Bantuan

Anti Gagal! Berikut Ini Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Permanen

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Mar 2022

Bagikan

meluruskan rambut

Rambut lurus merupakan impian sebagian besar wanita, tetapi kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana cara meluruskan rambut secara alami. Mungkin banyak dari Anda yang berpikir bahwa meluruskan rambut harus dilakukan di salon kecantikan atau harus menggunakan catokan rambut. Namun ternyata, Anda juga bisa meluruskan rambut dengan beberapa cara yang alami dan tidak akan membuat rambut menjadi rusak.  

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami 

Pada dasarnya, model rambut seperti apapun baik keriting, ikal dan lurus tidak menjadi masalah. Hal ini karena setiap orang dapat tampil lebih baik dengan apa yang dimilikinya. Akan tetapi bagi Anda yang ingin mengubah model rambut, bisa mengikuti beberapa cara meluruskan rambut secara alami di bawah ini. 

  1. Mencuci rambut atau keramas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk meluruskan rambut yaitu mencuci rambut terlebih dahulu. Pasalnya rambut yang jarang dicuci atau keramas akan kotor sehingga membuat rambut menjadi berminyak dan lengket. Kondisi seperti ini akan membuat rambut menjadi bergelombang tidak beraturan dan akan susah di atur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin mencuci rambut atau keramas agar rambut mudah diatur. 

  1. Tidur dengan rambut yang basah

Tidur dengan rambut basah bisa Anda lakukan untuk meluruskan rambut yang selanjutnya. Walaupun terasa tidak nyaman, namun cara ini bisa menjadi cara yang cukup efektif. Caranya yaitu mengikat rambut dengan model kuncir kuda longgar di bagian atas kepala. Setelah itu bentuk menjadi sanggul dengan melilitkan di sekitar kuncir. Akan tetapi, sebaiknya Anda menggunakan sarung bantal yang berbahan satin yang dapat mengurangi gesekan antara bantal dengan rambut. 

  1. Sisir rambut hingga kering

Setelah keramas biarkan rambut mengering dengan sendirinya, hindari menggunakan pengering rambut. Anda juga perlu menyisirnya dengan cara menarik beberapa bagian rambut lalu tahan beberapa detik. Lakukan hal ini beberapa menit sekali hingga rambut mulai mengering. Jika ingin lebih cepat kering, Anda bisa melakukannya di depan kipas angin. Namun Anda perlu menyisirnya dengan gerakan yang konstan. 

  1. Menggunakan hair roller

Tahukah Anda, ternyata meluruskan rambut dapat dilakukan dengan hair roller. Caranya yaitu dengan menggunakan hair roller pada saat rambut hampir kering. Setelah beberapa saat, maka lepaskan hair roller lalu sisir rambut di dekat kulit kepala. Apabila Anda memiliki rambut yang tebal, maka carilah hair roller yang lebih besar agar rambut dapat tergulung sempurna. 

  1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan emolien, squalene, palmitic acid, asam oleat, dan berbagai vitamin sepeti vitamin A, vitamin E dan Vitamin K. Berbagai kandungan dalam minyak zaitun ini dipercaya dapat melembapkan rambut, menutrisi rambut dan memperkuat rambut. Oleh karena itu Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk meluruskan rambut. 

  1. Menggunakan lidah buaya

Cara meluruskan rambut secara alami yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu menggunakan lidah buaya. Pasalnya di dalam lidah buaya terdapat enzim yang akan membantu membuat rambut menjadi lembut dan halus sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu, enzim ini juga dapat menembus batang rambut sehingga dapat melembapkan dan menghaluskan rambut keriting. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan lidah buaya secara langsung atau menggunakan produk lidah buaya. 

  1. Menggunakan masker rambut alami

Cara meluruskan rambut secara alami yang terakhir yaitu menggunakan masker rambut alami. Beberapa masker alami yang bisa Anda gunakan yaitu masker tepung beras telur dan masker pisang pepaya. Menggunakan masker rambut alami ini akan lebih mudah meresap ke dalam helaian rambut sehingga mampu membuat rambut terlihat halus, lurus, dan berkilau. 

Demikianlah beberapa cara meluruskan rambut secara alami dan permanen yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Anda dapat meluruskan rambut secara alami dan permanen. Namun perlu diingat, semua hasil terbaik perlu usaha dan kesabaran. Jadi, pastikan Anda konsisten menerapkan beberapa cara meluruskan rambut secara alami tersebut. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Berikut Ini Beberapa Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Kusut

Tag :
Referensi

Watson, Kathryn. 2019. How to Straighten Your Hair Without Heat. https://www.healthline.com/health/how-to-get-straight-hair

Health Shots. 2021. Frizzy hair freaking you out? Try these 9 hacks to straighten hair naturally at home. https://www.healthshots.com/beauty/hair-care/9-ingredients-to-straighten-hair-naturally-at-home/ 

Matinko, Katherine. 2021. 6 Ways to Straighten Your Hair Naturally at Home. https://www.treehugger.com/ways-straighten-your-hair-naturally-4858818

Bagikan artikel ini