Jangan Khawatir, Ini Cara Agar Luka Cepat Sembuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Dec 2021

Bagikan

Jangan Khawatir, Ini Cara Agar Luka Cepat Sembuh

Bagaimanakah cara agar luka cepat sembuh? Mungkin di antara Anda yang berpikir, cara cepat menyembuhkan luka adalah dengan menyiram alkohol pada luka. Namun, pada faktanya, hal tersebut justru akan memperlama proses penyembuhan luka. Lantas, bagaimanakah cara agar luka cepat sembuh yang tepat?

Cara Agar Luka Cepat Sembuh

  1. Memberikan Pertolongan Pertama

Cara agar luka cepat sembuh yang pertama yaitu segera berikan pertolongan pertama pada luka. Pertama-tama Anda harus membersihkan luka dengan membilaskan menggunakan air bersih. Akan tetapi, pastikan tangan Anda telah bersih dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah luka dibersihkan, maka tutuplah luka menggunakan kain kasa atau perban agar luka tetap bersih dan terhindar dari infeksi. 

  1. Mengompres Luka Dengan Air hangat

Setelah memberikan pertolongan pertama, cara agar luka cepat sembuh yang selanjutnya yaitu dengan mengompres luka menggunakan air hangat. Mengompres luka dengan air hangat dapat s dapat meningkatkan aliran darah ke kulit sehingga membantu dan mempercepat penyembuhan. Anda cukup meletakkan kompres air hangat pada area sekitar luka selama 15 hingga 30 menit.

  1. Membersihkan Tangan Sebelum Merawat Luka

Cara agar luka cepat sembuh yang selanjutnya yaitu membersihkan tangan sebelum melakukan perawatan pada luka. Anda harus memastikan bahwa telah mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih sebelum melakukan perawatan. Mencuci tangan ini berguna untuk mencegah terjadinya infeksi akibat bakteri. Sebaiknya Anda mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir selama beberapa detik.

  1. Membersihkan Luka Setelah Terjadi Pendarahan

Setelah pendarahan berhenti, maka bersihkan luka dengan menggunakan kain bersih atau kapas yang telah dibasahi memakai air garam. Apabila Anda tidak ingin terasa perih, Anda cukup menggunakan cairan pembersih luka. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih luka ke seluruh area luka, dan keringkan sebelum kemudian ditutup dengan plester atau perban.

Baca Juga: Begini Cara Membalut Luka Dengan Benar

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara agar luka cepat sembuh. Hal ini karena, mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung protein, magnesium, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan omega-3, dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan-kandungan gizi tersebut Anda diperoleh dari sayuran berwarna hijau, kuning, dan orange, bahkan tomat, daging, dan susu.

  1. Mengoleskan Salep

Agar proses penyembuhan luka semakin cepat, Anda juga perlu mengoleskan salep. Akan tetapi, agar lebih efektif dalam mempercepat proses penyembuhan, pastikan Anda menggunakan salep yang tidak mengandung bahan kimia keras. Dengan menggunakan salep menyembuhkan luka, maka proses penyembuhan akan dua kali lebih cepat dibanding hanya didiamkan saja dan juga dapat membantu mengurangi jaringan parut.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Selain menggunakan obat salep, cara agar luka cepat sembuh yang terakhir yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Hal ini karena, lidah buaya dapat membantu dan mengatasi semua jenis masalah pada kulit, seperti memar dan luka. Apabila Anda ingin menggunakannya, Anda bisa membeli gel lidah buaya di apotek.

Selain itu, Anda juga bisa membuatnya sendiri, cukup ambil tanaman lidah buaya segar, dan buang durnya serta potong menjadi dua. Setelah itu, oleskan bagian gelnya pada kulit yang mengalami luka.

Suplemen yang Mempercepat Luka Sembuh

Selain melakukan cara-cara di atas, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa suplemen agar luka cepat sembuh. Mengonsumsi suplemen ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Berikut ini beberapa suplemen untuk mempercepat penyembuhan luka yang dapat Anda konsumsi.

  1. Vitamin C

Suplemen yang pertama yaitu vitamin C. Hal ini karena, vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif dalam melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, dalam penelitian telah menjelaskan bahwa vitamin C dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Bromelain

Suplemen untuk mempercepat proses penyembuhan luka yaitu bromelain. Bromelain itu sendiri merupakan enzim anti-inflamasi yang dapat ditemukan di batang tanaman nanas. Bromelain ini dapat mengurangi pembengkakan otot serta jaringan, terutama cedera atau setelah operasi.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Apabila dalam beberapa hari, luka mengalami infeksi, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Panik, Mari Kenali Tanda-Tanda Luka akan Sembuh

 

Sumber:

1. 7 Ways to heal wounds faster and reduce scars at home . (2018).

2. Kirchheimer, Sid. Supplement Speeds Wound Healing (2004).

3. Mayo Clinic Staff. Cuts and scrapes: First aid.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi