Bantuan
Free Tele x

Mengenal Penyakit Gingivitis dan Obat Gusi Bengkak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Jul 2021

Bagikan

Mengenal Penyakit Gingivitis dan Obat Gusi Bengkak

Obat gusi bengkak bisa didapatkan dari dokter atau mencoba ramuan herbal. Gusi yang bengkak terkadang sangat menyiksa dan terasa mengganggu, apalagi jika disertai dengan bau mulut. Ada baiknya kalau Anda tidak meremehkan bau mulut karena hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa terdapat bakteri pada mulut.


Hal inilah yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi. Apalagi gusi mempunyai tekstur yang lembut. Selain itu, gusi yang bengkak bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada gigi dan membuat gigi keropos. Biasanya, masalah pada gusi secara umum disebabkan oleh plak yang kemudian berubah menjadi karang gigi.


Apa itu Penyakit Gingivitis?

Gingivitis adalah salah satu penyakit gusi yang menyebabkan iritasi sampai pembengkakan pada gingiva. Gingiva adalah bagian dari gusi yang berada di sekitar pangkal gigi. Itulah kenapa Anda tidak boleh membiarkan masalah peradangan yang terjadi pada gusi. Karena gingivitis bisa menyebabkan penyakit yang serius, yaitu kehilangan gigi.


Secara umum, penyebab paling utama adalah tidak menjaga kebersihan mulut. Padahal mulut menjadi salah satu jalan bagi kuman untuk masuk dengan mudah. Anda bisa memulai kebiasaan yang sehat pada mulut. Contohnya menyikat gigi minimal 2 kali sehari, melakukan flossing setiap hari, dan rutin melakukan pemeriksaan gigi.


Gejala dari Penyakit Gingivitis

Ada beberapa gejala yang bisa Anda ketahui jika mengalami penyakit ini. Mulai dari terjadinya pembengkakan gusi, gusi berwarna merah kehitaman atau merah tua, sampai gusi mudah berdarah. Ada lagi gejala lainnya seperti gusi surut, gusi lembut, dan bau mulut. Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, Anda bisa menemui dokter gigi agar tidak parah.


Penyebab dan Faktor Risiko dari Penyakit Gingivitis

Seperti yang sudah diketahui, penyebab paling umum dari penyakit gingivitis adalah mulut yang tidak dijaga kebersihannya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan di sekitar jaringan gusi dan sekitarnya. Plak yang terbentuk pada gigi bisa berubah menjadi karang gigi dan gingiva menjadi radang.


Hal itulah yang menyebabkan plak bisa berdampak dan membuat gusi menjadi radang. Selain penyebab terjadinya peradangan gusi, ada beberapa faktor risiko yang harus Anda tahu. Secara umum, faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini adalah mulut yang kering, perawatan mulut yang salah, dan usia yang semakin menua.


Ada lagi faktor risiko lainnya seperti merokok atau mengunyah tembakau, gizi yang buruk, restorasi gigi, perubahan hormonal, genetika, sampai infeksi virus. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa berpengaruh. Kondisi yang menurunkan kekebalan tubuh juga bisa menyebabkan peradangan pada gusi.

 

1.  Obat Gusi Bengkak yang Mudah Ditemukan dan Cukup Efektif

Jika Anda mengalami pembengkakan pada gusi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Meski cara paling utama dan ampuh adalah pergi ke dokter, tapi tidak sedikit orang yang lebih suka menggunakan bahan atau cara alami. Jika Anda salah satunya, berikut beberapa obat yang bisa membantu meredakan gusi bengkak yaitu kumur dengan chlorhexidine / betadine dan minum paracetamol / ibuprofen.

 

2.  Mengompres dengan Air Panas atau Dingin

Salah satu obat gusi bengkak yang bisa Anda terapkan adalah melakukan kompres. Anda bisa menerapkan kompres dengan air panas atau dingin. Tindakan tersebut dapat membantu Anda mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit di gusi. Anda bisa memilih kain yang lembut dan menempel serta menekan kain pada bagian gusi yang sakit.


3.  Menggunakan Air Asin

Cara kedua yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bengkak pada gusi adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Hal ini bisa membantu Anda mengurangi jumlah bakteri berbahaya yang ada dalam gusi. Alhasil, gusi pun menjadi tidak sakit dan berkurang bengkaknya.


4.  Obat Pereda Nyeri

Obat gusi bengkak yang bisa Anda coba konsumsi adalah ibuprofen dan acetaminophen. Kedua obat tersebut bisa membantu Anda mengurangi rasa sakit pada gusi dan gigi. Anda juga bisa menggabungkan obat tersebut dengan obat tradisional, seperti berkumur. Cara ini terbukti membantu Anda mendapatkan hasil yang baik.


5.  Kantong Teh

Kantong teh bisa membantu Anda mengurangi rasa nyeri pada gusi dan membunuh bakteri yang terdapat dalam gusi. Karena teh mengandung tanin, senyawa yang bisa menyebabkan rasa mengerut setelah meminumnya. Anda bisa merendam kantong teh dalam air matang dan biakan agak dingin sebelum mengoleskannya ke gusi selama 5 menit.


Itulah beberapa obat gusi bengkak yang bisa Anda gunakan saat mengalami penyakit gingivitis atau peradangan gusi. Jika segala cara tidak lagi efektif, maka Anda harus segera menemui dokter sebelum memperparah gusi dan gigi.

 

Referensi :

  • Puniewska, Maggie. Gum Health Basics: What to Look Out for and How to Prevent Trouble. 2020. https://www.health.com/condition/oral-health/gum-health
  • Mayo Clinic. Gingivitis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gingivitis/symptoms-causes/syc-20354453
  • Fletcher, Jenna. How to Relieve Gum Pain Fast. 2019. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326107#7-home-remedies 
Bagikan artikel ini