Jangan Asal-asalan, Ini Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Jangan Asal-asalan, Ini Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Tahukah Anda, bahwa cara membersihkan telinga tidak boleh sembarangan? Hal ini karena, telinga merupakan organ yang sangat sensitif dan perlu kehati-hatian dalam membersihkannya. Lantas bagaimana cara membersihkan telinga yang benar? Temukan jawabannya di bawah ini. 

Cara membersihkan telinga yang benar

  1. Menggunakan tetes telinga

Cara membersihkan telinga yang benar yaitu menggunakan tetes telinga. Obat tetes telinga akan membantu kotoran telinga dapat keluar. Cara menggunakannya yaitu dengan menetaskannya ke dalam telinga dan pastikan benar-benar masuk ke dalam saluran telinga. Anda bisa mendapatkan obat tetes telinga dengan mudah di toko obat atau apotek terdekat. 

  1. Menggunakan minyak zaitun

Selain menggunakan obat tetes telinga, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun ataupun baby oil. Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau baby oil untuk melembabkan bagian dalam telinga yang terlalu kering. Caranya cukup mudah, yaitu menetaskan minyak zaitun ke dalam telinga dan tunggu selama 5 menit. Cara ini biasanya membutuhkan waktu yang lama agar kotoran dapat keluar dengan sendirinya. 

  1. Melakukan pemeriksaan

Cara membersihkan telinga dengan benar yang terakhir yaitu melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter THT. Dengan melakukan pemeriksaan ke dokter THT, maka telinga Anda akan dibersihkan secara profesional. Selain untuk membersihkan telinga, seharusnya Anda selalu memeriksakan telinga ke dokter THT minimal sebulan sekali. Hal ini bertujuan untuk memastikan telinga dalam keadan sehat setiap waktu.

 

Baca Juga: Telinga Berdenging & Penyebabnya Menurut Kedokteran

 

Cara membersihkan telinga yang salah

Selain cara membersihkan telinga yang benar, ternyata masih banyak yang melakukan cara membersihkan telinga yang salah. Beberapa cara berikut ini mungkin sering Anda lakukan. 

  1. Menggunakan cotton bud

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud sudah sangat sering terjadi dan mungkin dianggap benar. Padahal cara ini merupakan cara yang salah dan berbahaya. Hal ini karena ditakutkan cotton bud yang terlalu dalam akan tersangkut di telinga atau melukai gendang telinga. Pada dasarnya, kotoran telinga dapat keluar dengan sendiri tanpa harus dikorek-korek. 

  1. Terlalu sering membersihkan telinga

Cara membersihkan telinga yang salah selanjutnya yaitu terlalu sering membersihkan telinga. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kotoran telinga sebenarnya dapat keluar dengan sendiri jadi tidak perlu sering membersihkannya. Kotoran telinga baru harus dikeluarkan apabila terjadi masalah pada telinga seperti, telinga sakit atau sensasi penuh pada telinga. 

  1. Menggunakan ear candle

Cara membersihkan telinga yang salah ini cukup populer yaitu ear candle. Cara yang satu ini yaitu menggunakan lilin agar dapat mengangkat kotoran yang ada di dalam telinga.  Walaupun cara membersihkan telinga yang satu ini populer dan dipercaya memiliki banyak manfaat, namun belum ada penelitian yang menjelaskan keefektifan cara ini dalam membersihkan telinga. 

Apa itu kotoran telinga

Setelah Anda mengetahui cara membersihkan telinga yang benar dan salah, maka Anda juga perlu mengetahui apa sebenarnya kotoran telinga. Banyak yang menganggap bahwa cairan kuning yang ada di dalam telinga merupakan kotoran telinga. Padahal carian tersebut memiliki fungsi untuk mencegah infeksi, melindungi gendang telinga dan juga melembapkan saluran telinga. Struktur yang lengket pada cairan tersebut akan menangkap berbagai benda asing yang masuk ke dalam telinga.

Dengan begitu, cairan yang dianggap sebagai kotoran telinga merupakan cara telinga dalam menjaga fungsi telinga tetap bekerja dengan optimal. Selain itu, kotoran telinga tersebut juga tidak akan menyumbat saluran pendengaran dan tidak perlu dibersihkan. Hal ini karena pada saat Anda menggerakkan rahang, maka kotoran akan berjalan keluar dan jatuh. 

Akan tetapi, penggunaan cotton bud ataupun jari yang sering dimasukkan ke telinga, dapat menyebabkan kotoran terdorong ke dalam. Hal inilah yang membuat kotoran telinga tidak dapat keluar dengan sendirinya dan terperangkap di dalam telinga. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara membersihkan telinga yang benar dan salah. Pada dasarnya telinga tidak perlu untuk dibersihkan karena kotoran telinga dapat keluar dengan sendirinya. Selain itu, kotoran telinga yang terlalu sedikit juga dapat menyebabkan infeksi karena tidak ada yang mencegah memasukkan benda asing. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

How to Clean Your Ears (2020) 

Ear Wax Removal 101: The Best (and Safest) Ways to Clear Clogged Ears (2020) 

Tips for Cleaning Your Ears Safely (2020)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi