Bantuan
Free Tele x

Mudah dan Ampuh! Ini Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Efektif

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Mar 2022

Bagikan

Cara Menghilangkan Ketombe

Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan ketombe? Ketombe merupakan permasalahan pada rambut yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Hal ini karena serpihan putih kecil yang berjatuhan ketika menggaruk kulit kepala dapat mengurangi rasa percaya diri. Tidak hanya itu, ketombe juga dapat menyebabkan rasa gatal, hingga kerontokan rambut. 

Salah satu penyebab munculnya ketombe yaitu rambut yang kotor karena jarang keramas. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan ketombe bisa muncul seperti produksi minyak yang berlebih, perubahan hormon, stress hingga beberapa penyakit tertentu seperti psoriasis dan dermatitis seboroik. 

Cara Menghilangkan Ketombe

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan ketombe? Anda bisa menghilangkan ketombe yang membandel dengan efektif menggunakan beberapa bahan alami. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menghilangkan ketombe menggunakan  beberapa bahan alami. 

  1. Oleskan lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe membandel yang pertama yaitu dengan mengoleskan lidah buaya pada kulit kepala. Sudah sejak lama lidah buaya sangat terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan rambut. Pasalnya di dalam lidah buaya terdapat kandungan  antijamur,  antiradang yang dapat mengatasi peradangan yang menyebabkan ketombe pada kulit kepala. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan mengoleskan lidah buaya segar langsung ke kulit kepala.  

  1. Oleskan minyak kelapa

Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa minyak kelapa dapat mengobati kondisi eksim, yaitu masalah kulit yang memicu munculnya ketombe. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga dapat melembapkan kulit kepala sehingga mencegah kulit kepala kering dan mengelupas. Cara menggunakan yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala. Setelah itu pijatlah secara perlahan  selama 15 hingga 20 menit. 

  1. Oleskan minyak zaitun

Sudah sejak lama minyak zaitun dikenal sebagai obat yang dapat mengatasi ketombe. Pasalnya, minyak zaitun dapat melembabkan kulit kepala yang kering dan dapat menyerap ke bagian kulit yang tebal penyebab ketombe. Cara menggunakannya yaitu dengan meneteskan minyak zaitun pada telapak tangan. Setelah itu pijat kulit kepala Anda beberapa saat lalu diamkan selama satu jam. 

  1. Oleskan cuka apel

Salah satu penyebab munculnya ketombe yaitu karena adanya sel kulit mati di kepala yang tidak terangkat. Dalam hal ini, cuka apel dapat mengangkat sel kulit mati tersebut. Tidak hanya itu, cuka apel juga dapat menyeimbangkan keasaman pada kulit kepala sehingga dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan 1 gelas air dengan setengah gelas cuka apel. Setelah itu, oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama 15 menit. 

  1. Oleskan tea tree oil

Cara menghilangkan ketombe yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan mengoleskan tea tree oil atau minyak pohon teh. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa tea tree oil memiliki kandungan antimikroba dan anti peradangan yang dapat menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya yaitu dengan meneteskan tea tree oil pada kapas sebanyak 2 hingga 3 tetes. Setelah itu tempelkan kapas  tersebut pada kulit kepala untuk  mengusir jamur yang menyebabkan infeksi. 

  1. Oleskan baking soda 

Tahukah Anda, selain digunakan untuk kue, baking soda juga dapat digunakan untuk  menghilangkan ketombe yang membandel. Pasalnya baking sda dapat mengelupas sel-sel kulit mati yang ada di kepala. Tidak hanya itu, baking soda juga dapat mengurangi minyak yang berlebih. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan beberapa tetes air lalu gosokkan pada kulit kepala. 

  1. Menaburkan garam ke kulit kepala

Cara terakhir dalam menghilangkan ketombe yaitu dengan menambahkan garam pada kulit kepala. Hal ini karena garam dapur dapat mengeksfoliasi kulit kepala sehingga ketombe tidak muncul lagi. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan menaburkan garam pada kulit kepala lalu pijat. Namun basahi terlebih dahulu rambut Anda.   

Nah itulah beberapa cara menghilangkan ketombe membandel yang dijamin mudah dan ampuh. Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda juga perlu mengendalikan stres. Tidak hanya itu, Anda juga perlu rajin mencuci rambut atau keramas agar rambut tidak kotor. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Anti Gagal! Berikut Ini Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Permanen

Tag :
Referensi

Link, Rachel. 2018. 9 Home Remedies to Get Rid of Dandruff Naturally. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-treat-dandruff#4.-Minimize-Stress-Levels

Mayo Clinic. 2021. Dandruff. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/diagnosis-treatment/drc-20353854#:~:text=For%20mild%20dandruff%2C%20first%20try,on%20other%20days%20if%20needed.

Eske, Jamie. 10 natural remedies for dandruff. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324756#lemongrass-oil

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami