Mengenal Seluk Beluk Kutu Air, Mulai Dari Penyebab Hingga Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Mengenal Kutu Air, Dari Penyebab Hingga Cara Mencegahnya

Kutu air atau tinea pedis merupakan salah satu jenis kurap yang umumnya muncul di sela-sela jari. Akan tetapi, kutu air juga dapat muncul di sela-sela jari tangan. Kutu air ini akan menyebabkan munculnya berbagai gejala seperti kulit terkelupas, kulit menjadi gatal, luka hingga rasa tidak nyaman. 

Penyebab Kutu Air

Lalu apa yang menyebabkan kutu air bisa muncul? Pada dasarnya, kutu air muncul karena infeksi dari jamur dermatofita pada kulit kaki. Tumbuhnya jamur ini dipengaruhi oleh lingkungan yang lembab dan basah. Berikut ini ada beberapa faktor yang membuat jamur ini hidup dengan subur hingga menyebabkan infeksi. 

  1. Sering Menggunakan Sepatu Sempit

Penyebab kutu air yang pertama yaitu sering menggunakan sepatu yang sempit. Hal ini karena, ketika Anda menggunakan sepatu sempit maka membuat kaki terutama bagian sela-sela jari akan mudah berkeringat. Tidak hanya itu, penggunaan sepatu yang berbahan sintetis juga dapat membuat kaki gampang berkeringat. Tentu saja, kondisi seperti ini akan membuat kaki Anda menjadi lembap dan jamur penyebab kutu air dapat hidup dengan subur. 

  1. Jarang Mengganti Sepatu dan Kaus Kaki. 

Apakah Anda sering mengganti sepatu dan kaus kaki?  Jika jarang, maka segera ubah kebiasan tersebut. Pasalnya, kaus kaki dan sepatu yang jarang diganti akan membuat kedua barang tersebut menjadi sarang bakteri dan jamur. Terlebih lagi kaki yang berkeringat membuat jamur penyebab kutu air hidup dengan subur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki 1 cadangan sepatu dan sesering mungkin mengganti kaus kaki. Bahkan sangat dianjurkan untuk mengganti kaus kaki setiap hari. 

  1. Tertular dari Orang Lain

Penyebab kutu air yang terakhir yaitu tertular jamur penyebab kutu air dari orang lain. Penularan ini dapat terjadi melalui kontak langsung ataupun secara tidak langsung. Risiko penularan akan semakin tinggi apabila Anda memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Tidak hanya itu, apabila Anda memiliki luka yang terbuka di bagian kaki, maka risiko terkena kutu air juga semakin tinggi. Pasalnya jamur penyebab kutu air dapat masuk melalui luka tersebut.

Baca Juga: Cari Tahu Faktor Risiko Penyebab Kutu Air Di Tangan

Cara Menghilangkan Kutu Air

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab kutu air, selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan kutu air. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kutu air. 

  1. Rendam Air Garam

Cara yang bisa Anda lakukan pertama untuk menghilangkan kutu air yaitu dengan merendamnya di air garam. Pasalnya, garam memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang kuat sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah kutu air semakin menyebar. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah, yaitu dengan  merendam kulit yang mengalami kutu air selama 20 hingga 30 menit saja. Setelah itu, keringkan hingga tuntas dan jangan biarkan lembab. 

  1. Mengoleskan Minyak Oregano

Anda juga bisa menghilangkan kutu air dengan cara mengoleskan minyak oregano pada kulit yang terkena kutu air. Hal ini didukung dalam beberapa penelitian yang menyebutkan minyak oregano mengandung 71% senyawa antiseptik yang sering dikenal dengan nama fenol. Kandungan fenol dalam minyak oregano yaitu timol dan carvacrol. Kedua kandungan tersebut dapat membunuh jamur dan mengendalikan pertumbuhan mikroba yang berbahaya

  1. Menempelkan Bawang Putih

Cara menghilangkan mata kutu air yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu dengan menggunakan bawang putih. Hal ini karena bawang putih memiliki alicilin dan minyak atsiri yang bersifat sebagai antiseptik, antiinflamasi dan antibakteri. Cara menggunakan yaitu dengan menghancurkan bawang putih hingga halus. Setelah itu tempelkan pada kulit yang terkena kutu air, kemudian balut dengan perban dan diamkan beberapa saat.

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai seluk beluk kutu air mulai dari penyebab dan cara menghilangkannya. Apabila Anda tidak ingin mengalami kutu air, sebaiknya hindari penyebabnya. Namun jika Anda telah mengalami kutu air, maka terapkan cara-cara menghilangkan kutu air yang telah dijelaskan. Selain itu, Anda perlu memeriksakan kutu air apabila tidak kunjung sembuh atau malah semakin parah.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Mencegah Kutu Air di Musim Penghujan

 

Sumber:

1. Berry, Jennifer. 2020. Five home remedies for athlete's foot.

2. Gotter, Ana. 2019. Home Remedies for Athlete’s Foot.

3. WebMD. 2020. Home Remedies for Athlete's Foot: What Works.

4. Mayo Clinic. 2021. Athlete's foot.

5. Healthline. 2019. Athlete’s Foot (Tinea Pedis).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi