Bantuan

Mengenal Berbagai Organ dan Fungsinya Di Dalam Sistem Pencernaan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Mar 2022

Bagikan

sistem pencernaan

Sistem pencernaan pada manusia adalah salah satu proses kerja beberapa organ tubuh yang bertugas memecah dan mengolah makanan untuk diambil nutrisinya sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia. Sederhananya proses ini terjadi adalah untuk mencerna makanan. Masing – masing dari organ tersebut memiliki fungsi kerja yang berbeda – beda dan akan saling berkaitan erat satu sama lain. Sistem pencernaan akan bekerja mengubah zat makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Proses mengubah zat makanan menjadi nutrisi ini terjadi di mulut dan lambung.

Nutrisi yang didapatkan dari makanan akan disalurkan ke seluruh tubuh untuk digunakan sebagai energi. Selain itu, untuk zat – zat makanan yang tidak dapat dicerna, diserap atau diuraikan maka akan dikeluarkan melalui urine pada saat buang air kecil atau dikeluarkan melalui feses pada saat buang air besar. Tidak banyak yang mengetahui bahwa sistem pencernaan ini diatur oleh otak melalui komponen lain seperti saraf, hormon juga enzim. Didalam proses sistem pencernaan juga ada bantuan dari kerja otot untuk membantu melancarkan proses pengolahan makanan. 

Macam-macam Organ Pencernaan Beserta Fungsinya

Berikut adalah berbagai macam organ dan fungsi yang terdapat didalam sistem pencernaan manusia, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mulut

Proses pencernaan pertama terjadi pada organ mulut. Mulut merupakan pintu gerbang pertama yang dilalui makanan sebelum memasuki saluran pencernaan manusia. Pada saat Anda mengunyah makanan, tanpa sadar sebenarnya Anda telah melakukan proses pencernaan. Bahkan organ – organ yang ada didalam tubuh sudah bersiap – siap sebelum makanan masuk ke mulut. Hal ini ditandai dengan keluarnya air liur pada saat Anda memasukkan makanan ke dalam mulut.

  1. Tenggorokan

Tenggerokan atau biasa disebut faring merupakan organ yang akan dilalui makanan menuju esofagus. Pada saat makanan masuk ke esofagus hanya ada dua kemungkinan, pertama makanan akan melalui jalur yang tepat untuk kemudian masuk ke dalam lambung atau kemungkinan kedua makanan justru masuk ke jalur yang salah yaitu menuju saluran pernapasan. Hal inilah yang menjadi penyebab seseorang tersedak.

  1. Esofagus

Organ selanjutnya adalah esofagus. Esofagus adalah salah satu organ penting didalam sistem pencernaan manusia. Esofagus membentang dari faring hingga ke lambung. Esofagus bertugas mengantarkan makanan ke organ lambung untuk diproses. Melalui suatu mekanisme gerakan meremas yang dinamakan gerakan peristaltik.

  1. Lambung

Alat pencernaan selanjutnya yakni lambung. Organ ini tentu saja sudah tidak asing lagi ditelinga Anda bukan. Selain bertugas sebagai tempat untuk menyimpan makanan, lambung juga berperan menghancurkan dan mencampurkan makanan menjadi bentuk yang lebih sederhana agar mudah diserap. Kerja tersebut dibantu dengan enzim asam yang diproduksi sendiri oleh lambung. Pada saat makanan masuk ke organ selanjutnya setelah lambung, konsistensi makanan tersebut akan berubah menyerupai cairan atau pasta.

  1. Usus halus

Usus halus terdiri dari tiga bagian yakni duodenum atau biasa disebut usus dua belas jari, jejunum dan ileum. Setelah melalui lambung, makanan akan masuk ke dalam usus halus. Duodenum akan bertugas memecah dan mengolah makanan sementara jejenum dam ileum bertugas menyerap nutrisi yang terdapat didalam makanan tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

  1. Usus besar

Makanan yang telah diproses didalam organ – organ sebelumnya akan dipindahkan menuju ke rektum lalu ke anus. Namun, didalam usus halus, sisa – sisa air yang masih terdapat didalam makanan tersebut akan dihilangkan sehingga konsistensinya menjadi lebih padat dari sebelumnya. Sisa makanan tersebut untuk sementara akan terus disimpan didalam usus besar sampai ada gerakan yang memicu pengeluaran dari rektum.

  1. Rektum

Rektum merupakan organ “penampung” yang menghubungkan usus besar dan anus. Rektum bertugas menerima sisa makanan yang telah diubah menjadi feses lalu menyimpannya. Pada saat feses masuk ke dalam rektum, peran sensor akan mengirimkan pesan ke otak, sensor inilah yang akan menentukan feses tersebut perlu dikeluarkan atau tidak.

  1. Anus

Organ terakhir adalah anus. Anus adalah pintu terakhir yang dilalui makanan setelah berbagai macam proses. Didalam organ anus, terdapat otot yang akan bekerja mendorong feses keluar atau pun menahan feses jika belum dikeluarkan.

Itulah berbagai macam organ serta fungsi dari sistem pencernaan manusia. Sangat kompleks dan begitu sempurna kerja sistem pencernaan tersebut sehingga semua berjalan beriringan dan sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Enzim Pencernaan yang Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Phil Gold, Samuel O. Freedman. Specific Carcinoembryonic Antigens Of The Human Digestive System. 1965.  Available at: https://rupress.org/jem/article/122/3/467/3878/SPECIFIC-CARCINOEMBRYONIC-ANTIGENS-OF-THE-HUMAN (Accessed 6 Oktober 2021)

Dupont. D, Bordoni. A, Wichkam. M. An International Network for Improving Health Properties of Food by Sharing our Knowledge on the Digestive Process. 2011. Available at: https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs13228-011-0011-8 (Accessed 6 Oktober 2021)

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang