Bantuan

Mari Mengenal Kombucha yang Merupakan Fermentasi dari Teh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Mar 2022

Bagikan

kombucha

Kombucha merupakan teh hasil fermentasi yang sudah dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai negara sejak ribuan tahun yang lalu. Teh kombucha mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk membunuh sejumlah bakteri penyebab penyakit. Teh ini semakin populer sejak ada temuan yang dirilis di Journal of Chemistry yang menyebutkan bahwa teh kombucha merupakan sumber probiotik yang cukup potensial. Namun sebelum mengonsumsinya, tahukah Anda apa saja manfaat teh kombucha? Anda bisa mengenal teh kombucha dan manfaatnya melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Kombucha?

Teh kombucha adalah hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian dicampurkan dengan beberapa mikroba seperti bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi seperti Zygosaccharomyces bailii, Candida spp. dan Saccharomyces cerevisiae. Teh kombucha awalnya berasal dari Asia Timur dan saat ini telah tersebar ke beberapa negara lainnya seperti Jerman melalui Rusia pada pertengahan abad ke-20. Disebut teh jamur karena dalam proses pembuatannya teh ini dibiarkan menjamur terlebih dahulu dengan waktu fermentasi 8 hingga 12 hari. Teh kombucha sering digunakan oleh beberapa masyarakat dari berbagai negara untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Teh Kombucha

Teh kombucha dipercaya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Ini karena teh kombucha mengandung antioksidan yang bisa membunuh sejumlah bakteri penyebab penyakit. Selain mengandung antioksidan, teh kombucha juga mengandung vitamin B, alkohol, natrium gula dan probiotik yang bisa menghangatkan tubuh dengan satu tegukan teh kombucha yang hangat dan lezat. Tidak hanya itu, teh kombucha juga memiliki sejumlah manfaat lain yang bisa Anda ketahui selengkapnya melalui pembahasan di bawah ini:

  1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan di dunia dan bisa menyerang kapan saja. Untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, Anda bisa mengonsumsi teh kombucha dengan teratur sebab teh kombucha bisa melindungi LDL dari oksidasi pemicu penyakit jantung. Hal ini bisa dibuktikan dari data bahwa orang yang mengonsumsi teh kombucha hanya memiliki risiko 31% terkena penyakit jantung, lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi teh kombucha. 

  1.  Mengatasi Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 banyak dialami oleh 300 juta orang di seseluruh dunia. Kondisi ini bisa dilihat dari kadar gula yang cukup tinggi dan resistensi terhadap insulin. Untuk mengatasinya Anda bisa mengonsumsi teh kombucha sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan. Teh ini mampu memperlambat proses pencernaan karbohidrat, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi hati dan ginjal. Mereka yang mengonsumsi teh hijau sebagai bahan fermentasi teh kombucha terbukti memiliki risiko 18% lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2.

  1.  Melindungi Tubuh dari Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbesar di dunia. Dalam salah satu penelitian teh kombucha dipercaya mampu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker akibat konsentrasi polifenol teh dan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Polifenol cukup bekerja untuk memblokir mutase gen dan pertumbuhan sel kanker serta mendorong kematian sel kanker. Sehingga dengan kandungan yang dimilikinya, teh kombucha dipercaya mampu membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker.

  1.  Mengurangi Toksisitas Hati

Teh kombucha yang terbuat dari hasil fermentasi teh hijau dipercaya bisa mengurangi toksisitas hati. Toksisitas hati biasanya terjadi karena bahan kimia beracun yang bisa merusak hati. Selain itu, teh kombucha juga mengandung antioksidan yang mampu melawan molekul reaktif, radikal bebas, dan sel yang bisa merusak organ hati. Banyak ilmuwan percaya bahwa teh kombucha jauh lebih ampuh dalam mengurangi toksisitas hati dibandingkan dengan suplemen antioksidan secara khusus.

Melalui pembahasan di atas kini Anda telah mengetahui apa itu teh kombucha dan beragam manfaat yang dimilikinya. Dengan teh kombucha beragam risiko penyakit mematikan bisa Anda minimalisir. Namun meski demikian, Anda harus mempertimbangkan petunjuk penggunaan teh kombucha agar terhindar dari sejumlah efek samping yang ditimbulkan. Efek samping ini bisa ditandai dengan kulit menguning, mulas, muntah mual dan sakit kepala. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ragam Manfaat Teh Jati Cina dan Efek Sampingnya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Leech, Joe. 8 Evidence-Based Health Benefits of Kombucha Tea. 2018. Available at: https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-kombucha-tea (Accessed: 19 November 2021).

Higuera, Valencia. 10 Potential Benefits of Kombucha. 2019. Available at: https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/potential-benefits-kombucha/ (Accessed: 19 November 2021).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang