Bantuan
Free Tele x

Bagaimana Covid 19 Menyebar?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 05 Jul 2021

Bagikan

Bagaimana Covid 19 Menyebar?

Apakah Anda tahu bagaimana Covid 19 menyebar?Covid 19 yang awalnya muncul di Wuhan, China hingga saat ini telah menyebarhingga seluruh dunia dan dinyatakan sebagai Pandemi oleh WHO. Bahkan, hinggasaat ini penyebaran Covid 19 masih terus berlangsung dan menghantui berbagaielemen masyarakat. Lantas, bagaimana Covid 19 menyebar? Temukan jawabannya dibawah ini. 


Bagaimana Covid 19 Menyebar?

1.  Covid 19 menyebar melalui droplet

Pertama kali muncul, penyebaran Covid 19 terjadimelalui droplet. Droplet merupakan cairan ataupun cipratan air liur yangterjadi ketika Anda batuk, bersin ataupun berbicara. Bahkan bernafas pun dapatmenghasilkan droplet karena udara yang keluar melalui hidung ataupun mulutdapat mengeluarkan partikel kecil. 

2.  Covid 19 menyebar melalui udara

Pada awalnya, penyebaran Covid 19 melalui udaratidak diakui. Akan tetapi setelah mendapatkan berbagai masukan dan jugakritikan dari banyak ilmuwan. Akhirnya WHO mengakui bahwa penyebaran Covid 19dapat terjadi melalui udara. Ada bukti yang menunjukkan bahwa terdapatpartikel-partikel kecil yang melayang di udara.  

3.  Covid 19 menyebar melalui permukaanyang terkontaminasi

Selain melalui droplet dan juga udara,penyebaran Covid 19 juga dapat terjadi melalui permukaan yang terkontaminasi.Hal ini terjadi ketika seseorang yang terkontaminasi virus Corona menyentuhsuatu permukaan, maka virus Corona dapat berpindah ke permukaan tersebut. Danketika orang lain menyentuh permukaan tersebut, maka virus Corona akanberpindah ke orang tersebut. Virus Corona dapat bertahan hidup selama 2 hingga3 hari di suatu permukaan. Oleh karena itu, Anda selalu dianjurkan untukmencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. 

4.  Covid 19 menyebar melalui limbahmanusia

Ternyata penyebaran Covid 19 juga dapat terjadimelalui limbah manusia seperti urine dan juga feses. Dalam sebuah studimenunjukkan bahwa terdapat partikel virus Corona pada limbah manusia orang yangterinfeksi. Akan tetapi, WHO mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada laporanyang dipublikasi terkait penularan Covid 19 dengan cara ini. 


Cara  mencegah penyebaran Covid19

Berdasarkan penjelasan di atas, ternyatapenyebaran Covid 19 dapat terjadi dengan begitu mudahnya. Oleh karena itu, Andaperlu berhati-hati dalam beraktivitas agar tidak terinfeksi oleh virus yangmenyebar. Lantas, bagaimana cara mencegah penyebaran Covid 19 sekaligusmelindungi diri Anda dari penyakit ini? Simak terus penjelasan di bawahini. 

1.  Mencuci tangan 

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untukmencegah penyebaran Covid 19 yaitu dengan mencuci tangan. Hal ini merupakansuatu hal yang paling efektif namun sederhana dalam mencegah Covid 19 menyebar.Anda perlu mencuci tangan dengan air mengalir selama 20 detik menggunakansabun. Apabila Anda sulit menemukan air dan sabun, Anda bisa menggantinyadengan menggunakan hand sanitizer. 

2.  Menggunakan masker

Menggunakan masker dapat mencegah penyebaranvirus Corona yang menyebar melalui droplet dan juga udara. Akan tetapi, banyakyang masih salah dalam menggunakan masker. Apabila Anda menggunakan maskerkain, pastikan Anda menggunakan masker yang memiliki beberapa kain. Jika perluAnda bisa melapisinya dengan tisu. Selain itu, Anda juga dilarang menyentuhbagian depan masker yang sedang digunakan. Apabila Anda ingin melepas masker,maka bukalah dari bagian talinya. 

3.  Menerapkan physical distancing

Pada awal virus Corona merabak, physicaldistancing banyak diserukan. Akan tetapi, semakin lama seruan ini semakinditinggalkan. Padahal hal ini merupakan salah satu cara efektif dalam mencegahpenyebaran virus Corona. Oleh karena itu, mulailah untuk menerapkan physicaldistancing kembali dengan tidak mendekati keramaian ataupun mengantri denganjarak. 

4.  Membersihkan rumah

Tidak hanya menjaga kebersihan diri, pencegahanCovid 19 dapat dilakukan dengan cara membersihkan rumah. Hal ini karena virusCorona dapat bertahan beberapa hari dalam suatu permukaan. Oleh karena itu,untuk menghentikan penyebaran perlu dilakukan pembersihan rumah secaramenyeluruh.


Nah itulah jawaban bagaimana Covid 19 menyebar.Jadi, kesimpulan dari bagaimana Covid 19 menyebar yaitu melalui 4 diantaranyadroplet, udara, permukaan suatu benda dan juga limbah manusia. 

 

Referensi :

  • Coronavirus disease (COVID-19): How is it transmitted? (2020) AvailableAt:https://www.who.int/news-room/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19-how-is-it-transmitted#:~:text=%E2%80%A2%20Current%20evidence%20suggests%20that,nose%2C%20or%20mouth.  (Accessed At 24 June 2021)
  • How Does Coronavirus Spread?  Available At:https://www.webmd.com/lung/coronavirus-transmission-overview#1.  (Accessed At 24 June 2021)
  • Protect Yourself  (2021) Available At:https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/prevention.html.  (Accessed At 24 June 2021)
Bagikan artikel ini