Bantuan

Selalu Telat Datang Bulan? Ini Dia Cara Mempercepat Haid yang Aman

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Mar 2022

Bagikan

olahraga

Pernahkah Anda bertanya apakah ada cara mempercepat haid yang aman? Hal ini mungkin banyak dicari oleh Anda yang sering mengalami telat datang bulan. Terutama bagi Anda yang sedang memiliki agenda penting seperti liburan atau ibadah, tentunya haid yang tidak menentu akan menjadi masalah. Oleh karena itu, banyak yang akhirnya mencari cara agar datang bulan cepat datang. 

Cara Mempercepat Haid

Lantas apakah ada cara yang aman agar mempercepat haid? Mari temukan jawabannya pada penjelasan di bawah ini. 

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Cara mempercepat haid yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan menjaga berat badan ideal. Pasalnya, kelebihan ataupun kekurangan berat badan sama-sama bukanlah hal yang baik dan dapat memengaruhi proses ovulasi. Apabila proses ovulasi tidak kunjung terjadi, maka haid atau menstruasi juga tidak akan kunjung tiba. Oleh karena itu, menjaga berat badan ideal merupakan salah satu cara yang efektif dalam mempercepat haid yang aman. 

  1. Mengurangi Stres

Stres merupakan salah satu hal yang menyebabkan siklus haid menjadi kacau. Pasalnya,  saat Anda stress maka sistem kerja hormon di otak dan juga darah akan terganggu. Selain itu, stres juga menyebabkan produksi hormon kortisol akan meningkat dalam jumlah besar. Kondisi ini akan menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron yang berfungsi dalam menjaga siklus haid tetap sesuai dengan jadwal. Oleh karena itu,  jika Anda ingin mempercepat haid maka kurangilah stres

  1. Berhubungan Seksual

Cara mempercepat haid yang bisa Anda lakukan dengan aman selanjutnya yaitu berhubungan seksual baik dalam bentuk penetrasi ataupun tidak. Pasalnya, rangsangan yang terjadi saat berhubungan seksual dapat menyebabkan serviks membesar dengan sendirinya. Kondisi ini akan membuat rahim berkontraksi untuk membuat ruang kosong sehingga dapat menjadi kesempatan untuk rahim meluruhkan lapisannya. Tidak hanya itu, hubungan seksual yang teratur juga dapat mengurangi stres sehingga dapat membantu siklus haid berjalan lancar. 

  1. Rutin Berolahraga

Tahukah Anda, ternyata berolahraga juga dapat Anda lakukan untuk mempercepat datangnya haid. Pasalnya, olahraga dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh yang akan membuat siklus haid berjalan sesuai jadwalnya. Namun perlu diperhatikan, olahraga yang dilakukan cukup olahraga yang ringan seperti jogging, jalan santai, atau berenang. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat melepaskan hormon dopamin atau hormon yang membuat Anda merasa bahagia. 

  1. Mengonsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C dipercaya akan menurunkan kadar progesteron dan meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan  uterus atau rahim akan berkontraksi sehingga dinding rahim pun luruh. Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin C bisa menjadi salah satu cara dalam mempercepat datangnya haid. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C baik dari buah segar ataupun suplemen vitamin C. Namun perlu diingat, janganlah mengonsumsi vitamin C terlalu banyak, karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. 

  1. Mengonsumsi Beberapa Makanan

Cara mempercepat haid yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Beberapa makanan yang dipercaya dapat mempercepat datangnya haid yaitu pepaya, labu dan wortel. Dalam 3 makanan tersebut terdapat kandungan karoten yang akan merangsang terjadinya menstruasi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan lainnya seperti, nanas yang memiliki kandungan bromelin yang dapat memengaruhi hormon estrogen dan lainnya. 

  1. Mengurangi Aktivitas Berat

Cara mempercepat haid yang aman terakhir yaitu dengan mengurangi aktivitas fisik yang berat. Pasalnya, aktivitas fisik yang terlalu berat dapat menyebabkan turunnya kadar estrogen di dalam tubuh. Oleh karena itu, banyak wanita yang berprofesi sebagai atlet mengalami haid yang telat datang. Jadi, bagi Anda yang ingin mempercepat haid sebaiknya mulailah mengurangi aktivitas fisik yang berat seperti olahraga angkat beban atau mengangkat benda-benda yang berat.

Itulah beberapa cara mempercepat haid yang aman untuk Anda lakukan. Apabila setelah melakukan beberapa cara di atas namun haid tetap telat dan tidak teratur, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Tidak Hanya Bad mood, Ini Tanda-Tanda Haid Akan Datang

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Young, Becky. 2019. 12 Natural Ways to Induce a Period. https://www.healthline.com/health/womens-health/induce-period#natural-treatments

Healthline. 2018. Why Is My Period Late: 8 Possible Reasons. https://www.healthline.com/health/womens-health/why-is-my-period-late#stress

MDHealth. 8 Tips on Making Period Come Faster. https://www.md-health.com/How-To-Induce-Your-Period.html

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang