Bantuan

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil? Mari Ketahui Bersama-sama

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Mar 2022

Bagikan

susu ibu hamil

Ketika masa kehamilan, kapan sebaiknya minum susu ibu hamil? Bagi pasangan suami istri yang sedang mendambakan buah hati, kehamilan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Asupan nutrisi saat masa kehamilan adalah hal yang penting, dan salah satu cara untuk menjaga agar asupan nutrisi bisa terpenuhi yaitu dengan mengonsumsi susu ibu hamil. Waktu mengenai kapan sebaiknya minum susu ibu hamil akan menentukan apakah asupan nutrisi terserap dengan baik atau malah sebaliknya. 

Apa Itu Susu Ibu Hamil?

Jika Anda sedang dalam masa kehamilan atau berencana untuk hamil dan ingin mengonsumsi susu ibu hamil, pertanyaan mengenai kapan sebaiknya minum susu ibu hamil? adalah hal yang wajib untuk ditanyakan. Namun sebelumnya Anda juga harus memahami tentang susu ibu hamil. Susu ibu hamil adalah susu yang mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. 

Biasanya kandungan utama yang terdapat dalam susu ibu hamil adalah asam folat yang bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak serta kondisi fisik pada bayi sehingga terhindar dari cacat lahir. Adapun kandungan penting lainnya yaitu seperti kalsium, protein, karbohidrat, zat besi, lemak, vitamin, dan sebagainya.

Waktu Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Susu Ibu Hamil

Tahukah Anda kapan sebaiknya minum susu ibu hamil? Hal-hal penting yang harus diperhatikan bukan hanya kandungan susu Ibu hamil yang Anda konsumsi, tetapi waktu yang tepat untuk mengonsumsi susu ibu hamil juga tidak kalah penting. Anda harus paham betul kapan sebaiknya minum susu ibu hamil agar kehamilan Anda tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai rIsiko. Berikut adalah beberapa waktu yang tepat mengenai kapan sebaiknya minum susu ibu hamil:

  1. Mulailah Mengonsumsi Susu Ibu Hamil Sejak Trimester Pertama

Kapan sebaiknya minum susu ibu hamil? Jawaban yang pasti adalah ketika Anda sudah mulai mengetahui kehamilan Anda. Jangan tunggu lama jika Anda sudah mengetahui hasil positif tentang kehamilan, konsumsi lah susu ibu hamil secara teratur mulai dari trimester pertama. Fungsi dan manfaat dari susu ibu hamil bisa dilihat berdasarkan jenis dan kandungan susu yang disesuaikan dengan usia kehamilan Anda. Trimester pertama adalah masa ketika janin Anda mulai berkembang dan membutuhkan banyak asukan nutrisi yang baik.

  1. Hindari Minum Susu Ibu Hamil Langsung Setelah Selesai Makan

Rasa mual adalah hal yang wajar ketika masa kehamilan. Ibu hamil akan menjadi lebih sensitif dalam segala hal, termasuk makanan. Ketika Anda selesai makan, sebaiknya jangan langsung minum susu ibu hamil pada saat itu juga, karena bisa menyebabkan rasa mual Anda kambuh bahkan hingga mengalami muntah-muntah. Berilah jarak minimal sekitar 1-2 jam setelah Anda selesai makan. Agar nantinya nutrisi susu ibu hamil yang akan diserap tidak terhalang oleh makanan pokok yang telah Anda konsumsi sebelumnya. 

  1. Minum Susu Ibu Hamil pada Waktu Malam Hari

Mengonsumsi susu ibu hamil di waktu malam hari mampu meningkatkan kualitas tidur Anda, karena kandungan dalam susu ibu hamil bisa menenangkan dan membuat Anda tidur lebih cepat. Selain itu, aktivitas yang Anda lakukan di malam hari pun tidak sebanyak aktivitas di siang hari. Sehingga tubuh Anda akan lebih mudah mencerna dan menyerap asupan dari susu ibu hamil yang Anda konsumsi. Mengonsumsi susu ibu hamil di malam hari bisa membuat tubuh Anda lebih segar di pagi hari.

Sebenarnya tidak ada aturan mutlak mengenai kapan sebaiknya minum susu ibu hamil. Namun Anda disarankan untuk lebih selektif dalam memilih waktu yang tepat untuk mengonsumsi susu ibu hamil dan harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan aktivitas Anda sehari-hari. 

Hal penting yang perlu Anda ingat yaitu tetap mengimbangi asupan susu ibu hamil dengan asupan nutrisi lainnya. Jangan sampai ketika Anda rutin mengonsumsi susu ibu hamil, tetapi di sisi lain asupan gizi dari makanan pokok tidak diperhatikan, maka usaha Anda akan menjadi sia-sia. Terapkan pula gaya hidup sehat seperti berolahraga yang cukup disesuaikan dengan usia kehamilan Anda, serta pola makan dan pola tidur tidur yang teratur.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ingin Anak Cerdas? Konsumsi Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Boyers, Lindsay. The Advantages of Drinking Milk During Pregnancy. 2019. Available at: https://www.hellomotherhood.com/article/528069-the-advantages-of-drinking-milk-during-pregnancy/ (Accessed: 29 September 2021).

Semrush. What is The Best Time to Drink Milk During Pregnancy (no date). Available at https://www.quora.com/What-Is-the-best-Time-to-Drink-Milk-During-pregnancy (Accessed: 29 September 2021).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang