Bantuan

Memiliki Efek Bagi Kondisi Psikis, Ini Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Jun 2022

Bagikan

Memiliki Efek Bagi Kondisi Psikis, Ini Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih

Tahukah Anda bahwa manfaat mendengarkan lagu sedih ternyata dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik? Saat sedang patah hati atau mengalami suasana hari yang buruk, tak jarang kita memilih mendengarkan lagu-lagu mellow nan galau. Ternyata, kebiasaan ini mampu mendatangkan manfaat bagi kondisi psikis kita.

Lantas, apa saja manfaat mendengarkan lagu sedih saat sedang galau tersebut? Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui jawabannya, mari simak terus penjelasannya pada bahasan berikut ini.

 

Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih

Setiap orang memiliki mekanismenya masing-masing dalam menghadapi suasana hati yang sedang buruk dan bersedih. Ada yang menghadapinya dengan tidur, ada yang melampiaskannya pada makanan, ada pula yang memilih untuk mendengarkan lagu sedih.

Opsi ketiga sepertinya telah menjadi pilihan yang populer dan selalu menjadi kesukaan banyak orang. Kabar baiknya adalah, opsi ini mampu mendatangkan manfaat positif yang justru bagus untuk kondisi psikis kita yang sedang tidak baik-baik saja.

Baca juga: Bahaya Revenge Porn Bagi Psikis Korban & Pidana Untuk Pelaku

Dalam hal ini, mendengarkan lagu sedih saat sedang galau adalah lebih baik dibanding memendam rasa sedih itu di dalam hati kemudian membiarkannya berlarut-larut. Hal ini justru akan membuat rasa sedih tersebut semakin mendalam dan pada akhirnya menyebabkan stres tak berkesudahan. Lebih dari itu, berikut ini adalah manfaat mendengarkan lagu sedih lainnya yang perlu Anda ketahui.

1. Menghindarkan Diri dari Tindakan Merugikan

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menghadapi kesedihan. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan tindakan impulsif yang hanya akan menyebabkan kerugian baik bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Dengan mendengarkan lagu sedih, seseorang akan mampu merasakan emosi negatif dalam pikirannya tanpa harus melakukan tindakan yang negatif. Lagu sedih dapat menjadi sarana bagi seseorang untuk melepaskan kesedihan yang sedang dirasakan dan ini adalah cara terbaik dibanding harus berbuat tindakan merugikan, bukan?.

2. Menjadi Sarana Refleksi Diri

Kebanyakan lagu sedih mengandung lirik-lirik yang maknanya cukup mendalam bagi seseorang. Selain itu, ada juga pelajaran-pelajaran berharga yang dapat dipetik dari lagu-lagu sedih tersebut. Dalam hal ini, manfaat mendengarkan lagu sedih di kala galau adalah dapat menjadi sarana refleksi diri sendiri.

Ketika mendengarkan lagu sedih, seseorang akan mampu berpikir secara lebih jernih dan positif. Pada akhirnya, proses memecahkan masalah pun akan terjadi dengan lebih rasional dan dewasa.

3. Membantu Mengekspresikan Perasaan

Alasan seseorang senang mendengarkan lagu sedih adalah karena lagu sedih dalam hal ini dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan perasaan sedih yang sedang dialami. Ketika perasaan sedih berhasil diekspresikan, maka secara perlahan perasaan itu pun akan meluruh dan perlahan- lahan menghilang. 

Hal ini sejatinya terjadi karena menurut penelitian, lagu sedih dapat menggambarkan kesedihan yang tengah kita rasakan. Tentu tidak mengherankan jika banyak orang senang mendengarkan lagu sedih saat sedang patah hati.

Baca juga: Mengenali Insecure: Perasaan Tak Nyaman yang Mengganggu

4. Mengubah PandanganTerhadap Situasi Yang Dihadapi

Lagu sedih tak dapat disangkal mampu mengubah pandangan seseorang terhadap suatu situasi tak menyenangkan yang sedang dialami. Sering kali, lirik-lirik yang terkandung di dalam dapat mengajarkan kita untuk percaya bahwa masalah pasti akan berlalu.

Tidak hanya itu saja, perasaan trauma, sedih, marah, kecewa dan perasaan lainnya yang terdapat dalam lagu sedih juga dapat mengingatkan seseorang bahwa ada ia pernah melalui hal yang lebih buruk dan pada kenyataannya ia masih berada dalam kondisi yang baik-baik saja. 

5. Mampu Membangkitkan Mood yang Positif

Tidak hanya mampu membuat seseorang merasakan emosi-emosi sedih, lagu-lagu galau nan melankolis juga dapat membuat mood positif seseorang bangkit. Mood serta emosi positif ini datang dari perasaan sayang dan simpatis terhadap seseorang yang ada di dalam lagu yang didengarkan. 

Pada akhirnya, pendengar lagu sedih ini akan dapat berperilaku dengan lebih baik karena telah merasa puas atau telah terlepas dari perasaan sedih yang dialaminya. Manfaat mendengarkan lagu sedih ini tentu sangat berguna, bukan?

Nah, demikianlah penjelasan mengenai manfaat mendengarkan lagu sedih ketika suasana hati sedang buruk. Meskipun memiliki dampak positif bagi psikis, namun mendengarkan lagu sedih terlalu lama juga tidak disarankan, karena berlarut-larut dalam kesedihan juga bukanlah hal yang baik. Ketika suasana hati sudah semakin baik, maka dengarkanlah lagu-lagu yang lebih menyenangkan.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Hedge, Sushmitha. 2022. Why Do We Like Listening To Sad Music?. https://www.scienceabc.com/social-science/why-do-we-like-listening-to-sad-music.html#:~:text=Listening%20to%20sad%20music%20is,thereby%20reducing%20tension%20and%20stress.

Heshmat, Shahram. 2019. 6 Reasons Why We Enjoy Listening to Sad Music. https://www.psychologytoday.com/us/blog/science-choice/201905/6-reasons-why-we-enjoy-listening-sad-music

Bagikan artikel ini