Bantuan
Bantuan

Mari Mengenal Berbagai Fungsi Bagian Tangan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Feb 2022

Bagikan

Fungsi Bagian Tangan

Mari Mengenal Berbagai Fungsi Bagian Tangan

Fungsi bagian tangan sangat penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Banyak kegiatan manusia yang menuntut gerakan tangan dan lengan yang terkoordinasi dengan baik. Dalam aktivitas sehari-hari, tangan memungkinkan kita untuk menggunakan alat dan memanipulasi berbagai objek, seperti kegiatan memasak, mengemudi, bahkan hal kecil seperti menyisir rambut. 

Selain dalam kegiatan sehari-hari, fungsi tangan juga sangat penting di tempat kerja. Mulai dari koordinasi sangat halus yang diperlukan untuk bedah mikro, kekuatan cengekeraman yang dibutuhkan pembangun hingga kegiatan seni seperti bermain musik dan melukis.

Berbagai Fungsi Bagian Tangan

Berikut penjelasan mengenai mari mengenal berbagai fungsi bagian tangan di bawah ini.

  1. Tulang

Tulang terdiri dari metacarpals atau tulang telapak tangan yang berfungsi sebagai pemberi sokongan serta fleksibilitas kepada otot-otot yang berada di tangan. Ada lima Metacarpals di setiap tangan yang merupakan penghubung antara tulang jari dengan pergelangan tangan. Setiap Metacarpals terdiri dari kepala distal, poros, dan basis di ujung proksimal. Batangnya cekung pada permukaan palmar dan cembung di bagian punggung. Permukaan punggungnya memiliki area segitiga datar di bagian distalnya.

Selanjutnya, ada phalanges (tulang jari) yang memberi struktur pada tangan dan berperan dalam menggenggam, mengambil, dan membawa sesuatu. Ada 3 phalanges untuk setiap jari dan hanya ibu jari yang memiliki 2 phalanges

  1. Persendian

Persendian secara umum berfungsi sebagai penghubung yang membuat tulang manusia bisa bergerak dengan mudah. Seperti, sendi pada pergelangan tangan yang membuat tangan bisa bergerak dengan bebas untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Ada dua sendi utama yang ada pada tanga, yaitu sendi Metacarpophalangeal dan sendi Interphalangeal.  Sendi Metacarpophalangeal sering disebut juga pelat palmar dean  dan berfungsi untuk membatasi hiperekstensi, memperkuat kapsul sendi, dan membatasi hiperkstensi, sedangkan, sendi Interphalangeal tangan sering disebut juga sebagai sendi engsel. Gerakan yang dapat dilakukan pada sendi engsel ini, yaitu, ekstensi dan fleksi. Di mana fleksi gerakannya sekitar 100 derajat dan 80 derajat. Pelat palmar yang membentuk lantai semi kaku dan ligamen kolateral dinding yang bergerak bersama dengan persendian ini memberikan stabilitas pada sendi selama pergerakkannya.

  1. Otot

Ada lima otot yang ada di tangan, yaitu, otot thenar, hypothenar, lumbricals, palmar, dan dorsal. Setiap otot memiliki fungsinya masing-masing yang pastinya membantu kerja tangan. Misalnya, otot thenar dikenal sebagai thenar eminence dan membentuk bagian berdaging dan berbentuk seperti bola dari ibu jari ini mampu melakukan berbagai gerakan ibu jari, seperti, fleksi, abduksi, dan oposisi. Jika otot thenar eminence di ibu jari, hypothenar berada di jari kelingking untuk mengatur pergerakkannya.

Otot-otot yang lain juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan otot thenar dan hypothenar. Namun, untuk otot lumbricals, palmar, dan dorsal biasanya sering digabung menjadi satu dan mereka bekerja secara bersamaan untuk membantu ekstensi, fleksi, abduksi, dan adduksi dari tulang jari. Ketiga otot ini sering disatukan sebagai satu kelompok besar karena terletak di lapisan terdalam tangan.

  1. Saraf dan Pembuluh Darah

Tangan memiliki tiga saraf, yaitu, median, ulnaris, dan radial. Saraf median memasok otot-otot yang terlibat di dalam fungsi mencubit dan presisi halusnya. Saraf ulnaris di sini terbagi menjadi cabang terminal superfisial dan cabang dalam. Saraf-saraf di antara ke dua cabang memiliki fungsi berbeda, seperti, memberikan persarafan kulit palmar dan punggung ke jari kelingking dan setengah medial jari manis, kemudian ada saraf radial yang memiliki tanggung jawab untuk menginervasi ekstensor pergelangan tangan.

Seperti yang kita ketahui, pembuluh darah dibagi menjadi dua, yaitu, arteri dan vena. Pembuluh darah arteri bertugas untuk membawa darah yang berasal dari jantung ke seluruh tubuh. Berbanding terbalik, pembuluh vena mengalirkan darah dari tubuh dan membawanya kembali ke jantung. Drainase vena tidak mengikuti secara langsung jalur suplai arteri.

Sebenarnya, masih ada lagi bagian-bagian tangan yang belum sempat dijelaskan tapi memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan empat poin di atas. Setiap poin yang dijabarkan maupun tidak dijabarkan memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing, serta saling membantu agar tangan kita bergerak dengan semestinya. Tanpa satu bagian saja, mungkin saja kita tidak dapat menggunakan tangan kita dengan baik karena itulah penting untuk kita untuk mengetahui dan menjaga bagian tangan kita.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengenal Anatomi dan Fungsi Hidung bagi Tubuh Manusia

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Rad, A. 2021. Hand Anatomy. https://www.kenhub.com/en/library/anatomy/hand-anatomy

Singh, A., E. 2016. Hand Anatomy and Function. https://boneandspine.com/hand-anatomy-and-function/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang