Mari Berkenalan dengan Berbagai Macam Manfaat Apel

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Dec 2021

Bagikan

Untuk Menurunkan Berat badan! Ini 7 Manfaat Apel Bagi Tubuh

Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat apel  bagi kesehatan tubuh? Buah apel merupakan salah satu buah yang lezat dan menyegarkan. Akan tetapi, buah apel tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah apel bagi kesehatan? 

Kandungan Apel

Manfaat buah apel bagi kesehatan tidaklah lepas dari kandungan gizi yang ada di dalamnya. Setidaknya dalam 100 gram apel terdapat kandungan  gizi sebagai berikut ini. 

  • Kalori: 52

  • Protein: 0,3 gram

  • Gula: 10,4 gram

  • Serat: 2,4 gram

  • Karbohidrat: 13,8 gram

  • Lemak: 0,2  gram

  • Vitamin A

  • Vitamin C

  • Kalium

  • Zat besi

Baca Juga: Membunuh Kuman dalam Makanan Hingga Mampu Turunkan Berat Badan, Ketahui Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Ini

Manfaat Apel

Berkat berbagai kandungan  gizi yang dimiliki apel tersebut maka apel dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah apel. 

  1. Mencegah diabetes

Manfaat apel yang bisa Anda dapatkan pertama, yaitu dapat mencegah terkena diabetes. Pasalnya, di dalam buah apel terdapat kandungan fitonutrien yang dapat mencegah lonjakan gula darah. Hal ini terjadi karena fitonutrien dapat menghambat proses pemecahan karbohidrat menjadi gula darah, merangsang sel-sel pankreas, memproduksi insulin, dan mengurangi penyerapan gula. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam apel juga bermanfaat dapat menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes. 

  1. Mencegah penyakit jantung

Mengonsumsi buah apel secara rutin setiap harinya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat ini berasal dari andungan antioksidan, pektin, dan fitonutrien dari dalam buah apel. Oleh karena itu, buah apel bermanfaat dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tidak hanya itu, buah apel juga bermanfaat dalam mencegah terjadi penyumbatan pada dinding pembuluh darah. 

  1. Mencegah kanker

Manfaat buah apel yang selanjutnya, yaitu dapat mencegah kanker. Hal ini berasal dari kandungan antosianin yang bersifat antikanker dan antiradang. Dalam sebuah penelitian disebutkan kandungan fitonutrien dalam buah apel dapat melindung tubuh dari sel-sel kanker seperti kanker usus dan kanker paru. Dalam studi lainnya disebutkan bahwa mengonsumsi satu buah apel setiap hari dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 18% dan kanker kolorektal sebesar 20%.

  1. Mencegah stroke

Tahukah Anda, ternyata buah apel juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya stroke. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa apel yang memiliki daging putih dapat mengurangi risiko stroke. Pasalnya di dalam daging apel yang berwarna putih memiliki kandungan Phytochemical dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah apel secara rutin setiap harinya maka akan mencegah terjadinya penyakit stroke.

  1. Menurunkan berat badan

Apel memiliki kandungan serat yang dapat mengendalikan kadar gula di dalam darah. Selain itu kandungan serat dalam apel juga bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Tidak hanya itu, kandungan  serat ini juga dapat memberikan rasa kenyang yang bertahan lama. Secara tidak langsung Anda akan lebih mengontrol nafsu makan sehingga berat badan pun akan turun. 

  1. Menjaga kesehatan tulang

Buah apel memiliki kandungan zat besi dan juga kalium. Kedua kandungan ini merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kepadatan serta kesehatan tulang. Tidak hanya itu, buah apel juga memiliki kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat dalam meningkatkan massa tulang. Oleh karena itu, buah apel dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang. 

  1. Melawan asma

Manfaat apel yang terakhir, yaitu dapat melawan asma. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan antioksidan yang dimiliki buah apel. Pasalnya, kandungan antioksidan ini dapat melindungi paru-paru dari kerusakan sehingga menurunkan risiko asma. Tidak  hanya itu, buah apel juga memiliki kandungan flavonoid yang akan mengatur sistem kekebalan tubuh serta mengurangi peradangan. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai berbagai manfaat apel yang bisa Anda dapatkan. Perlu diingat, ketika mengonsumsi apel sebaiknya untuk tidak menelan bijinya. Pasalnya, biji buah apel memiliki kandungan racun sianida yang bisa berakibat fatal pada kesehatan. Selain itu, Anda perlu juga mencuci apel di air mengalir terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Arnarson, Atii. 2019. Apples 101: Nutrition Facts and Health Benefits. 

Nutritionix. Apple.  

Bariie, Leslie. 2020. 7 Outstanding Health Benefits of Apples. 

 

Jennings, Kerri-An. 2018. 10 Impressive Health Benefits of Apples.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi