Mengenal Macam-Macam Enzim Pencernaan yang Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Oct 2021

Bagikan

Mengenal Macam-Macam Enzim Pencernaan yang Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia

Tahukah Anda, makanan yang Anda makan akan dicerna didalam perut dengan bantuan enzim pencernaan? Enzim pencernaan ini tercipta secara alami oleh sistem pencernaan didalam tubuh. Enzim ini bertugas untuk mengubah makanan menjadi susunan nutrisi sehingga mudah dicerna. 

Sebagian besar proses pencernaan yang terjadi akan dibantu oleh enzim, sehingga dapat dikatakan bahwa tanpa enzim makanan hanya akan menumpuk didalam perut. Selain itu, apabila terdapat kekurangan salah satu enzim, maka proses penyerapan gizi tidak dapat berjalan sempurna. 

Enzim pencernaan dan fungsinya

Namun, tahukah Anda enzim pencernaan tidak hanya terdiri dari satu, namun ada banyak. Berikut ini berbagai macam enzim pencernaan beserta fungsinya. 

  1. Enzim Amilase

Enzim amilase adalah enzim yang tercipta dari kelenjar ludah dan pankreas. Tugas dari enzim ini yaitu mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Selain itu, pada saat Anda mengunyah makanan di mulut, enzim ini akan dikeluarkan oleh kelenjar air liur. Peristiwa ini menjadi tahap awal dalam proses pencernaan. Setelah makanan tertelan,  maka enzim amilase akan bekerja kembali dengan menyederhanakan glukosa. 

  1. Enzim Protease

Enzim pencernaan yang selanjutnya yaitu enzim protease yang merupakan enzim yang terdapat di pankreas dan lambung. Enzim yang satu ini sering disebut juga dengan sebutan protease proteolitik atau peptidase. Fungsi dari enzim protease yaitu bertugas dalam mengubah protein menjadi asam amino. Tidak hanya itu, enzim yang satu ini juga berperan dalam pembekuan darah, sistem imun, dan pembelahan sel. 

Baca Juga: Makanan yang Sehat untuk Sistem Pencernaan Manusia

  1. Enzim Lipase

Enzim lipase  merupakan enzim yang dihasilkan oleh pankreas. Fungsi dari enzim lipase yaitu metabolisme lemak yang khususnya dalam mengubah trigliserida menjadi asam lemak. Selain itu, terdapat berbagai macam jenis enzim lipase yang tercipta di hati, jaringan lemak, dan usus halus. Berbagai jenis enzim ini berfungsi dalam memecah lemak pada tempat terciptanya enzim.

  1. Enzim Maltase

Usus halus menciptakan sebuah enzim pencernaan yang bernama maltase. Enzim ini berfungsi dalam mengubah maltosa menjadi glukosa yang sederhana. Glukosa ini nantinya akan digunakan oleh tubuh untuk menjadi energi.  Maltosa ini berasal dari karbohidrat yang Anda makan dan diubah oleh enzim amilase, kemudian diubah lagi oleh enzim maltase sehingga bisa digunakan oleh tubuh. 

  1. Enzim Laksate 

Enzim pencernaan yang selanjutnya yaitu enzim laktase yang dihasilkan di sepanjang usus. Enzim yang satu ini berfungsi dalam mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Pada saat laktosa diubah, maka dinding usus akan menjadi lebih mudah dalam menyerapnya. Laktosa yang tidak terserap akan terfermentasi sehingga menimbulkan beberapa masalah seperti perut begah dan kembung. 

  1. Enzim Sukrase 

Enzim pencernaan yang terakhir yaitu enzim sukrase yang diproduksi oleh usus halus. Enzim sukrase berfungsi dalam memecah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa agar bisa dengan mudah di serap oleh tubuh. Sukrosa banyak ditemukan pada tebu, sorgum, dan madu. 

Kekurangan enzim pencernaan. 

Selain mengenal berbagai macam enzim pencernaan dan fungsinya, Anda juga perlu mengetahui apa yang terjadi apabila kekurangan enzim.  Lantas, apa yang terjadi bila kekurangan  enzim? Ini jawabannya.

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa fungsi dari setiap enzim yaitu mengubah makanan menjadi lebih sederhana agar mudah diserap. Jika terjadi kekurangan enzim, maka sistem pencernaan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya dan menyebabkan masalah. Apabila masalah tersebut dibiarkan, maka bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah. 

Ada beberapa gejala yang mungkin muncul, apabila Anda mengalami kekurangan enzim pencernaan.  Berikut ini,  Beberapa gejala kekurangan enzim yang perlu Anda perhatikan. 

  • Kram setelah makan.

  • Perut kembung.

  • Sering kentut.

  • Feses memiliki warna kekuningan dan disertai minyak. 

  • Mengalami penurunan berat badan meskipun pola makan tetap normal.

Apabila Anda mengalami gejala yang disebutkan di atas dan tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai berbagai macam enzim pencernaan di dalam sistem pencernaan manusia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan mengenai enzim pencernaan manusia. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Salah Satu Organ dalam Sistem Pencernaan, Apa Fungsi Usus Besar?

 

Sumber:

Bolen, Barbara. 2020. Types and Functions of Digestive Enzymes

WebMD. What Are Digestive Enzymes?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi