Penting Diketahui Sejak Dini, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Ginjal?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Aug 2021

Bagikan

Penting Diketahui Sejak Dini, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Ginjal?

Sudah menjadi kewajiban kita semua, untuk mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia, yang berada di bagian bawah tulang rusuk belakang. Meski ukuran ginjal hanya sebesar kepalan tangan, namun ginjal memiliki peranan penting dalam sistem tubuh manusia. Jika ginjal mengalami masalah atau gangguan, maka organ tubuh lain dapat terkena dampaknya. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Ginjal memiliki 2 bagian yaitu kanan dan kiri, meskipun berukuran kecil, ginjal memiliki banyak fungsi untuk kelangsungan hidup seseorang. Sebelum anda mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal, penting juga untuk anda mengetahui seperti apa fungsi ginjal. Beberapa fungsi ginjal adalah seperti membuang cairan yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh, atau disebut ekskresi. Tak hanya itu, ginjal juga berfungsi untuk menyaring darah. Banyak fungsi ginjal lainnya yang penting untuk anda tahu. Apa sajakah itu? Berikut ini fungsi ginjal bagi tubuh manusia :

  1. Mengontrol tekanan darah, ginjal menghasilkan dua hormon yaitu renin dan angiotensin, yang mana berfungsi untuk mengatur kerenggangan. Kedua hormon ini juga berperan dalam kontraksi pembuluh darah dalam tubuh. Sehingga hormon renin dan angiotensin berkaitan erat dengan tekanan darah dalam tubuh. Jadi, sudah sebaiknya anda menjaga kesehatan ginjal agar tekanan darah tetap terkontrol.

  2. Mengatur asam dan basa, selain berpengaruh dalam mengontrol tekanan darah, ginjal juga memiliki fungsi untuk mengatur kadar asam dan basa dalam tubuh anda, lho! Seperti apa sih maksudnya? Jadi, ginjal akan membuang salah satu dari asam atau basa, yang kadarnya dianggap sudah melebihi batas normal. Ginjal akan membuangnya bersamaan dengan urin. 

  3. Mengatur kalsium dalam darah, saat jumlah kalium dalam tubuh terlalu banyak maka dapat menyebabkan hiperkalemia, dimana kondisi ini menyebabkan kerja otot jantung melambat bahkan dapat menyebabkan kematian. Sedangkan jika jumlah kalium terlalu rendah, maka dapat menyebabkan otot tubuh yang melemah. Sehingga, anda akan merasa lebih mudah merasa lelah. Nah, disinilah peran ginjal yaitu untuk mengatur jumlah kalium, supaya tetap ideal dan dapat bekerja dengan normal untuk kesehatan tubuh.

Setelah mengetahui fungsi organ ginjal, lalu bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Jangan anggap sepele hal ini, karena mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatan tubuh anda. Dengan ginjal yang sehat, maka tubuh akan menyaring dan membuang racun dengan baik, serta menghasilkan hormon yang bantu tubuh berfungsi dengan baik. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan ginjal anda :

  1. Kontrol gula darah, hal ini penting untuk mengurangi risiko kerusakan ginjal. Seseorang yang terkena diabetes, atau dengan kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, akan beresiko mengalami kerusakan ginjal. Saat sel tubuh tidak dapat menggunakan gula dalam darah, maka ginjal akan dipaksa bekerja lebih untuk menyaring darah. Nah, hal ini dapat menyebabkan kerusakan apalagi jika terjadi dalam waktu yang lama. Jadi, mengontrol gula darah menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ginjal.

  2. Mengontrol berat badan, bagaimana hal ini bisa menjadi cara menjaga kesehatan ginjal? Seseorang yang memiliki berat badan yang berlebih, dapat berisiko mengalami kondisi-kondisi kesehatan yang merusak ginjal seperti diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Untuk mengurangi risiko kerusakan ginjal, anda dapat membatasi makanan yang mengandung sodium berlebih misalnya daging olahan. Anda dapat mengonsumsi makanan segar yang alami dan mengandung rendah sodium, seperti ikan, biji-bijian, sayuran seperti kol, dan lainnya.

  3. Tidak merokok, seperti yang kita tahu bahwa merokok merupakan hal yang dapat menyebabkan banyak penyakit parah. Merokok dapat merusak pembuluh darah, sehingga menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh dan ginjal, menjadi lebih lambat. Tak hanya itu, kerusakan pada ginjal anda akan berisiko semakin parah menjadi kanker.

Setelah mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal, maka sudah seharusnya anda menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tinggalkan pola makan yang buruk, rajin berolahraga secara rutin, dan hindari kebiasaan yang dapat merusak kesehatan ginjal anda. Orang yang memiliki faktor risiko terkena masalah ginjal, misalnya mengalami obesitas, riwayat keluarga yang alami tekanan darah tinggi, dan berusia diatas 60 tahun. Maka, salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah rutin konsultasi dan cek kesehatan pada dokter ahli.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Referensi : https://www.healthline.com/health/kidney-health

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi