Bantuan
Free Tele x

Manfaat & Khasiat Daun Sirsak Sebagai Anti Kanker

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 19 Sep 2022

Bagikan

Manfaat & Khasiat Daun Sirsak Sebagai Anti Kanker

Daun Sirsak (Annona muricata) adalah spesies tanaman tropis yang termasuk dalam famili Annonaceae dan terkenal karena memiliki manfaat dan khasiat dalam pengobatan. Dalam dunia medis, daun sirsak digunakan sebagai obat kanker dan pengganti kemoterapi. Annonaceous acetogenins atau yang lebih sering disebut dengan acetogenin yang terkandung di dalam daun sirsak mempunyai manfaat untuk membunuh sel kanker, sehingga daun sirsak dipercaya dapat membunuh sel-sel  kanker. Acetogenin bekerja  dengan  cara  menghambat  sumber energi untuk pertumbuhan kanker.

Daun Sirsak

Daun sirsak (Annona muricata) termasuk salah jenis tanaman herba dari famili Annonaceae yang mempunyai khasiat dan manfaat, khususnya pada kesehatan. Selain sebagai tanaman herbal yang kaya dengan gizi, tanaman ini merupakan bahan obat tradisional yang memiliki banyak khasiat. Daun sirsak juga banyak diolah oleh industri sebagai bahan makanan untuk membuat selai buah, sari buah, sirup, dan dodol sirsak. 

Kandungan Daun Sirsak 

Daun sirsak juga banyak digunakan sebagai obat herbal karena tanaman ini memiliki kandungan yang dapat digunakan sebagai obat untuk penyembuhan maupun pencegahan penyakit. Buah dan daun sirsak mengandung zat aktif seperti lemak, protein, fruktosa, fosfor, besi, kalsium, vitamin A dan vitamin B. Metabolit sekunder yang terkandung di dalam daun sirsak adalah senyawa golongan tanin dan fitosterol. Sirsak juga banyak mengandung mineral fosfor dan kalsium yang sangat penting dalam proses pembentukan tulang, sehingga dapat menghambat osteoporosis.

Daun sirsak mengandung banyak senyawa, di antaranya acetogenins, annocatin, annocatalin, anno exocin, annonacin, annomuricin, annomurine, ananol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, tannin, resin, dan crystallizable magostine serta murica pentosin

Baca juga: Manfaat & Khasiat Keladi Tikus untuk Kanker

Khasiat dan Manfaat

Seluruh bagian sirsak memiliki khasiat dan manfaat yang berbeda-beda dalam mengobati berbagai penyakit, termasuk peradangan, rematik, diabetes, hipertensi dan infeksi parasit. Baik biji dan buah sirsak juga digunakan untuk mengobati infeksi parasit. Sedangkan, daun sirsak digunakan sebagai obat tradisional untuk hipoglikemia, peradangan dan obat pereda kejang. Daun sirsak digunakan pengobatan tradisional anti kanker. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat dari daun sirsak, yaitu:

1. Mengatasi Penyakit Asam Urat (Gout)

Daun sirsak adalah bagian yang paling berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya adalah asam urat. Senyawa dalam daun sirsak ini berfungsi analgesik yang mampu mengatasi gejala nyeri sendi pada asam urat karena bersifat antioksidan. Kombinasi sifat analgesik dan anti inflamasi pada daun sirsak mampu menurunkan asam urat.

2. Mengobati Kista

Daun sirsak dipercaya dapat mengatasi tumor jinak seperti kista pada ovarium. Tumor ini jika tidak ditangani dengan cepat bisa berubah menjadi sel kanker yang mengancam nyawa.

3. Meningkatkan Kesuburan

Pada wanita, mengkonsumsi daun sirsak dapat meningkatkan kesuburan dan memperkuat rahim. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar mendapatkan dosis yang tepat dan terhindar dari efek samping.

4. Menurunkan Berat Badan

Tidak jarang, daun sirsak ini dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Selain dapat meningkatkan kesuburan, daun sirsak juga dapat melancarkan pencernaan sehingga berat badan akan lebih mudah terkontrol.

5. Mengatasi Masalah Jerawat 

Selain bermanfaat bagi kesehatan, tentunya daun sirsak ini juga sangat bermanfaat bagi kulit. Misalnya, daun sirsak dapat mengatasi masalah jerawat karena memiliki antioksidan yang berkemampuan mengatasi peradangan dan membunuh bakteri.

Daun Sirsak sebagai Anti Kanker

Seperti yang kita telah ketahui, daun sirsak memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ini bertindak sebagai imunomodulator, yaitu zat yang dapat menguatkan sel-sel yang sehat untuk menghadang kanker. Senyawa aktif yang sudah berhasil diidentifikasi sebagai anti kanker yang berasal dari daun sirsak antara lain adalah tanin, flavonoid glikosida, stigmasterol, dan inhibitor histone deacetylase (HDAC). Acetogenins pada daun sirsak dapat digunakan untuk melawan penyakit kanker dengan menghambat ATP (adenosina trifosfat). Maka dari itu, daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati, payudara, pankreas, dan prostat. Namun, konsultasikan dahulu dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi daun sirsak ini.

Demikian informasi mengenai khasiat dan manfaat daun sirsak yang dapat tim aido sampaikan, semoga bermanfaat.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Apakah Tumor Jinak Bisa Menjadi Kanker?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi
  1. Kurniasih, N., et.al. (2015). Potensi Daun Sirsak (Annona Muricata Linn), Daun Binahong (Anredera Cordifolia (Ten) Steenis), Dan Daun Benalu Mangga (Dendrophthoe Pentandra) Sebagai Antioksidan Pencegah Kanker. 9(1): 1979-8911. Diakses 2022.

  2. Irfa, R dan Fatriyadi, J. (2016). Studi Pustaka Khasiat Daun Sirsak (Annona muricata)dalam Menurunkan Nyeri pada Pasien Gout Arthritis. Majority: 5(3). Diakses 2022.

  3. Yajid, A. I., Ab Rahman, H. S., Wong, M., & Wan Zain, W. Z. (2018). Potential Benefits of Annona muricata in Combating Cancer: A Review. The Malaysian journal of medical sciences : MJMS, 25(1), 5–15. Diakses 2022.

  4. Gavamukulya, Y. et.al. (2017). Annona muricata: Is the natural therapy to most disease conditions including cancer growing in our backyard? A systematic review of its research history and future prospects. Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, 10(9), 835-848, ISSN 1995-7645. Diakses 2022.

  5. Katadata.co.id. 2021. Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita, Mengatasi Jerawat Sampai Sel Kanker. Diakses 2022.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami