Bantuan

Mengenal Berbagai Fungsi Tulang Hasta dan Gangguan yang Sering Terjadi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Mar 2022

Bagikan

tulang hasta

Fungsi tulang hasta bagi tubuh manusia sangat penting sekali, sebab tanpa tulang hasta Anda akan merasa kesulitan saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menjaga tulang hasta agar tidak terganggu fungsinya. Tahukah Anda apa saja fungsi tulang hasta dan beragam gangguannya? Fungsi tulang hasta dan berbagai gangguannya bisa Anda ketahui melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Tulang Hasta?

Tulang hasta adalah tulang yang menjadi penghubung antara pergelangan tangan dengan lengan atas manusia. Secara spesifik, Anda bisa mengetahui tulang hasta pada tulang jari kelingking yang memanjang hingga ke siku. Berkat tulang Hasta Anda bisa melakukan beragam aktivitas, seperti melempar, menulis, menangkap, dan masih banyak peran lainnya. Selain itu, tulang hasta juga dikenal sebagai tulang penyusun atau pembentuk lengan bagian bawah manusia.

Fungsi Tulang Hasta 

Fungsi tulang hasta cukup banyak dan penting sekali untuk menunjang beragam aktivitas sehari-hari, sebab berbagai gerakan pada tangan membutuhkan peran tulang hasta. Jika tulang hasta Anda mengalami gangguan fungsi, bisa dipastikan Anda akan kesulitan saat melakukan berbagai gerakan memutar, termasuk memutar pergelangan tangan. Melalui pembahasan di bawah ini, Anda akan mengetahui 3 fungsi tulang hasta, seperti membantu perputaran lengan, membentuk struktur lengan, dan tempat melekatnya otot. Berikut penjelasan selengkapnya: 

  1. Membantu Lengan Berputar

Salah satu fungsi tulang hasta yang perlu Anda ketahui adalah membantu lengan tangan berputar. Gerakan memutar pergelangan tangan merupakan salah satu gerakan yang sering dilakukan oleh manusia, seperti menulis, olahraga atau bahkan memutar gagang pintu. Bisa Anda bayangkan bagaimana sulitnya Anda, jika tulang hasta Anda mengalami gangguan fungsi.

  1. Tempat Melekatnya Otot Lengan Bawah

Selain membantu lengan untuk berputar, fungsi tulang hasta yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah sebagai tempat melekatnya otot. Tanpa otot yang melekat pada lengan bawah, Anda akan kesulitan saat melakukan beragam aktivitas yang bertumpu pada tangan. Sebab otot berperan bagi Anda untuk memberikan gerakan atau dorongan yang mengakibatkan tangan Anda mampu bergerak.

  1. Membentuk Lengan Bawah

Membentuk lengan bawah merupakan salah satu fungsi tulang hasta yang perlu Anda ketahui. Selain tulang hasta, tulang pengumpil juga turut memberi peran dalam membentuk struktur lengan bawah. Sehingga dengan adanya tulang hasta dan tulang pengumpil, struktur lengan bawah bisa terbentuk dan sendi pada lengan tangan pun bisa terjaga fungsinya.

Berbagai Gangguan Tulang Hasta

Selain beberapa fungsi di atas, Anda juga perlu mengetahui berbagai gangguan yang sering terjadi pada tulang hasta. Berbagai gangguan pada tulang hasta bisa terjadi karena tulang hasta memiliki bentuk yang tipis dan memanjang, sehingga rentan mengalami patah tulang. Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri hebat, kehilangan rasa pada lengan dan sendi sulit untuk digerakan. Berikut beberapa gangguan pada tulang hasta yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1.  Deformitas

Deformitas merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada tulang hasta. Kondisi ini bisa disebabkan karena terjatuh, kekurangan makanan atau minuman yang mengandung kalsium, mengangkat beban besar,e dan asam urat. Untuk menghindari gangguan ini, Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium seperti susu, yoghurt, keju, bayam, brokoli sawi, tuna, tongkol, biji-bijian, serela dan oatmeal.

  1.  Fraktur Greenstick

Fraktur Greenstick merupakan suatu kondisi pada tulang hasta yang retak atau bengkok, kondisi ini tidak sampai pada patah. Fraktur Greenstick seringkali sulit didiagnosis, ini karena penderitanya masih bisa menggunakan tangannya secara normal atau tidak mengalami gangguan aktivitas yang berarti. Fraktur Greenstick juga sering dianggap sebagai kondisi biasa dan biasa terjadi saat Anda keseleo.

Melalui pembahasan di atas Anda telah mengetahui beragam fungsi tulang hasta dan gangguannya. Sehingga Anda bisa menjaganya dengan cara berhati-hati saat melakukan aktivitas sehari-hari agar tidak keselo, mengurangi angkat beban yang terlalui berat, dan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium. Dengan begitu kesehatan dan fungsi tulang hasta bisa tetap terjaga.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Fungsi Tulang Pergelangan Kaki? Mari Temukan Jawabannya di Sini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Brittany Ferri. The Anatomy, Function, and Treatment of the Ulna. 2021. Available at: https://www.verywellhealth.com/ulna-anatomy-4628288 (Accessed, 19 November 2021).

The Skeletal System: Definition: What is the Ulna. 2018. Available at: https://www.theskeletalsystem.net/arm-bones/ulna.html (Accessed, 19 November 2021).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang