Bantuan

Dikenal Juga dengan Batu Ginjal, Ketahui Gejala Hingga Cara Mencegah Nefrolitiasis

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Feb 2022

Bagikan

Cara Mencegah Nefrolitiasis

Nefrolitiasis atau lebih dikenal dengan batu ginjal merupakan suatu kondisi ketika terdapat satu atau lebih batu di dalam kaliks dari ginjal. Nefrolitiasis atau batu ginjal dapat terbentuk karena adanya endapan mineral di dalam saluran kemih.  Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti obstruksi ureter, infeksi ginjal, dan pendarahan saat berkemih. 

Dengan berbagai kondisi tersebut, penting bagi Anda untuk mengetahui gejalanya agar bisa segera ditangani. Akan tetapi, daripada mengobati lebih baik untuk mencegahnya. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai gejala dan juga cara mencegah nefrolitiasis. 

Gejala Nefrolitiasis

Pada awalnya, nefrolitiasis atau batu ginjal tidak menimbulkan gejala. Hal ini karena ukuran batu  ginjal yang terbentuk sangatlah bervariasi. Akan tetapi, ada beberapa gejala nefrolitiasis  yang perlu diperhatikan.

  1. Mengalami Kencing Darah 

Gejala nefrolitiasis yang perlu Anda perhatikan pertama, yaitu kencing Darah. Pada umumnya, warna urin, yaitu bening atau kuning. Namun pada saat urin berubah menjadi merah terutama merah terang atau kecoklatan,  bisa menjadi salah satu tanda nefrolitiasis. 

  1. Mengalami Kencing Berbusa

Kencing berbusa serta berwarna keruh merupakan salah satu tanda telah terjadi infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh batu ginjal. Selain kencing berbusa, infeksi kemih saluran kemih juga dapat menyebabkan urin menjadi lebih bau dari biasanya.

  1. Mengalami Nyeri Saat Kencing

Gejala nefrolitiasis yang perlu Anda perhatikan selanjutnya, yaitu nyeri ketika buang air kecil atau kencing. Kondisi nyeri saat buang air kecil ini disebut juga dengan disuria. Hal ini dapat terjadi karena batu ginjal mengalir hingga saluran kemih. 

  1. Mual Dan Muntah

Mual dan muntah juga termasuk ke dalam gejala nefrolitiasis karena memiliki hubungan saraf dengan ginjal dan saluran pencernaan. Ketika batu ginjal mulai membesar, maka dapat memicu saraf yang ada di saluran pencernaan. Mual dan muntah juga dapat menjadi respon tubuh terhadap rasa sakit yang disebabkan batu ginjal. 

  1. Nyeri Pada Beberapa Bagian Tubuh

Nyeri pada beberapa bagian tubuh merupakan gejala yang paling sering dialami oleh sebagian penderita nefrolitiasis. Nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal umumnya terletak pada punggung bagian atas. Kondisi ini disebabkan karena lokasi ginjal yang berada di sisi kanan dan kiri tulang rusuk bagian belakang. 

Cara Mencegah Nefrolitiasis

Lalu bagaimanakah cara yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya nefrolitiasis? Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah nefrolitiasis terjadi pada Anda. 

  1. Mencukupi Kebutuhan Air

Cara pertama dalam mencegah nefrolitiasis yang bisa Anda lakukan, yaitu mencukupi kebutuhan air. Pada saat kebutuhan cairan tercukupi, maka kerja ginjal dalam mengeluarkan racun akan semakin mudah. Apabila kerja ginjal melambat, maka pembuangan racun menjadi lambat dan terjadi penumpukan. 

  1. Mengurangi Asupan Garam

Mengurangi asupan garam merupakan cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya nefrolitiasis. Pasalnya, asupan natrium yang terlalu banyak dapat memicu munculnya batu ginjal. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi garam lebih dari 2,300 mg perharinya. 

  1. Membatasi Asupan Protein

Selain membatasi asupan garam, Anda juga perlu membatasi asupan protein yang bersumber dari hewani. Pasalnya, sumber protein hewani memiliki kandungan purin yang menjadi asam urat. Asam urat merupakan salah satu bahan terbentuknya batu ginjal.

Baca juga: Menjadi Salah Satu Sumber Nutrisi yang Diperlukan Tubuh, Mari Ketahui Protein Adalah & Fungsi Protein

  1. Mengonsumsi Air Kelapa

Tidak hanya air putih, Anda juga bisa mengkonsumsi air kelapa untuk terhindar dari nefrolitiasis. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa mengonsumsi air kepala dapat menyebabkan penurunan kristal pada urin. 

Baca juga: Mengenal Manfaat Air Kelapa Hijau yang Sangat Menyegarkan

  1. Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Cara terakhir dalam mencegah nefrolitiasis yang bisa Anda lakukan, yaitu memenuhi kebutuhan kalsium. Hal ini karena ketika kadar kalsium terlalu sedikit dapat menyebabkan kadar oksalat meningkat sehingga menyebabkan batu ginjal. Kebutuhan kalsium setiap orangnya akan berbeda-beda untuk pria di atas 50 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium setiap harinya. 

Itulah beberapa informasi mengenai gejala dan cara mencegah nefrolitiasis. Selain melakukan beberapa langkah pencegahan seperti yang telah dijelaskan, Anda perlu membarenginya dengan rutin berolahraga.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Cegah Ginjal Rusak, Cara Menurunkan Kreatinin Adalah?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Watson, Stephanie. 8 Signs and Symptoms of Kidney Stones. https://www.healthline.com/health/symptoms-of-kidney-stones#urinary-urgency

National Kidney Foundation. How common are kidney stones?. https://www.kidney.org/atoz/content/kidneystones

Pendick, Daniel. 2020. 5 steps for preventing kidney stones. https://www.health.harvard.edu/blog/5-steps-for-preventing-kidney-stones-201310046721

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang