Bantuan
Free Tele x

Begini Cara Perawatan Luka Bernanah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Begini Cara Perawatan Luka Bernanah

Tahukah Anda, bahwa cara perawatan luka bernanah tidak dapat dilakukan sembarangan? Nanah merupakan cairan yang berwarna putih kekuningan yang terjadi karena infeksi pada luka.

Ketika luka muncul nanah, maka perlu perawatan yang benar dan tidak boleh sembarang. Lantas, bagaimana cara perawatan luka bernanah yang benar? Begini cara perawatan luka bernanah yang perlu Anda ketahui. 

Mengapa Luka Bisa Bernanah?

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara perawatan luka bernanah. Anda perlu tahu apa yang menyebabkan luka bisa bernanah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, nanah merupakan cairan yang berwarna putih kekuningan. Nanah ini merupakan suatu reaksi yang terjadi karena sistem imun melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

Ketika tubuh mendeteksi adanya infeksi, maka tubuh akan mengirimkan sel darah putih dan juga komponen-komponennya untuk membunuh bakteri ataupun jamur.

Selama proses ini berlangsung, sel darah putih dan juga jaringan sekitar area infeksi akan mati. Sel darah putih dan jaringan yang mati kemudian terakumulasi dan menjadi nanah. Selain keluarnya nanah, biasanya akan disertai gejala lainnya.

Seperti kulit terasa hangat, kulit merah, muncul garis-garis merah dan juga diikuti rasa nyeri dan pembengkakan. Apabila koreng sudah mengeluarkan nanah yang parah. Mungkin Anda akan mengalami gejala berupa flu, demam, lemas hingga menggigil.

Baca Juga: Cara Merawat Luka Diabetes Yang Bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah

Lantas, bagaimana cara perawatan luka bernanah yang benar? Simak terus penjelasan mengenai cara perawatan luka bernanah di bawah ini. 

  1. Lakukan Kompres Hangat

Ketika luka memunculkan nanah, Anda tidak perlu panik dan dapat melakukan pengobatan sendiri di rumah. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengompresnya menggunakan kompres hangat. Anda dapat mengompres luka yang bernanah selama 5 menit menggunakan kain yang lembut.

Cara ini dapat meredakan pembengkakan yang terjadi sekaligus membuat abses kulit menjadi terbuka. Hal inilah yang akan membuat proses penyembuhan luka akan menjadi lebih cepat. 

  1. Hindari Mengupas Koreng

Mungkin banyak diantara Anda yang gemas dengan koreng, sehingga suka mengupasnya. Terlebih lagi koreng sering menimbulkan rasa gatal sehingga tidak hanya untuk menggaruk atau mengupasnya. 

Akan tetapi, hal ini sebaiknya dihindari karena akan membuat luka yang belum sembuh menjadi terbuka dan memperlambat proses penyembuhan. Pada akhirnya, luka akan kembali memerah bahkan mengeluarkan darah dan bernanah. 

  1. Jaga Kelembapan Area Luka

Cara perawatan luka bernanah yang selanjutnya yaitu dengan menjaga kelembaban area luka. Cara ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Tidak hanya itu, menjaga kelembaban luka dapat mengurangi rasa gatal yang membuat Anda mengelupas koreng.

Anda bisa menggunakan petroleum jelly untuk melembabkan luka serta mencegah bekas luka menjadi lebih besar. Anda juga bisa menggunakan lotion, salep ataupun minyak kelapa untuk menjaga kelembaban luka. 

  1. Tutup Area Luka

Nanah bisa terjadi karena luka telah mengalami infeksi. Oleh karena itu, untuk mengobati luka yang bernanah Anda perlu menutupi luka menggunakan kain lembut ataupun perban yang steril.

Dengan perban tersebut, maka akan meminimalisir masuknya bakteri yang menyebabkan luka menjadi infeksi. Tidak hanya itu, perban juga dapat menghalangi Anda untuk mengelupas koreng ketika rasa gatal melanda. 

  1. Jaga Kebersihan Luka

Cara perawatan luka bernanah yang selanjutnya yaitu dengan menjaga kebersihannya. Pada umumnya, koreng menandakan bahwa luka mulai berangsur pulih. Akan tetapi, luka yang lembab rentan terhadap berbagai infeksi bakteri yang akan menghambat penyembuhan luka.

Oleh karena itu, jagalah kebersihan luka dengan menggunakan air hangat. Selain itu, gunakan lap ataupun handuk yang lembut untuk mengeringkan luka. Janganlah menggosok kain di area luka karena dapat menyebabkan pendarahan kembali. 

  1. Berikan Antibitok Pada Luka

Cara perawatan luka bernanah yang terakhir yaitu dengan  memberikan obat antibiotik. Biasanya luka nanah yang muncul akibat operasi akan diresepkan antibiotik ataupun obat oles oleh dokter untuk mengobati infeksi. Obat antibiotik ini akan mempercepat proses penyembuhan dan juga mencegah terjadinya komplikasi. 

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati luka bernanah. Apabila luka bernanah semakin parah dan tidak menunjukkan tanda-tanda membaik, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Panik, Mari Kenali Tanda-Tanda Luka akan Sembuh

 

Sumber:

1. Anthony, Kiara. How to Get Rid of Scabs. (2019)

2. Christiano, Donna. Everything You Need to Know About Pus (2018)

Tag :
Bagikan artikel ini