Bantuan

Terapi Jeruk Nipis Untuk Program Hamil, Ampuhkah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Nov 2021

Bagikan

Terapi Jeruk Nipis Untuk Program Hamil, Ampuhkah?

Banyak wanita percaya bahwa terapi jeruk nipis bisa mengatasi berbagai masalah kehamilan. Jeruk nipis juga dipercaya bisa membantu mengatasi masalah infertilitas dan meningkatkan peluang hamil. Namun benarkah terapi menggunakan air perasan jeruk nipis bisa mengatasi infertilitas dan membuat jeruk nipis bagus untuk program hamil?

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Orang Hamil

Ada beberapa manfaat jeruk nipis untuk orang hamil yang perlu Anda ketahui. Adapun beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mempermudah Persalinan

Salah satu manfaat terapi jeruk nipis bagi ibu hamil ialah untuk mempermudah persalinan. Campuran air jeruk nipis dengan madu pada bulan kelima kehamilan hingga persalinan dipercaya bisa memudahkan proses persalinan bagi ibu hamil.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat terapi jeruk nipis untuk ibu hamil selanjutnya ialah menjaga kesehatan pencernaan. Jus jeruk nipis bisa merangsang hati dan meningkatkan pencernaan, mengendalikan diare dan mencegah sembelit.

Sembelit merupakan bagian tak terpisahkan dari kehamilan. Mengonsumsi air jeruk nipis secara teratur bisa memudahkan buang air besar dan menyembuhkan gangguan pencernaan.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Terapi jeruk nipis juga bisa mencegah tekanan darah. Mengonsumsi air jeruk nipis selama kehamilan bisa membantu tekanan darah selama kehamilan, sehingga terlindung dari preeklamsia, yang merupakan penyebab kelahiran bayi prematur.

  1. Memenuhi Kebutuhan Folat

Selama kehamilan, wanita membutuhkan kandungan folat yang lebih banyak karena folat merupakan nutrisi penting untuk perkembangan saraf pada janin yang sedang tumbuh. Wanita hamil membutuhkan 600 mcg folat dari makanan dan suplemen.

  1. Sumber Vitamin C

Terapi jeruk nipis diperlukan oleh ibu hamil karena ibu hamil sering mengalami kekurangan vitamin C. Jeruk nipis merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Oleh karena itu, asupan jeruk nipis secara teratur bisa memberi tubuh dosis tambahan vitamin C, sehingga bisa menurunkan kebutuhan suplemen vitamin.

Baca Juga: Tips Menjaga Kandungan Ibu Hamil di Tengah Pandemi

Ampuhkah Terapi Jeruk Nipis?

Itulah beberapa manfaat terapi jeruk nipis untuk orang hamil. Jeruk nipis memiliki fungsi antioksidan, antibakteri, serta bisa membantu dan memperbaiki tekanan darah dan pembuluh darah dalam tubuh.

Fungsi-fungsi tersebut bisa membantu proses kehamilan. Sehingga, terhindar dari berbagai gangguan dan kerusakan pembuluh darah yang bisa menurunkan fungsinya. Adapun beberapa cara terapi jeruk nipis untuk program kehamilan yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Sediakan Jeruk Nipis

Sediakan jeruk nipis segar sejumlah 4 hingga 28 buah per hari. Setelah itu, peras jeruk nipis dalam sebuah wadah. Jangan masukan bahan apa pun pada perasan jeruk nipis tersebut. Namun jika Anda tidak kuat menahan rasa asam pada perasan air jeruk nipis, Anda bisa menambahkan madu murni.

  1. Minum Air Perasan Jeruk Nipis Secara Teratur

Selama terapi jeruk nipis, Anda bisa meminum perasan air jeruk nipis selama 2 minggu berturut-turut tanpa jeda. Adapun banyak perasan air jeruk nipis yang bisa Anda konsumsi pada hari pertama ialah 4 buah. Hari kedua sebanyak 8 buah, hari ketiga 12 buah dan seterusnya bertambah 4 buah, hingga hari ke 7.

  1. Kurangi Jumlah Jeruk Nipis Pada Minggu Kedua

Setelah Anda mengonsumsi jeruk nipis selama tujuh hari berturut-turut, Anda harus tetap mengonsumsinya selama seminggu berikutnya.  Pada 1 minggu kedua, jumlah jeruk nipis yang Anda konsumsi dikurangi. Jika Anda mengonsumsi air perasan jeruk nipis pada hari ke 8, 28 buah maka hari selanjutnya berkurang 4 menjadi 24 dan begitu pun selanjutnya, hingga hari ke 14.

  1. Pilihlah Jeruk Nipis yang Berukuran Kecil

Jeruk nipis yang Anda pilih, sebaiknya yang berukuran kecil karena jumlah jeruk nipis yang dibutuhkan cukup banyak, sehingga jeruk nipis berukuran kecil cukup untuk dikonsumsi. Sebelum melakukan terapi jeruk nipis untuk kesuburan, sebaiknya Anda mencoba 2 perasan jeruk nipis terlebih dahulu, agar lambung Anda bisa beradaptasi dan tidak kaget menjalankan terapi jeruk nipis ini

Itulah beberapa manfaat terapi jeruk nipis untuk ibu hamil dan aturan mengonsumsi jeruk nipis untuk program hamil. Namun, perlu Anda ketahui, terapi jeruk nipis perlu dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Seberapa Efektif Air Lemon untuk Menurunkan Berat Badan?

 

Sumber:

1. Saba. 8 Proven Health Benefits Of Lime Juice For Pregnant Women. 2017.

2. Caporuscio, Jessica. Is lemon good for pregnancy? Water, tea, and juice. 2020.

Bagikan artikel ini