di rumah sakit dan tidak menggunakan ventilator, itu disebut pneumonia "yang didapat di rumah sakit". Tetapi kebanyakan orang terkena "pneumonia yang didapat dari masyarakat", yang berarti mereka tidak mendapatkannya di rumah sakit.

Komplikasi pneumonia

Pneumonia dapat memiliki komplikasi, termasuk:

  • Bakteremia, di mana bakteri menyebar ke dalam darah. Ini dapat menyebabkan syok septik dan kegagalan organ.

  • Kesulitan bernapas, yang mungkin menyebabkan seseorang perlu menggunakan alat bantu napas seperti ventilator.

  • Penumpukan cairan di antara lapisan jaringan yang melapisi paru-paru dan rongga dada. Cairan ini juga bisa terinfeksi.

  • Abses paru-paru, ketika kantong nanah terbentuk di dalam atau di sekitar paru-paru.

Pengobatan pneumonia

Dokter kamu dapat memberitahu perawatan mana yang tepat untuk kamu. Jika kamu menderita pneumonia bakteri, kamu akan diberi antibiotik. Pastikan kamu meminum semua obat yang diberikan dokter kamu, bahkan jika kamu mulai merasa lebih baik sebelum kamu menghabiskan obatnya.

Jika kamu menderita pneumonia virus, antibiotik tidak akan membantu. Kamu perlu istirahat, minum banyak cairan, dan minum obat untuk meredakan demam. Jika gejalamu parah atau kamu memiliki kondisi lain yang membuat kamu lebih mungkin mengalami komplikasi, doktermu mungkin merujuk kamu ke rumah sakit.

Dengan segala jenis pneumonia, pemulihan akan memakan waktu. Kamu akan membutuhkan banyak istirahat. Kamu mungkin perlu libur seminggu dari rutinitas biasa, dan kamu masih bisa merasa lelah selama sebulan.

Cukup sekian informasi dari tim Aido, semoga bermanfaat. Simak juga artikel kesehatan lainnya hanya di Aido.

Referensi:

1.     Pneumonia: Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Complications [Internet]. [cited 2021 Feb 1]. Available from: https://www.webmd.com/lung/understanding-pneumonia-basics

2.     Jain V, Vashisht R, Yilmaz G, Bhardwaj A. Pneumonia Pathology. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2020 [cited 2021 Feb 1]. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK526116/

3.     Pneumonia - Symptoms and causes [Internet]. Mayo Clinic. [cited 2021 Feb 1]. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pneumonia/symptoms-causes/syc-20354204

Bagikan artikel ini