Batuk Tidak Bisa Sembuh? Cobalah Obat Batuk Natural Ini!

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 Apr 2021

Bagikan

Batuk Tidak Bisa Sembuh? Cobalah Obat Batuk Natural Ini!

Ada beberapa obat batuk natural yang dapat kita gunakan untuk meredakan batuk. Secara umum, batuk adalah suatu hal yang normal.

Batuk dapat membantu menjaga tenggorokan tetap bersih dari dahak dan bahan iritan lainnya. Namun, batuk berkelanjutan juga bisa menjadi gejala dari sejumlah kondisi, seperti alergi, infeksi virus, atau infeksi bakteri.

Apa Itu Batuk?

Batuk adalah refleks untuk membersihkan saluran udara dari lendir dan bahan iritan seperti debu atau asap. Batuk jarang menjadi pertanda sesuatu yang serius.

Terkadang batuk bukan karena sesuatu yang berhubungan dengan paru-paru. Penyakit refluks gastroesophageal(gerd) juga bisa menyebabkan batuk.

Kamu dapat mengobati batuk karena pilek, alergi, dan infeksi sinus dengan sejumlah obat yang dijual bebas atau over-the-counter (otc). Infeksi bakteri membutuhkan antibiotik.

Obat Batuk Natural

Seiring dengan perawatan obat, kamu dapat bertanya kepada dokter tentang pilihan lain untuk membantu batuk kamu. Di sini kami telah membuat daftar beberapa obat natural untuk dipertimbangkan.

  1. Madu

Madu adalah obat tradisional untuk sakit tenggorokan. Menurut sebuah studi, ini juga dapat meredakan batuk lebih efektif daripada obat otc yang mengandung dekstrometorfan atau penekan batuk.

Kamu dapat membuat obat sendiri di rumah dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

Madu bisa menenangkan, sedangkan jus lemon bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Kamu juga bisa makan madu dengan sesendok atau mengoleskannya di atas roti untuk camilan.

  1. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Meskipun tidak meredakan batuk secara langsung, obat ini membantu menyeimbangkan flora saluran cerna kamu. Flora gastrointestinal adalah bakteri yang hidup di usus kamu.

Keseimbangan ini dapat mendukung fungsi sistem kekebalan di seluruh tubuh. Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan penurunan jumlah orang yang tertular infeksi saluran pernapasan atas setelah diberi berbagai jenis probiotik, meskipun buktinya masih belum meyakinkan.

Setiap produsen suplemen mungkin memiliki asupan rekomendasi harian yang berbeda. Probiotik juga ditambahkan ke beberapa jenis yogurt dan hadir dalam sup miso dan roti penghuni pertama.

Mengingat variasi probiotik yang tersedia, kamu harus berbicara dengan dokter tentang probiotik mana yang tepat untuk kamu dan kondisi kamu. Cara paling alami untuk mendapatkan probiotik adalah melalui makanan fermentasi, antara lain:

·         Sup kedelai atau miso

·         Kol parut

·         Yogurt

·         Kefir

·         Kombucha

·         Tempe

·         Kimchi

·         Penghuni pertama

Baca Juga: Obat Batuk Untuk Anak

  1. Bromelain

Kamu biasanya tidak menganggap nanas sebagai obat batuk, mungkin karena kamu belum pernah mendengar tentang bromelain.

Ada bukti yang menunjukkan bahwa bromelain adalah enzim yang hanya ditemukan di batang dan buah nanas. Bukti tersebut menyatakan bahwa bromelain dapat membantu menekan batuk serta melonggarkan lendir di tenggorokan kamu.

Untuk menikmati manfaat nanas dan bromelain secara maksimal, makanlah sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari.

Terdapat juga klaim bahwa bromelain dapat membantu meringankan masalah sinusitis dan alergi berbasis alergi, yang dapat menyebabkan batuk dan lendir. Namun, tidak ada cukup bukti sumber terpercaya untuk mendukung ini. Kadang juga digunakan untuk mengobati peradangan dan pembengkakan.

Suplemen bromelain tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak atau orang dewasa yang mengonsumsi pengencer darah. Selain itu, berhati-hatilah saat menggunakan bromelain jika kamu juga menggunakan antibiotik seperti amoksisilin, karena dapat meningkatkan penyerapan antibiotik.

  1. Peppermint

Daun peppermint terkenal dengan khasiat penyembuhannya. Mentol dalam peppermint menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan, membantu memecah lendir.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan meminum teh peppermint atau dengan menghirup uap peppermint dari mandi uap. Untuk mandi uap, tambahkan 3 atau 4 tetes minyak peppermint untuk setiap 5 ons air panas. Letakkan handuk di atas kepala kamu, dan tarik napas dalam-dalam langsung di atas air.

  1. Marshmallow

Marshmallow terbuat dari althaea officinalis, tanaman tahunan yang berbunga di musim panas. Daun dan akar jamu telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengobati sakit tenggorokan dan meredakan batuk.

Tidak ada penelitian yang terkontrol dengan baik untuk mendukung klaim ini, tetapi ramuan tersebut umumnya dianggap aman. Ramuan marshmallow mengandung lendir, yang melapisi tenggorokan dan meredakan iritasi. Saat ini, kamu bisa mendapatkan akar marshmallow sebagai teh atau dalam bentuk kapsul. Teh hangat bisa meredakan batuk yang disertai radang tenggorokan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bagaimanakah Etika Batuk Yang Benar?

 

Referensi:

1. 7 Best Natural Cough Remedies [Internet]. Healthline. 2020 [cited 2021 Feb 4]. Available from: https://www.healthline.com/health/allergies/best-natural-cough-remedies

2. Cough [Internet]. [cited 2021 Feb 4]. Available from: https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/lungs-and-airways/cough

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi