Ketahui Fungsi Bronkus dan Penyakit yang Mengintainya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 19 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Fungsi Bronkus dan Penyakit yang Mengintainya

Fungsi bronkus cukup vital bagi sistem pernapasan manusia karena bronkus merupakan tempat pertukaran udara dan keluarnya udara dari dalam tubuh. Selain itu, bronkus juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga jika fungsi bronkus terganggu, biasanya Anda akan lebih mudah terserang oleh penyakit. Namun tahukah Anda apa saja fungsi bronkus dan penyakit yang mengintainya? Mari cari tahu di sini.

Apa Itu Bronkus?

Bronkus merupakan cabang batang tenggorokan yang terletak sebelum paru-paru, setelah trakea dan terletak di rongga dada. Bronkus juga dikenal sebagai percabangan primer dari sistem pernapasan manusia yaitu trakea (tenggorokan) yang susunannya terdiri dari tulang rawan, otot polos, dan selaput lendir. Dinding bronkus cenderung lebih tipis daripada trakea dan memiliki dua cabang. Cabang bronkus sebelah kiri lebih panjang, sempit, dan mendatar sedangkan bronkus sebelah kanan lebih curam, pendek, dan lebar.

Fungsi Bronkus

Fungsi bronkus yang paling penting ialah sebagai salarun pengantar udara ke paru-paru atau pertukaran oksigen dengan karbondioksida. Sehingga jika bronkus terganggu, penderitanya akan mengalami sesak napas dan beberapa kondisi lainnya. Berikut beberapa fungsi bronkus yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Memastikan oksigen masuk ke dalam tubuh

Sebagai tempat pertukaran udara, fungsi bronkus ialah mengatur jumlah oksigen yang masuk ke seluruh tubuh dan mengatur jumlah karbondioksida yang dikeluarkan oleh paru-paru. Fungsi bronkus cukup penting bagi sistem pernapasan manusia untuk memastikan bahwa udara yang mengandung oksigen benar-benar telah dialirkan ke seluruh tubuh secara optimal. Dengan begitu organ vital seperti otak dan jantung bisa berfungsi dengan baik.

  1. Menyaring partikel asing 

Fungsi bronkus yang tidak kalah penting ialah untuk menyaring partikel asing masuk ke paru-paru, agar kualitas udara yang masuk ke paru-paru dan seluruh tubuh tetap terjaga. Melalui selaput lendir, partikel kotor dan penyebab penyakit bisa tersaring dengan baik sehingga tidak menimbulkan infeksi virus, bakteri, maupun jamur. Ini karena selaput lendir bisa menonaktifkan infeksi dan mampu mengembang serta mengempis untuk mencegah partikel asing masuk ke paru-paru.

  1. Menghubungkan saluran pernapasan dengan paru-paru

Dalam hal ini udara yang mengandung oksigen akan diantarkan ke alveolus melalui bronkus.  Selanjutnya di alveolus akan terjadi pertukaran udara antara oksigen yang akan dialirkan ke seluruh tubuh dengan karbondioksida yang akan dikeluarkan melalui paru-paru. Setelah proses pertukaran udara pada alveolus selesai, bronkioluslah yang selanjutnya akan mendorong udara yang mengandung karbondioksida keluar dari paru-paru.

Penyakit yang Mengintai Bronkus

Pentingnya fungsi bronkus bagi sistem pernapasan manusia, maka penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa penyakit yang mungkin mengintai bronkus. Hal ini perlu Anda ketahui agar terhindar dari beberapa penyakit yang menyebabkan fungsi bronkus terganggu. Berikut beberapa penyakit yang bisa mengintai bronkus, di antaranya:

  • Bronkitis

Bronkitis merupakan infeksi virus yang biasanya menyerang perokok dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Kondisi ini terjadi saat bronkus mengalami pembengkakan dan meradang yang disertai dengan batuk berdahak. Jika Anda mengalami tanda-tanda bronkitis, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar tidak berkembang menjadi penyakit kronis.

Baca Juga: Bronkitis Akut: Penyebab, Gejala, & Cara Mengobati

  • Bronkospasme

Bronkospasme merupakan suatu kondisi bronkus mengecil saat Anda melakukan beberapa aktivititas berat, seperti olahraga berat yang mampu merangsang reaksi asma. Gejala bronkospasme yang perlu Anda ketahui ialah batuk, dada seperti tertekan atau sesak, dan napas bunyi seperti siulan. Jika Anda mengalami penyakit ini, gejalanya biasanya muncul 5 hingga 20 menit setelah Anda melakukan olahraga berat.

  • Bronkiektasis

Bronkiektasis merupakan kerusakan atau pelebaran permanen yang terjadi pada bronkus dan saluran pernapasan. Penyakit ini bisa terjadi karena dinding bronkus membesar dan mengalami luka. Gejalanya bisa Anda ketahui jika Anda mengalami sesak napas yang terjadi secara tiba-tiba. Jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya Anda berhati-hati dan segera mencari pertolongan medis.

Baca Juga: Bronkiektasis: Penyebab, Gejala, & Cara Mengobati

Bronkus memiliki banyak fungsi penting dalam sistem pernapasan manusia. Setelah Anda mengetahui beberapa fungsi bronkus di atas, diharapkan Anda bisa lebih aware dalam menjaga kesehatan bronkus dari beragam penyakit yang sering mengintainya. Dengan begitu fungsi bronkus bisa tetap terjaga dan sistem pernapasan Anda tetap berjalan dengan lancar.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber: 

Cleveland Clinic: Bronchi. 2021.

Helathine: Bronchi. 2018.

 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi