Bantuan
Bantuan

Sering Dijadikan Kambing Hitam, Ternyata Fungsi Karbohidrat Penting Bagi Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Jan 2022

Bagikan

Sering Dijadikan Kambing Hitam, Ternyata Fungsi Karbohidrat Penting Bagi Tubuh

Sudahkah Anda tahu apa fungsi karbohidrat bagi tubuh? Mungkin banyak dari Anda yang sering mendengar istilah diet karbo atau menghindari karbohidrat untuk mendapatkan tubuh sehat. Walaupun sering dihindari bagi mereka yang diet, namun karbohidrat ternyata memiliki fungsi yang penting bagi tubuh manusia. 

Baca Juga: Ketahui Jenis Karbohidrat, Manfaat, serta Berbagai Sumber Makanannya

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

Lalu apa sebenarnya fungsi karbohidrat bagi tubuh? Untuk mengetahui jawabannya, Anda wajib menyimak beberapa penjelasan di bawah ini. 

  1. Menjadi sumber energi bagi tubuh

Fungsi karbohidrat yang paling pertama yaitu sebagai sumber energi bagi tubuh. Ketika Anda mengonsumsi karbohidrat, maka akan dipecah menjadi gula dan diserap dan masuk ke aliran darah. Berkat hal inilah, Anda dapat bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari tanpa gangguan. Selain sebagai pemasok utama energi, karbohidrat juga akan disimpan sebagai cadangan energi. Cadangan ini akan digunakan ketika tubuh merasa energi yang diperlukan sudah tidak cukup. 

Baca Juga: Apakah Pasien Diabetes Harus Menghindari Makanan yang Mengandung Karbohidrat?

  1. Menjaga massa otot

Fungsi lain dari karbohidrat bagi tubuh yang dapat menjaga massa otot. Hal ini karena karbohidrat yang berlebih beberapa akan disimpan sebagai cadangan glukosa di otot. Glukosa sangat dibutuhkan oleh otot untuk dapat bekerja dengan baik. Apabila Anda kekurangan cadangan glukosa, maka otot akan mengambil protein untuk dijadikan energi. padahal protein merupakan pembentuk massa otot yang penting, Oleh karena itu, jika kondisi ini terjadi terus menerus maka massa otot akan terus berkurang. 

  1. Mengendalikan berat badan

Sudah sempat disinggung sebelumnya, bahwa karbohidrat sering dijadikan musuh bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Namun sebenarnya, karbohidrat juga dapat menurunkan berat badan. Akan tetapi, karbohidrat yang perlu Anda konsumsi merupakan karbohidrat kompleks seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan dan roti gandum. Hal ini karena, beberapa makanan tersebut memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga porsi makan Anda akan semakin sedikit. 

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Tahukah Anda, ternyata karbohidrat juga berfungsi menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena, serat yang merupakan kelompok karbohidrat sangat baik untuk sistem pencernaan. Pasalnya, serat larut akan meningkatkan konsistensi feses dan juga frekuensi buang air besar bagi penderita sembelit. Sedangkan untuk serat tidak larut akan langsung melewati sistem pencernaan. Kondisi ini sangat membantu pergerakan kotoran yang ada di  dalam usus

  1. Menjaga Fungsi Otak

Fungsi karbohidrat yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu mampu menjaga fungsi otak. Hal ini karena otak membutuhkan energi yang berguna untuk mengaktifkan sel-sel dalam otak. Dalam hal ini, karbohidrat merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh otak. Oleh karena itu, penting untuk Anda selalu mencukupi asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Baca Juga: Memahami Ragam Fungsi Karbohidrat bagi Kesehatan Tubuh Manusia

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang memiliki peran sangat penting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, kesehatan jantung haruslah selalu dijaga agar terhindar dari berbagai penyakit. Anda bisa menjaga kesehatan jantung dengan cara mengonsumsi karbohidrat kompleks. Pasalnya, kandungan serat dalam karbohidrat kompleks akan melewati usus kecil dan mengikat empedu sehingga mencegahnya terserap kembali. Hal ini karena empedu terbuat dari kolesterol yang ada di dalam darah sehingga dapat membahayakan jantung. 

  1. Menjadi penentu indeks glikemik

Fungsi karbohidrat yang terakhir yaitu sebagai penentu indeks glikemik. Indeks glikemik itu sendiri merupakan indikator yang menentukan seberapa cepat gula atau karbohidrat dapat diserap oleh tubuh. Apabila suatu makanan memiliki indeks glikemik yang tinggi, maka makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, ketika makanan memiliki indeks glikemik yang rendah, maka semakin lambat gula darah naik. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai fungsi karbohidrat yang perlu Anda ketahui. Perlu diperhatikan, bagi Anda yang sedang melakukan diet karbohidrat sebaiknya tidak melakukannya secara ekstrem. Pasalnya, diet karbohidrat terlalu ekstrem berisiko menyebabkan gangguan lainnya. Namun Anda juga tidak boleh mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan, karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti obesitas. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Pearson, Keith. 2017. What Are the Key Functions of Carbohydrates? 
  2. Richards, Loisa. 2020. What do carbohydrates do?
Bagikan artikel ini