Bantuan
Free Tele x

Mari Ketahui Berbagai Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Sering Sariawan? Ini 5 Penyebab Sariawan yang Sering Diabaikan

Sudahkah Anda tahu apa penyebab sariawan muncul? Sariawan itu sendiri merupakan sebuah luka yang terbuka dan muncul pada jaringan lunak di dalam mulut. Sariawan ini akan menyebabkan timbulkan rasa nyeri yang menyiksa sehingga penderitanya sulit untuk makan. Pada umumnya, sariawan disebabkan karena tidak sengaja tergigit. Akan tetapi, masih ada penyebab-penyebab lainnya yang perlu Anda ketahui.  

Baca Juga: Jangan Panik, Berikut Ini Ciri-Ciri Sariawan Akan Sembuh

Penyebab Sariawan

Lantas apa saja penyebab sariawan selain tergigit? Berikut ini akan dijelaskan secara detail apa saja penyebab sariawan yang  perlu Anda ketahui. 

  1. Kekurangan vitamin

Penyebab sariawan yang perlu Anda ketahui pertama, yaitu kekurangan vitamin. Beberapa vitamin yang dapat menyebabkan sariawan ketika asupannya rendah, yaitu vitamin B3, vitamin B9, dan vitamin B12. Tidak hanya itu, beberapa nutrisi lainnya seperti kalsium, zinc, dan zat besi juga berperan dalam memperburuk sariawan apabila asupannya rendah. Hal ini dapat terjadi karena ketika tubuh kekurangan vitamin maka imun tubuh pun akan  menurun. 

  1. Menyikat gigi terlalu keras

Tahukah Anda, menyikat gigi terlalu keras dapat menyebabkan sariawan muncul. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering menyikat gigi dengan keras karena berpikir bisa mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya hentikan sekarang juga. Pasalnya, menyikat gigi terlalu keras hanya akan membuat jaringan lunak mulut dan gusi menjadi terluka. Pada akhirnya kondisi ini menyebabkan munculnya sariawan.   

  1. Perubahan hormon

Penyebab sariawan yang selanjutnya, yaitu karena adanya perubahan hormon. Kondisi ini sering dialami oleh wanita baik ketika menstruasi, kehamilan, dan juga menopause. Saat keseimbangan hormon progesteron terganggu maka akan mempengaruhi sirkulasi darah pada area mulut. Hal ini membuat jaringan lunak di dalam mulut menjadi lebih sensitif. 

  1. Mulut kering

Mulut kering merupakan penyebab sariawan yang selanjutnya. Pasalnya, mulut kering akan membuat bakteri dan kuman menjadi lebih mudah tumbuh. Saat bakteri-bakteri ini tumbuh tidak terkendali maka Anda akan lebih rentan mengalami peradangan dan infeksi. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini Anda perlu mencukupi kebutuhan carian setiap harinya. 

  1. Gangguan sistem kekebalan tubuh

Penyebab sariawan yang terakhir, yaitu terjadi gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh, yaitu penderita HIV, penderita kanker, dan lansia. Beberapa kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah sehingga lebih mudah terserang infeksi.  

Baca Juga: Perlukah Menggunakan Obat Sariawan?

Cara Mengatasi Sariawan

Sariawan pada umumnya akan sangat  mengganggu karena menyulitkan penderitanya menelan makanan. Oleh karena itu, Anda juga perlu tahu apa saja cara mengatasi sariawan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sariawan. 

  1. Berkumur air garam

Cara yang paling mudah untuk Anda lakukan, yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam memiliki kandungan antibakteri dan antiradang sehingga dapat mencegah sariawan semakin parah. Tidak hanya itu, air garam juga dapat membantu proses mempercepat proses penyembuhan. Cara menggunakannya, yaitu dengan menyiapkan satu gelas air kemudian masukkan 1 ½ sendok teh garam. Lalu gunakan untuk berkumur namun jangan di telan. 

  1. Kompres es batu

Anda juga bisa mengatasi sariawan dengan menggunakan es batu. Pasalnya, rasa sejuk yang dihasilkan dari es batu dapat meringankan rasa nyeri. Menggunakannya, yaitu dengan mengulum es batu namun jangan sampai bersentuhan langsung dengan sariawan karena dapat memperparah sariawan. Cara lainnya yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan membungkus es batu menggunakan kain lembut lalu menempelkannya pada sariawan. 

  1. Mengoleskan madu

Cara terakhir dalam mengatasi sariawan, yaitu dengan mengoleskan madu pada sariawan. Diketahui madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa meredakan rasa nyeri serta mempercepat proses penyembuhan sariawan. Cara menggunakannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu pada lokasi sariawan. 

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab sariawan dan cara mengatasinya. Jika Ada tidak ingin mengalami sariawan, sebisa mungkin menghindari penyebabnya. Selain itu, jika sariawan yang Anda alami tidak kunjung sembuh ataupun muncul berulang kali maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penangan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Mayo Clinic. Oral thrush.  

Gill, Karen. 2019. Everything You Need to Know About Oral Thrush. 

 

Cleveland Clinic. Thrush.

Tag :
Bagikan artikel ini