Bantuan

Konsumsi Makanan Penyembuh Asam Urat ini agar Tidak Kambuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 31 Mar 2022

Bagikan

Makanan penyembuh asam urat

Makanan penyembuh asam urat merupakan beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat. Dengan mengonsumsi makanan ini, maka para penderita penyakit asam urat akan lebih leluasa beraktivitas karena asam urat kambuh dapat dicegah. Namun, apakah Anda tahu apa saja makanan penyembuh asam urat tersebut? 

Asam Urat

Asam urat itu sendiri merupakan suatu kondisi di mana munculnya gejala nyeri, pembengkakan dan juga sensasi panas di area sendi. Hal ini terjadi karena asam urat di dalam tubuh dalam keadaan tidak normal. Ketika asam urat berlebihan, maka akan sulit dikeluarkan melalui urine dan akhirnya menumpuk pada persendian membentuk kristal asam urat. Kondisi inilah yang memicu munculnya berbagai gejala tersebut. 

Makanan Penyembuh Asam Urat

Bagi penderita asam urat, tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Pasalnya, ada beberapa makanan yang justru meningkatkan kadar asam urat sehingga asam urat kambuh. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Berikut ini beberapa makanan penyembuh asam urat yang bisa Anda konsumsi agar tidak kambuh. 

  1. Ikan salmon

Makanan penyembuh asam urat yang bisa Anda konsumsi yang pertama yaitu ikan salmon. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan omega-3 di dalam ikan salmon mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Tidak hanya itu, ikan salmon juga mampu menurunkan asam urat serta kolesterol di dalam tubuh. Akan tetapi, selain ikan salmon justru meningkatkan asam urat di dalam tubuh. 

  1. Buah berry

Makanan penyembuh asam urat yang selanjutnya yaitu berasal dari kelompok buah berry. Beberapa buah dalam kelompok berry yaitu blueberry, raspberry, strawberry dan cranberry. Di dalam berbagai buah berry ini terdapat kandungan vitamin C dan juga nutrisi yang baik lainnya. Tidak hanya itu, kandungan fruktosa yang harus dihindari penderita asam urat pun sangat rendah. 

  1. Pisang

Selain kelompok buah berry, Anda juga bisa mengonsumsi pisang untuk mencegah asam urat kambuh. Hal ini karena, pisang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi sehingga mencegah pembentukan kristal asam urat. Tidak hanya itu kalium ini juga akan mencegah pengerasan kristal sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan oleh ginjal. Cukup konsumsi satu hingga dua pisang sehari untuk mendapatkan manfaatnya. 

  1. Kacang-kacangan

Kacang- kacangan merupakan makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Dalam sebuah riset disebutkan bahwa protein nabati lebih baik dari protein hewani pada penderita asam urat. Selain itu, kandungan asam folat dalam kacang-kacangan dipercaya efektif menurunkan kadar asam urat. Beberapa kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi yaitu kacang polong dan kacang pinto. 

  1. Kiwi

Makanan penyembuh asam urat yang selanjutnya merupakan buah yang terkenal dengan bulu-bulu alusnya yaitu kiwi. Hal ini karena di dalam buah kiwi terdapat kandungan vitamin C, lutein dan likopen yang berperan sebagai antioksidan dan anti radang. Tidak hanya itu, buah yang satu ini juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, folat dan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 

  1. Apel

Tidak hanya buah kiwi, Anda juga bisa mengonsumsi buah apel sebagai penyembuh asam urat. Hal ini karena, di dalam buah apel terdapat kandungan zat asam malat yang dapat menetralkan asam urat. Asam malat ini juga akan membantu membuang asam urat melalui urine. Tidak hanya itu, buah apel ini juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. 

  1. Sayur-sayuran 

Makanan penyembuh asam urat yang bisa Anda konsumsi terakhir yaitu sayur-sayuran. Sudah bukan rahasia lagi, sayur-sayuran merupakan makanan yang menyehatkan. Akan tetapi, ada beberapa sayuran yang perlu dihindari bagi penderita asam urat. Beberapa sayur-sayuran tersebut yaitu asparagus dan bayam. Sebaiknya Anda mengonsumsi, brokoli ataupun tomat sebagai penggantinya. 

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai berbagai makanan penyembuh asam urat yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang tidak memiliki masalah pada asam urat, sebaiknya jaga kesehatan mulai detik ini dengan menerapkan pola makan sehat dan pola hidup sehat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Makanan yang Baik untuk Asam Lambung? Ini Jawabannya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Wong, Cathy. 2021. Using Natural Remedies for Gout. https://www.verywellhealth.com/natural-remedies-for-gout-89225

Sampson, Stacy. 2019. Natural Home Remedies for Gout. https://www.healthline.com/health/gout/home-remedies 

Zelman, David. 2021. Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid. https://www.webmd.com/arthritis/gout-diet-curb-flares

WebMD. 2021. Best (and Worst) Foods for Gout. https://www.webmd.com/arthritis/ss/slideshow-gout-diet

 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang