Bantuan

Kenali Beberapa Penyebab Haid Tidak Teratur Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Nov 2021

Bagikan

Kenali Beberapa Penyebab Haid Tidak Teratur Berikut Ini

Haid tidak teratur merupakan masalah yang sering dialami oleh kaum wanita. Namun, apakah Anda tahu apa saja yang bisa menyebabkan haid tidak teratur? Penyebab haid tidak teratur bisa bervariasi, salah satunya ialah karena tidak seimbangnya hormon di dalam tubuh. 

Baca Juga: Tanda-tanda Siklus Haid Tidak Normal yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Haid Tidak Teratur

Siklus haid teratur biasanya terjadi antara 28 hingga 36 hari dan terjadi selama 3 sampai 7 hari. Jika Anda mengalami siklus haid tidak teratur atau diluar batas seharusnya, sebaiknya Anda mulai bertanya-tanya dan mengetahui penyebabnya. Berikut beberapa penyebab siklus haid tidak teratur, yang perlu Anda ketahui:

  1. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Pada kondisi serius haid tidak teratur bisa disebabkan oleh adanya kista kecil di dalam indung telur. Kondisi ini bisa menyebabkan hormon testosteron meningkat melebihi batas normal. Selain itu, PCOS juga bisa menyebabkan pelepasan sel telur yang berubah tidak normal. 

  1. Disfungsi tiroid

Disfungsi tiroid pada kelenjar tubuh, bisa menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Kelenjar dalam tubuh memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme tubuh sehingga jika kondisi ini terjadi pada Anda, bisa menyebabkan haid tidak teratur.

  1. Pil KB

Penggunaan pil KB menyebabkan perubahan kadar hormon di dalam tubuh, karena pil KB bekerja dengan memasukan hormon berbeda ke dalam tubuh. Perubahan kadar hormon di dalam tubuh, menyebabkan siklus haid tidak teratur. Meski demikian, efek pil KB ini bisa berbeda antara perempuan yang satu dengan yang lainya.

  1. Menopause 

Siklus haid tidak teratur biasa dialami oleh perempuan yang memasuki fase menopause pada usia 45 hingga 55 tahun sehingga bagi Anda yang mengalami haid tidak teratur dalam fase ini masih dikatakan normal. Hormon wanita pada saat menopause akan mengalami perubahan, salah satunya perubahan pada hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan haid tidak teratur. 

  1. Obat-Obatan 

Penggunaan obat-obatan tiroid, antipsikotik, dan steroid bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur. Bagi Anda yang mengalami siklus haid tidak teratur yang disebabkan oleh penggunaan obat, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter Anda.

  1. Stres

Kondisi mental atau banyaknya beban pikiran bisa mempengaruhi siklus haid tidak teratur. Kondisi ini terjadi karena adanya gangguan keseimbangan pada hormon akibat stres. Stres mempengaruhi otak dalam mengontrol produksi hormon yang berhubungan dengan kesuburan atau haid.

  1. Menyusui

Menyusui merupakan KB alami yang mempengaruhi siklus haid. Ibu menyusui memproduksi hormon prolatin atau hormon yang berfungsi untuk menekan produksi hormon reproduksi, sehingga efeknya ibu menyusui sering mengalami haid tidak teratur atau bahkan tidak haid selama 6 bulan setelah melahirkan.

Baca Juga: Haid Tidak Teratur? Ini Obat Pelancar Haid yang Bisa Anda Konsumsi

Cara mengatasi haid tidak teratur

Haid tidak teratur perlu segera dikonsultasikan dengan dokter dengan dicari tahu penyebabnya, karena beberapa penyebab di antaranya bisa saja di karenakan oleh kondisi serius seperti adanya kista yang perlu segera diatasi. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi siklus haid tidak teratur di antaranya:

  1. Yoga

Yoga merupakan salah satu cara mengatasi haid tidak teratur. Dengan melakukan Yoga selama 35 hingga 40 menit, sebanyak 5 kali dalam seminggu bisa membantu Anda menurunkan kadar hormon penyebab haid tidak teratur. Yoga telah terbukti ampuh mengurangi rasa nyeri ketika haid dan mengurangi depresi yang di sebabkan oleh haid tidak teratur.

  1. Menjaga berat badan

Perubahan berat badan merupakan salah satu pemicu haid tidak teratur.  Perempuan yang memiliki berat badan lebih memiliki resiko haid tidak teratur. Kondisi ini merupakan efek sel-sel lemak terhadap hormon dan insulin. 

  1. Nanas dan Jahe

Nanas dan jahe merupakan cara alami untuk mengatasi siklus haid tidak teratur. Nanas memiliki enzim bromelain yang bisa melunakkan dinding rahim dan melancarkan siklus haid. Selain nanas, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi jahe dengan dicampurkan air teh, untuk melancarkan haid dan mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi. 

Beberapa penyebab haid tidak teratur di atas perlu Anda ketahui, untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan menjadi semakin parah. Jika Anda mengalami haid tidak teratur, segera konsultasikan dengan dokter atau mencoba salah satu cara di atas untuk mengatasinya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Cleveland Clinic: Abnormal Menstruation (no date). 

Brazier, Yvette. What you need to know about irregular periods. 2020.

Tag :
Bagikan artikel ini