Bantuan
Free Tele x

10 Makanan Sehat yang Dapat Mencegah Kanker

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 15 Sep 2022

Bagikan

Jenis-Jenis Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker

Pola makan yang tidak sehat dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Anda dapat mencoba beberapa makanan sehat ini untuk membantu mencegah kanker. Tak hanya kanker, makanan ini juga baik untuk penyakit jantung dan diabetes.

 

Telah terbukti bahwa perkembangan kanker telah terbukti dipengaruhi oleh pola makan. Banyak sekali jenis makanan mencegah kanker yang mudah ditemukan. Artikel ini akan membahas 10 asupan makanan bernutrisi untuk pencegahan penyakit kanker.

Mencari daftar makanan mencegah kanker? Tambahkan 10 makanan ini ke keranjang Anda.

  1. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa tanaman yang ditemukan dalam sayuran silangan yang diyakini memiliki sifat antikanker yang kuat. Memasukkan brokoli pada menu makan Anda beberapa kali saja dalam per minggu dapat memberikan beberapa manfaat melawan kanker.

  1. Wortel

Wortel banyak diperbincangkan dapat menurunkan risiko jenis kanker tertentu, seperti kanker perut, paru-paru, dan prostat. Tambahkan wortel ke menu makan Anda setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk meningkatkan asupan nutrisi dan potensi mengurangi risiko kanker.

  1. Kacang Polong

Kacang polong mengandung serat tinggi, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu melindungi dari kanker kolorektal. Orang yang sering mengonsumsi lebih banyak kacang polong cenderung memiliki penurunan risiko tumor dan menghambat perkembangan sel kanker hingga 75%. Tingkatkan asupan serat dari kacang polong beberapa kali setiap minggu untuk membantu penurunan risiko terkena kanker.

  1. Buah beri

Buah beri memiliki sifat antioksidan yang kaya akan anthocyanin sehingga dapat menurunkan risiko kanker. Buah beri ini merupakan makanan mencegah kanker yang dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker sebesar 7%. Anda dapat memilih satu atau dua porsi buah raspberry hitam beku atau pun kering dalam diet Anda setiap hari agar dapat membantu menghambat perkembangan kanker.

  1. Kayu Manis

Kayu manis dikenal dengan kandungannya yang mampu meredakan peradangan dan menurunkan gula darah. Selain itu, kayu manis juga dapat membantu menghambat penyebaran sel kanker. Anda dapat menambahkan kayu manis sebanyak 1/2-1 sendok teh (2-4 gram) per hari untuk mencegah kanker, menurunkan gula darah dan mengurangi peradangan.

  1. Kacang-kacangan

Berbeda dengan kacang polong, kacang yang dimaksudkan disini adalah kacang yang berasal dari pohon-pohonan seperti walnut dan hazelnut. Jenis kacang ini dapat menurunkan risiko kanker kolorektal, pankreas dan endometrium. Ajaibnya, kacang juga dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker. Tambahkan kacang dalam menu makan Anda setiap hari untuk pencegahan kanker di masa depan. 

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat menjadi salah satu pilihan asupan yang dapat membantu melindungi Anda dari kanker. Mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah banyak memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Asupan minyak zaitun yang lebih tinggi juga dapat menurunkan tingkat terjadinya kanker kolorektal. Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun pada bumbu saat memasak daging dan ikan atau menaburkannya di atas salad dan sayuran.

  1. Kunyit

Kunyit adalah jenis rempah-rempah yang terkenal akan khasiatnya yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Curcumin adalah bahan aktif dalam kunyit yang dapat memberikan efek anti-inflamasi, antioksidan, dan bahkan antikanker. Curcumin juga ditemukan mengurangi penyebaran sel kanker usus besar dan membantu membunuh sel kanker di kepala dan leher, serta efektif dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, payudara dan prostat. 

Kunyit akan efektif jika dikonsumsi setidaknya 1/2–3 sendok teh (1–3 gram) kunyit bubuk per hari. Tambahkan kunyit sebagai penambah rasa alami pada makanan Anda dan padukan dengan lada hitam agar meningkatkan penyerapannya.

  1. Buah Jeruk

Konsumsi buah jeruk, lemon, limau dan jeruk bali dapat menurunkan risiko kanker yang lebih rendah. Makanlah buah jeruk setidaknya tiga buah per minggu untuk mengurangi risiko kanker perut dan pankreas.

  1. Biji rami atau flaxseed

Biji rami atau flaxseed memiliki kandungan serat yang tinggi, serta lemak yang baik untuk jantung, menjadikannya makanan tambahan yang sehat untuk diet Anda. Selain itu, biji rami memiliki manfaat yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan kanker dan membantu membunuh sel-sel kanker. 

Tambahkan satu sendok makan (10 gram) biji rami ke dalam makanan Anda setiap hari, anda dapat mencampurkannya ke dalam minuman smoothie atau menaburkannya di atas sereal dan yogurt.

Demikian informasi mengenai makanan sehat untuk mencegah kanker yang dapat tim aido sampaikan, semoga bermanfaat.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Apakah Tumor Jinak Bisa Menjadi Kanker?

Referensi
  1. HelpGuide. 2022. Cancer Prevention Diet. Diakses 2022.

  2. Cancer Council Victoria. Eat a healthy diet. Diakses 2022.

  3. Md Anderson Cancer Center. 36 foods that may help lower your cancer risk. Diakses 2022.

  4. Healthline. 2017. 13 Foods That Could Lower Your Risk of Cancer. Diakses 2022.

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami