Bantuan
Free Tele x

Menjadi Salah Satu Sumber Nutrisi yang Diperlukan Tubuh, Mari Ketahui Protein Adalah & Fungsi Protein

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Menjadi Salah Satu Sumber Nutrisi yang Diperlukan Tubuh, Mari Ketahui Protein Adalah & Fungsi Protein

Protein adalah & fungsi protein menjadi hal yang penting untuk Anda ketahui, mengapa? karena protein adalah salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi merupakan molekul dalam makanan yang dibutuhkan oleh semua organisme untuk membuat energi, tumbuh, berkembang, dan bereproduksi. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna, lalu kemudian dipecah menjadi bagian-bagian dasar yang digunakan oleh organisme. Terdapat dua jenis utama nutrisi yaitu makronutrien dan mikronutrien, yang termasuk makronutrien adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan yang termasuk mikronutrien adalah vitamin dan mineral, dimana kedua ini adalah molekul ekstra yang dibutuhkan sel untuk menghasilkan energi. 

Sebelum mengetahui protein adalah & fungsi protein, maka mari kita mengenal lebih jauh makronutrien. Makronutrien merupakan nutrisi yang berasal dari makanan yang memberikan asupan kalori atau energi bagi tubuh. Disebut makro karena terdiri dari tiga kategori, seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu karbohidrat, lemak, dan protein. Karbohidrat adalah jenis makronutrien yang digunakan untuk energi cepat dalam sel, unit dasar dari karbohidrat adalah monosakarida. Contoh dari monosakarida adalah glukosa atau gula, yang mana sebagiannya diubah langsung menjadi energi untuk aktivitas tubuh. Sedangkan sebagian lagi disimpan dalam bentuk glikogen pada hati dan otot.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Tinggi Protein Ini Baik Untuk Kesehatan Tubuh Anda, Lho!

Selain karbohidrat, ada lemak yang menjadi salah satu jenis makronutrien. Lemak yaitu kelompok yang termasuk pada golongan lipid, yang merupakan organik yang tidak larut dalam air. Namun, larut dalam pelarut organik non-polar, dimana lemak terdapat pada hampir semua bahan pangan dengan kandungan yang berbeda-beda. Jangan anggap sepele lemak, karena nutrisi ini penting untuk melindungi tubuh dimana ia membantu mengatur suhu tubuh, serta melindungi dari hawa yang sangat panas atau sangat dingin.

Setelah mengetahui apa itu karbohidrat dan lemak, lalu yang tak kalah penting mengetahui protein adalah & fungsi protein seperti apa. Protein adalah makronutrien yang digunakan sel-sel dalam tubuh Anda yang berguna untuk struktur. Protein sangat penting untuk membangun jaringan seperti otot, terutama otot yang terdiri dari protein. Jika Anda kekurangan asupan protein maka akan menyebabkan munculnya rasa lapar, lelah, dan lemas. Tak hanya itu, kekebalan tubuh Anda juga akan menjadi menurun. Protein terdiri dari polimer linear dari asam amino, yang mana terdapat 17 persen dari jumlah seluruh polimer yang ada dalam tubuh. Pentingnya mengetahui protein adalah & fungsi protein itu sendiri agar Anda selalu ingat untuk memenuhi nutrisi ini. Fungsi protein adalah memelihara struktur tubuh sepeti kolagen, memfasilitasi pergerakan seperti actin, serta myosin untuk kontraksi otot. Selain itu, berikut ini beberapa fungsi protein untuk tubuh :

  1. Pembentukan hormon, protein dalam tubuh berfungsi untuk membantu organ vital lain dalam proses pembuatan hormon di dalam tubuh. Hormon tersebut diantaranya adalah insulin, yang mana hormon dengan fungsi untuk mengatur gula darah. Dalam proses pembuatan hormon insulin, akan melibatkan interaksi antara organ hati dan pankreas. Sedangkan hormon lainnya adalah sekretin, dengan fungsi membantu proses pencernaan dengan merangsang pankreas dan usus untuk menciptakan cairan yang dibutuhkan selama proses pencernaan berlangsung. 

  2. Transportasi nutrisi dan molekul tubuh, fungsi ini dimana protein bertugas untuk mengangkut molekul dan nutrisi tertentu. Seperti hemoglobin yang merupakan protein pengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Hemoglobin akan mengambil oksigen dari paru-paru, lalu saat sel darah merah bergerak mengelilingi tubuh, maka hemoglobin akan melepaskan oksigen ke sel jaringan tubuh.

  3. Membentuk antibodi, dimana protein bertugas untuk membentuk antibodi yang bermanfaat untuk mencegah tubuh Anda terserang infeksi dan penyakit. Protein dapat mengidentifikasi dan membantu menghancurkan antigen seperti virus dan bakteri. Antibodi bekerjasama dengan sel sistem kekebalan tubuh lainnya. 

Pentingnya mengetahui protein adalah & fungsi protein, sebagai harapan Anda lebih memperhatikan asupan protein yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh, juga kesehatan tubuh Anda. Bukan hanya protein, namun juga nutrisi lainnya seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dan lainnya.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Memiliki Banyak Manfaat, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Protein

 

Referensi :

https://study.com/academy/lesson/what-are-nutrients-definition-examples.html 

 

https://m.merdeka.com/jabar/10-fungsi-protein-bagi-tubuh-salah-satunya-membentuk-antibodi-kln.html?page=all

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami