Bantuan
Bantuan

Kapan Harus Membersihkan Telinga? Temukan Jawabannya di Bawah Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Feb 2022

Bagikan

Membersihkan telinga

Kapan harus membersihkan telinga? Sebelum menjawab pertanyaan ini, perlu Anda ketahui kebersihan telinga yang tidak terjaga dengan baik, bisa menyebabkan gangguan telinga seperti suara berdenging atau bahkan tuli mendadak. Menjaga kebersihan telinga merupakan hal yang sangat penting karena telinga yang kotor akan membuat Anda tidak akan mampu mendengar suara dengan jelas. 

Overview telinga

Telinga merupakan salah satu dari lima panca indra yang berfungsi untuk menangkap dan mengenali suara yang diteruskan ke otak. Selain itu, telinga juga memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Fungsi telinga akan terganggu jika terjadi penumpukan kotoran pada telinga yang lama tidak dibersihkan. 

Kapan harus menjaga kebersihan telinga?

Tahukah Anda ternyata kotoran telinga memiliki fungsi penting? Kotoran telinga memiliki fungsi untuk menjaga telinga dari benda asing yang berasal dari luar, membersihkan telinga dari bakteri dan infeksi sehingga kotoran telinga tidak perlu dibersihkan secara rutin. Lalu kapan harus membersihkan telinga?

  1. Setelah mandi atau berenang

Menjaga kebersihan telinga bisa Anda lakukan dengan menjaga telinga tetap kering setelah berenang, wudhu, ataupun mandi. Telinga yang basah bisa menimbulkan bakteri dan jamur di dalam telinga. Kondisi telinga basah yang dibiarkan secara terus menerus bisa menyebabkan telinga infeksi dan iritasi. Untuk menghindari hal tersebut, ketika berenang sebaiknya Anda menggunakan penyumbat telinga agar air tidak masuk ke dalam telinga. Selain itu, cobalah untuk memiringkan kepala setelah mandi maupun berenang agar air yang masuk ke dalam telinga bisa keluar, lalu keringkan dengan handuk bersih.

  1. Mengunjungi THT 3-5 tahun sekali

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, kotoran telinga tidak perlu dibersihkan secara terus menerus, mengingat baiknya manfaat kotoran telinga. Lalu kapan harus membersihkan telinga? Anda bisa membersihkan telinga 3-5 tahun sekali di dokter THT. Melalui dokter THT Anda akan mengetahui apabila terdapat kondisi atau gejala yang mengganggu telinga sehingga kesehatan telinga Anda bisa tetap terjaga dan terkontrol dengan baik. Selain itu, menjaga kesehatan telinga di dokter THT lebih aman dibandingkan jika dilakukan sendiri di rumah.

  1. Merasa ada gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran seperti suara yang tidak terlalu terdengar atau terhambat, pada dasarnya bisa disebabkan oleh kotoran yang menumpuk terlalu banyak. Terhambatnya suara ini sejatinya karena ter blok oleh kotoran telinga. Maka pada saat inilah Anda perlu segera membersihkan kotoran telinga. .

Cara membersihkan telinga

Membersihkan telinga perlu dilakukan dengan hati-hati dan dengan cara yang benar agar kotoran telinga tidak semakin masuk ke dalam, kemudian menimbulkan iritasi dan merusak gendang telinga. Jika Anda hendak membersihkan telinga secara mandiri, maka berhati-hatilah dan hindari penggunaan cotton bud. Berikut  adalah beberapa cara membersihkan telinga yang perlu Anda ketahui.

  1. Menggunakan kain basah

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan telinga bagian luar ialah dengan membasahi handuk atau kain sedikit menggunakan air hangat. Pastikan handuk atau kain tidak terlalu basah karena bisa menyebabkan air masuk ke dalam telinga.

  1. Minyak mineral atau obat tetes 

Membersihkan telinga dari kotoran bisa juga Anda lakukan dengan menggunakan minyak bayi atau obat tetes untuk memudahkan kotoran dikeluarkan. Masukan sedikit minyak ke telinga lalu tutup dengan kain dan tunggu beberapa menit hingga kering, dan kotoran bisa dikeluarkan.

  1. Mengunjungi dokter THT

Mengunjungi dokter THT merupakan cara paling aman untuk membersihkan telinga karena membersihkan telinga sendiri dengan cotton bud bisa berisiko menyebabkan infeksi. Dengan mengunjungi dokter THT, Anda bisa sekaligus menanyakan kondisi kesehatan telinga dengan detail. 

  1. Irigasi

Irigasi merupakan cara membersihkan lubang telinga dari benda asing atau kotoran dengan cara menggunakan air steril. Cara ini sebaiknya dilakukan oleh dokter agar tidak menyebabkan iritasi dan agar prosedur dapat berlangsung dengan lebih aman. 

Nah, itulah dia penjelasan singkat mengenai jawaban atas pertanyaan, kapan harus membersihkan telinga. Beberapa waktu terkait kapan harus membersihkan telinga di atas bisa Anda coba lakukan agar kesehatan telinga tetap terjaga. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Kemasukan Air Saat Mandi? Begini Cara Mengeluarkan Air dari Telinga

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis THT

Mulai dari IDR 200.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Marcin, Ashley. Tips for Cleaning Your Ears Safely. 2019. Available at: https://www.healthline.com/health/how-to-clean-your-ears 

Cleveland Clinic. Ear Wax Removal 101: The Best (and Safest) Ways to Clear Clogged Ears. 2020. Available at: https://health.clevelandclinic.org/ear-wax-removal-101-the-best-and-safest-ways-to-clear-clogged-ears/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis THT

Mulai dari IDR 200.000

Pesan Sekarang