Bantuan
Free Tele x

KENALI LATIHAN PERNAPASAN METODE BUTEYKO

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 21 Apr 2021

Bagikan

Masalah kesehatan pernapasan merupakan salah satu hal yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Asma, penyakit paru obstruktif kronis, pneumonia, serta menyakit lainnya perlu ditangani dengan berbagai pilihan pengobatan, baik dengan konsumsi obat-obatan maupun dengan tata laksana tertentu. Salah satu cara meningkatkan kualitas kerja sistem pernapasan adalah dengan latihan pernapasan.

Apa itu latihan pernapasan?

Latihan pernapasan adalah suatu bentuk olahraga atau latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sistem pernapasan dengan memperkuat otot-otot pernapasan, meningkatkan ventilasi atau proses dihirupnya oksigen dan pembuangan karbon dioksida dari dalam tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh. 

Latihan pernapasan seringkali dimanfaatkan untuk program rehabilitasi paru. Banyak metode yang saat ini digunakan untuk latihan pernapasan, menyesuaikan dengan tujuan dari latihan yang dilakukan. Salah satu latihan pernapasan yang cukup terkenal adalah latihan pernapasan metode Buteyko.

Latihan Pernapasan Buteyko

Latihan pernapasan metode Buteyko adalah latihan yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1950 dengan tokohnya bernama dr. Konstantin Buteyko. Beliau merupakan dokter Rusia yang membuat postulat bahwa asma adalah penyakit atau gangguan yang disebabkan oleh ventilasi atau proses bernapas yang terjadi secara berlebihan. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangkan kadar udara yang dihirup dan yang diembuskan.

Manfaat Latihan Pernapasan Buteyko

Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan melakukan latihan ini, khususnya jika kamu menderita penyakit asma. Manfaat ini meliputi:

  1. Meningkatkan nilai kapasitas paru, yaitu kemampuan paru-paru untuk menampung udara secara optimal saat bernapas.

  2. Menurunkan atau memperbaiki gejala asma.

  3. Mengurangi ketergantungan obat pada penderita asma.

  4. Meningkatkan toleransi tubuh dalam berolahraga sehingga sangat cocok bagi olahragawan untuk meningkatkan kinerja dan latihan.

  5. Mengurangi produksi lendir yang menyebabkan penyempitan pada saluran pernapasan

  6. Memudahkan batuk, sebab dengan latihan metode Buteyko saluran pernapasan tetap terbuka.

  7. Meningkatkan kualitas hidup. 

  8. Dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa pengawasan maupun peralatan, sehingga memudahkan kamu untuk mandiri dalam mengelola kondisi tubuhmu.

Cara Melakukan Latihan Pernapasan Metode Buteyko

Latihan Buteyko sebenarnya membantu kamu untuk dapat bernapas dengan benar dalam situasi asma. Hal ini dapat mencegah terjadinya perkembangan siklus pernapasan berlebihan yang menimbulkan sesak, mengi, atau batuk. Ketika kamu bernapas dengan tenang dan hanya melalui hidung, pasokan oksigen bagi jaringan dan organ tubuhmu menjadi lebih baik, termasuk bagi otak.

Durasi untuk latihan ini beragam, tetapi kamu dapat mencobanya dalam waktu minimal 30 menit dalam satu sesi. Dalam latihan ini, kamu akan mencoba untuk mengurangi frekuensi bernapas dengan mengkombinasikan peningkatan kerja otot pada perut dan merelaksasi otot-otot bantu napas. Hal ini membantu menurunkan usahamu dalam bernapas dan meningkatkan kerja diafragma. Pada akhirnya, jumlah udara yang terperangkap di dalam paru-paru dapat berkurang.

Dalam durasi minimal 30 menit, kamu akan melatih bernapas dengan menghirup udara secara perlahan, kemudian menahan napas panjang secara berulang sebelum mengembuskannya kembali dengan durasi waktu tertentu yang bertahap. Hal ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu dan memungkinkan terjadinya pertukaran udara dalam paru-paru yang baik.

Dengan rutin melakukan latihan pernapasan dengan metode Buteyko, kamu diharapkan dapat menghirup cukup udara dengan melakukan pernapasan dalam dan mendapatkan lebih banyak oksigen. Pastikan frekuensi bernapasmu 8-12 kali dalam 1 menit untuk mencapai hal tersebut. Bernapas cepat dan pendek menyebabkan kurangnya karbon dioksida dalam tubuh, sehingga dapat memicu kondisi yang disebut dengan alkalosis atau kondisi cairan tubuh yang terlalu basa.


Referensi:

https://medical-dictionary.thefreedictionary.com/breathing+exercise

https://www.buteykobreathing.org/#:~:text=What%20is%20the%20Buteyko%20Breathing,asthma%20but%20a%20complementary%20technique.

https://www.physio.co.uk/treatments/respiratory-treatment/buteyko-breathing-technique.php#:~:text=Reduced%20mucus%20production%20%E2%80%93%20this%20reduces,this%20reduces%20reliance%20on%20medication

https://innovativemedicine.com/short-guide-breathing-right-buteyko-breathing-method/

Warsono, Fahmi FY. Peran latihan pernafasan terhadap nilai kapasitas vital paru pada pasien asma (literature review). Jurnal Care. 2016; 4(3): 132-138.

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami