Bantuan

Penting Untuk Diketahui, Ini Dia Beberapa Gejala COVID yang Paling Umum Hingga Paling Darurat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Jul 2021

Bagikan

Penting Untuk Diketahui, Ini Dia Beberapa Gejala COVID yang Paling Umum Hingga Paling Darurat

Belakangan ini, Indonesia kembali dihadapkan pada semakin meningkatnyakasus COVID-19. Berkaitan dengan hal ini, mengetahui beberapa gejala COVID-19yang paling umum, jarang dijumpai, hingga yang paling darurat sekalipun menjadilangkah pencegahan utama yang perlu Anda ketahui.


Sebagai permulaan, Anda mungkin telah mengetahui bahwa wabah COVID-19yang tengah menyerang seluruh dunia ini disebabkan oleh virus corona varianSARS-CoV-2, yang dapat menyebar melalui droplet pasien yang telah terinfeksivirus itu sendiri. Setelah menginfeksi tubuh, virus penyebab COVID-19 ini punakan menyebabkan beberapa gejala tertentu.


Gejala yang mungkin dirasakan dalam hal ini dapat berbeda-beda dari satuorang dengan orang lainnya. Ada yang mengeluhkan gejala yang cukup umum danhampir semua penderita merasakannya, ada pula yang mengeluhkan gejala-gejalayang cukup jarang ditemui. Selain itu, ada pula penderita COVID-19 yang menderitagejala darurat yang cukup parah, bahkan hingga kehilangan nyawa. 


Nah untuk mengantisipasi gejala dari COVID-19 ini, Anda terlebih dahuluperlu mengetahui apa saja gejala COVID yang paling umum, hingga yang palingdarurat. Hal ini penting karena akan memudahkan Anda dalam menentukan langkahdarurat apa yang perlu diambil ketika gejala COVID yang paling umum hingga yangpaling darurat ini muncul. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai gejala-gejala terinfeksivirus penyebab COVID-19 di bawah ini.


Gejala COVID yang paling umum

Pada banyak kasus yang ditemukan di dunia, diketahui bahwa gejala COVIDyang paling umum adalah demam, batuk kering, kehilangan kemampuan untuk merasadan mencium bau, hingga kelelahan. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan olehOrganisasi Kesehatan Internasional (WHO) pada laman resminya. 

1.  Demam

Demam ataupun meriang dapat menjadi gejala paling umum pertama yangmengindikasikan seseorang terinfeksi COVID-19. Demam ini sendiri dapatbervariasi mulai dari 1 tingkat di atas suhu tubuh normal manusia, hingga beradapada tingkat yang cukup tinggi dan berbahaya. 

2.  Batuk

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, COVID-19 merupakan jenispenyakit yang menyerang sistem pernapasan. Dalam hal ini, bukan tidak mungkinjika batuk menjadi gejala COVID-19 yang paling umum. Apabila Anda mengalamibatuk kering yang tak kunjung sembuh, maka kemungkinan Anda telah terinfeksiCOVID-19. 

3.  Kehilangan indera penciuman dan perasa

Kehilangan indera penciuman dan perasa juga merupakan gejala COVID-19yang paling umum lainnya yang mungkin dirasakan oleh pasien positif COVID-19.Bahkan pada beberapa kasus, gejala ini menjadi satu-satunya gejala yangdirasakan oleh pasien tersebut. Hal ini sebenarnya merupakan gejala yang seringberhubungan dengan infeksi pada saluran pernapasan.

4.  Kelelahan

Indikasi yang mungkin bisa dibilang paling umum ketika Anda terinfeksisuatu virus adalah perasaan sakit yang juga diiringi dengan kondisi tubuh yanglemah dan terasa sangat kelelahan. Perasaan lelah dalam hal ini adalah jenisyang tidak bisa disembuhkan dengan tidur atau beristirahat. Pada kasus infeksiCOVID-19 yang lebih parah, beberapa orang bahkan tidak sanggup untuk sekedarbangun dari tempat tidur.


Gejala COVID yang jarang ditemui

Selain keempat gejala utama, pasien yang terinfeksi juga dapat menunjukkangejala-gejala tertentu yang cukup jarang ditemui seperti:

  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Mata merah 
  • Ruam pada kulit


Gejala COVID yang cukup serius

Infeksi COVID-19 dapat menimbulkan gejala-gejala tertentu yang bersifatlebih serius dan darurat dan oleh karenanya membutuhkan penanganan sesegeramungkin. Adapun gejala-gejala tersebut di antaranya adalah:

  • Napas pendek atau kesulitan bernapas
  • Kehilangan kemampuan berbicara, bermobilitas,hingga merasa linglung
  • Dada terasa nyeri


Apabila Anda ataupun orang di sekitar Anda mengalami gejala-gejala ini,segera hubungi tenaga medis atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkanbantuan sesegera mungkin. Apabila gejala yang Anda rasakan tidak begitu parahdan menganggu, sebaiknya Anda mengistirahatkan tubuh secara mandiri di rumah,dan melakukan isolasi mandiri.


Akhir kata, agar dapat menghindari segala gejala-gejala tersebut, akanlebih baik lagi jika Anda mampu mencegah diri dan keluarga dari tertular viruspenyebab COVID-19. Untuk mewujudkannya, teruslah patuhi protokol kesehatandengan baik dan jaga pola hidup yang sehat selama di rumah. 

 

Referensi :

  • WHO. Covid-19 Symptoms.https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/new-infographics/covid-19-symptoms
  • WebMD.Symptoms of Coronavirus. https://www.webmd.com/lung/covid-19-symptoms#1-2
  • Centers for Disease Control and Prevention.2021. Symptoms of COVID-19.https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/symptoms-testing/symptoms.html
  • Fritz, Angela. 2020. The COVID-19 Symptoms towatch out for-The Washington Post. https://www.washingtonpost.com/health/2020/12/02/covid-symptoms/ 
Bagikan artikel ini