Bantuan
Bantuan

Mengetahui Seluk Beluk Bagian Telinga & Fungsinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Mar 2022

Bagikan

telinga

Mengetahui bagian-bagian telinga & fungsinya penting untuk kita, mengingat indra ini berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat dari banyaknya kegiatan-kegiatan yang melibatkan indra pendengaran. Oleh karena itu, tidak sedikit orang-orang yang mengalami kesulitan saat telinganya sedang mengalami sedikit masalah. Kesulitan yang dihadapi meliputi menjalin komunikasi, bekerja yang berhubungan dengan suara, atau pun sekadar bersantai sambil maraton seri drama. 

Bagian-Bagian Telinga & Fungsinya

Fungsi utama yang diketahui pada umumnya adalah fungsi pendengaran pada telinga. Kita menggunakan pendengaran untuk hampir semua kegiatan sehari-hari, mulai dari bekerja, bersantai, liburan, sosialisasi, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah Anda bahwa fungsi dari organ tubuh yang terletak di bagian samping kepala ini memiliki banyak manfaat lainnya di setiap bagian yang ada? Simak penjelasan mengenai bagian-bagian telinga & fungsinya di bawah ini.

  1. Telinga Luar (The Outer Ear)

Bagian pertama yang sering Anda lihat di cermin atau milik orang lain adalah telinga bagian luarnya. Pada umumnya, telinga luar terdiri dari pinna (daun telinga) dan saluran telinga. Pinna adalah istilah daun telinga yang memanfaatkan gelombang suara dan mengarahkannya ke saluran telinga. Saluran telinga sendiri merupakan sebuah lorong sempit di dalam telinga yang mengarah ke gendang telinga dan ke bagian telinga tengah. Saluran telinga juga sering disebut sebagai lubang telinga oleh beberapa orang.

Pinna atau daun telinga akan menangkap gelombang suara yang datang dan kemudian mengarahkan gelombang itu ke telinga tengah melalui saluran telinga. Suara yang bergerak dalam gelombang melalui saluran telinga ini menyebabkan gendang telinga bergetar dan proses pemahaman gelombang suara pun akan dimulai pada saat itu. Secara sederhana, fungsi dari pinna adalah untuk menangkap dan mengarahkan gelombang suara ke dalam telinga sedangkan fungsi saluran telinga sebagai saluran yang menghubungkan telinga luar dengan telinga tengah dan tempat di mana proses pemahaman suara dimulai dengan memanfaatkan getaran.

  1. Telinga Tengah (The Middle Ear)

Dalam telinga tengah terdapat tulang-tulang pendengaran dan sebuah tabung yang disebut Eustachius. Tulang-tulang pendengaran atau ossicles terdiri dari tiga tulang kecil, di antaranya, incus, malleus, dan stapes. Tulang stapes menjadi tulang terkecil dalam tubuh manusia. Tabung Eustachius merupakan sebuah tabung yang sempit dengan panjang kurang lebih 3,5 cm. Tabung ini menghubungkan telinga ke bagian luar dari hidung.

Tulang-tulang inilah yang berfungsi sebagai jembatan antara telinga bagian dalam dan gendang telinga yang bergerak dengan cara bergetar karena reaksi terhadap gerakan gendang telinga. Tabung Eustachius memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia di mana berfungsi sebagai katup penyeimbang. Tabung tersebut memastikan bahwa suara dapat didengar dengan benar dan tekanan antara kedua sisi gendang telinga seimbang.

  1. Telinga Dalam (The Inner Ear)

Bagian-bagian telinga & fungsinya yang terakhir dibahas adalah telinga dalam atau the inner ear. Terdapat membran koklea yang memiliki struktur berbentuk spiral dan mirip cangkang siput. Koklea sendiri terletak di labirin tulang dan memiliki beberapa bagian membran yang berisikan cairan bernama Endolimfa. Membran ini dilapisi dengan rambut-rambut kecil yang jumlahnya lebih dari 15.000 sel rambut yang berfungsi sebagai penerus gelombang suara ke saraf.

Ketika cairan endolimfa dalam koklea bergerak, maka akan tercipta fluktuasi rambut koklea. Organ korti yang merupakan reseptor pendengaran akan mengubah energi gelombang suara mekanik menjadi energi saraf dengan cara menciptakan sebuah impuls melalui sel-sel rambut kecil pada saraf listrik yang dikirim ke otak melalui vestibulocochlear atau yang dikenal juga dengan istilah saraf pendengaran.

Itulah penjelasan singkat mengenai seluk beluk dari bagian-bagian telinga & fungsinya yang dapat Anda ketahui dan mungkin dapat membantu Anda untuk lebih memahami organ yang termasuk dalam panca indra tersebut. Walaupun kecil, telinga memiliki tugas penting dalam kehidupan sehari-hari kita yang tidak hanya sebagai alat pendengaran, namun juga sebagai salah satu penyeimbang tubuh kita. Karena tugas penting itulah, butuh dua telinga dalam tubuh manusia agar bisa berfungsi dengan baik. Mengesankan, bukan?

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kapan Harus Membersihkan Telinga? Temukan Jawabannya di Bawah Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

THT

Mulai dari IDR 170.000

Pesan Sekarang
Referensi

Kiversal. 2018. The ear: structure and functions. https://blog.kiversal.com/en/the-ear-structure-and-functions/.

Amplifon. 2020. Ear Anatomy. https://www.amplifon.com/au/hearing-loss/how-does-the-ear-work/parts-of-the-ear.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

THT

Mulai dari IDR 170.000

Pesan Sekarang