Bantuan
Free Tele x

Penting untuk Diketahui, Begini Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Feb 2022

Bagikan

Membersihkan karang gigi

Mengetahui cara membersihkan karang gigi secara alami bagi sebagian banyak orang, merupakan hal yang penting. Karang gigi dalam hal ini telah menjadi salah satu permasalahan yang kerap dihadapi oleh banyak orang. Jika dibiarkan, karang gigi ini tidak hanya akan mengganggu penampilan, akan tetapi juga dapat menjadi penyebab terjadinya kerusakan gigi yang lebih parah.

Karang gigi adalah? 

Karang gigi pada dasarnya adalah kotoran yang menempel pada gigi. Kotoran yang melapisi gigi dan juga gusi ini berbentuk endapan kerasa yang terbentuk dari campuran bakteri dan juga sisa-sisa makanan. Campuran ini kemudian menjadi lapisan lengket atau kerap pula disebut dengan plak. 

Apabila diabaikan, karang gigi ini akan berubah menjadi lebih keras dan pada akhirnya membuat warna gigi berubah. Karena bakteri pada karang gigi termasuk jenis yang menghasilkan asam, maka karang gigi juga bisa menyebabkan gigi berlubang. Tidak hanya itu saja, karang gigi juga bisa mengganggu kesehatan gusi Anda dan bahkan beberapa penelitian menghubungkannya dengan risiko penyakit jantung.

Cara mencegah adanya karang gigi

Sebelum membahas mengenai cara membersihkan karang gigi secara alami, terlebih dahulu Anda perlu memahami tentang cara-cara untuk mencegah adanya karang gigi. Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Menjaga kebersihan mulut

Tindakan pencegahan karang gigi pertama yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari ancaman karang gigi itu sendiri adalah dengan menjaga kebersihan mulut. Berkaitan dengan hal ini, Anda sangat dianjurkan untuk rutin menyikat gigi dua kali dalam sehari dan juga menggunakan benang gigi paling tidak sekali dalam sehari. 

  1. Minum air putih 

Agar terhindar dari karang gigi, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah rutin minum air putih. Air putih dalam hal ini dapat menjaga kelembapan mulut sehingga sisa-sisa makanan dapat meluruh dari permukaan gigi Anda.

  1. Menghindari cemilan manis

Cemilan manis yang tidak bernutrisi dan mengandung banyak gula sebenarnya tidak hanya berbahaya bagi tubuh Anda, melainkan juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya karang gigi. Mengapa demikian? Hal ini karena cemilan manis biasanya dapat meningkatkan jumlah bakteri lactobacillus dalam plak gigi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan karies gigi.

  1. Menghentikan kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok ternyata dapat menjadi hal selanjutnya yang mendorong terbentuknya karang gigi. Hal ini karena rokok mengandung bahan kimia yang dapat merangsang terbentuknya karang gigi. Oleh karena itu, cobalah untuk menghentikan kebiasaan ini karena tidak baik untuk kesehatan gigi dan tentunya tubuh secara keseluruhan. 

Cara membersihkan karang gigi secara alami

Setelah mengetahui langkah-langkah mencegah karang gigi, selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan karang gigi secara alami. Berkaitan dengan hal ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yakni sebagai berikut.

  1. Menggunakan benang (flossing)

Cara membersihkan karang gigi secara alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuang karang gigi menggunakan benang atau dental floss. Benang gigi dalam hal ini dapat menjangkau kotoran pada area sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi Anda.

  1. Menggunakan baking soda

Selain menggunakan benang gigi, Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan karang gigi secara alami di rumah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dan garam, kemudian menggunakan kedua bahan tersebut sebagai pasta gigi.

  1. Menggunakan daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang kerap digunakan untuk membersihkan gigi sekaligus mengusir bau mulut yang mengganggu. Untuk ini, Anda hanya perlu menghaluskan selembar daun sirih, satu batang cengkeh, kemudian mengoleskan campuran bahan ini ke gigi Anda. 

  1. Menggunakan minyak kelapa

Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi adalah minyak kelapa. Metode penggunaan minyak kelapa sebagai obat kumur untuk merontokkan karang gigi ini disebut pula sebagai metode oil pulling. Dalam hal ini Anda perlu mencampurkan 1 sendok minyak kelapa dengan air hangat, kemudian berkumur dengannya selama 5 menit. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara mencegah serta cara membersihkan karang gigi secara alami. Memeriksakan gigi secara rutin ke dokter adalah tindakan mengatasi karang gigi terbaik yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari karang gigi. Dengan cara ini, dokter gigi dapat mengambil tindakan terbaik dalam mengatasi karang gigi sesuai dengan tingkat keparahannya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengganggu Penampilan, Berikut Ini Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Frisbee, Evan. 2020. What is Tartar? 6 Tips to Control Buildup. https://www.webmd.com/oral-health/guide/tartar-dental-calculus-overview#1

Cirino, Erica. 2019. How to Remove Plaque. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-plaque

Eske, Jamie. 2019. Removing plaque and tartar from teeth. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324341

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami