Bantuan
Free Tele x

Jangan Sampai Terlewatkan, Gejala Awal Orang Yang Terkena COVID-19 Yaitu?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Jul 2021

Bagikan

Jangan Sampai Terlewatkan, Gejala Awal Orang Yang Terkena COVID-19 Yaitu?

Gejala awal covid-19 ada beragam. Sejak di penghujung tahun 2019 silam hingga saat ini, pandemi COVID-19masih terus menghantui negara kita tercinta. Bahkan dalam waktu beberapa pekanini terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang cukup membuat fasilitas kesehatankewalahan dalam menampung banyak pasien.


Sebagai tindakan pencegahan, mengetahui gejala-gejala seseorangterinfeksi COVID-19 adalah penting saat ini. Dengan mengetahui hal tersebutsedini mungkin, Anda dapat mencegah gejalanya menjadi semakin parah. Ketikaterantisipasi dengan baik, Anda tidak perlu repot-repot atau bahkan kesusahanmenemukan fasilitas kesehatan yang masih tersedia, karena dalam hal ini Andatelah mempersiapkan kemungkinan terburuk bila Anda atau orang terdekatterinfeksi virus penyebab COVID-19. Untuk itu, gejala awal orang yang terkena COVID-19 yaitu sebagai berikutini.

Gejala awal orang terkena COVID-19yaitu?

Terhitung sejak pertama kali virus menginfeksi tubuh seseorang,dibutuhkan waktu sekitar 2 hari sampai 2 minggu agar gejala-gejalanya dapattimbul. Berdasarkan peringatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejaladari COVID-19 ini dapat bervariasi, bisa saja timbul dengan tingkat keparahanyang ringan dan secara bertahap.


Pada umumnya, dan sebagaimana yang telah dibenarkan pula oleh CDC (theCenters for Disease Control and Prevention), gejala awal orang terkena COVID-19adalah sebagai berikut:

  • Demam, yang ditandai dengan suhu tubuh 38derajat selsius atau lebih tinggi.
  • Batuk kering, yang tidak berlendir dan seringberulang paling tidak hingga lebih dari satu jam lamanya atau sebanyak 3 kaliepisode dalam sehari.
  • Meriang dan tubuh menggigil.
  • Sakit kepala yang tak tertahankan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Serta kehilangan indera penciuman dan perasa.


Pada banyak kasus, yakni dengan prevalensi sebesar 41,1% dirasakan pulagejala napas pendek atau kesulitan bernapas. Dalam hal ini, penderita akanmerasa sesak napas, atau kesulitan pada saat menarik napas. Gejala inisejatinya terkategori ke dalam gejala COVID-19 yang cukup darurat.  


Untuk golongan anak-anak, gejalaawal orang terkena COVID-19 yaitu?

Meskipun pada dasarnya gejala telah terinfeksi COVID-19 pada orangdewasa dan anak-anak cenderung sama, namun terdapat sedikit perbedaan mengenaitingkat keparahan infeksi. Dalam hal ini, anak-anak dan remaja cenderungmenampilkan gejala yang lebih ringan dibanding orang dewasa. Hal ini tentumerupakan kabar yang melegakan bagi para orang tua.


Meskipun begitu, sebaiknya Anda tidak lengah dan tetap perhatikan anakAnda, terutama berkaitan dengan gejala awal anak terkena COVID-19 yakni demamdan juga batuk kering. Selain itu, pada kasus COVID-19 yang menyerang anak-anakjuga ditemui beberapa tambahan gejala lainnya seperti:

  • Hidung tersumbat
  • Nyeri otot
  • Hidung berair
  • Muntah-muntah
  • Diare
  • Sakit perut

Pada anak-anak yang mengalami infeksi COVID-19, biasanya prosespenyembuhan berlangsung selama kurang lebih 1-2 minggu, tanpa ada tambahanmasalah lainnya yang berarti. Meskipun begitu, orang tua dalam hal ini harustetap sigap dan waspada dalam mengenali gejala-gejala infeksi virus penyebabCOVID-19, dan segera menghubungi tenaga medis apabila ditemui gejala-gejalayang tidak lazim ataupun cukup parah. 


Mencegah gejala COVID-19

Agar dapat terhindar dari infeksi COVID-19, dan agar Anda dan keluargaterpelihara dengan baik dari gejala-gejala yang mengganggu kesehatan tubuh, adabaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan. Dalam hal ini, Anda hanya perlumelaksanakan protokol kesehatan sebagaimana yang telah diimbau oleh pemerintah,terutama dengan menerapkan 3M yaitu mencuci tangan selama 2 menit, menggunakanmasker dengan baik dan benar, dan juga menghindari tempat-tempat orang banyakberkerumun.


Selain itu, cobalah untuk membiasakan pola hidup sehat sehari-harinya,dengan cara rutin berolahraga, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat danbergizi seimbang, serta menjaga agar istirahat tetap cukup. Anda juga bisamemperkaya diri dengan banyak informasi dan pengetahuan mengenai wabah yangtengah kita hadapi saat ini, agar tahu bagaimana cara mengambil langkah dantindakan yang tepat ketika menghadapinya. 


Akhir kata, marilah kita sama-sama berdoa agar pandemi COVID-19 ini bisasegera berakhir, agar kita semua dapat berkumpul bersama teman dan keluarga,serta menjalankan aktivitas sehari-hari dengan normal sebagaimanabiasanya. 

Cukup sekian informasi dari tim aido, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Obat Herbal Corona Yang Dapat Anda Konsumsi Untuk Mencegah Covid 19

 

Referensi :

  • Centers for Disease Control and Prevention.2020. Coronavirus Disease 2019 in Children.https://www.cdc.gov/mmwr/volumes/69/wr/mm6914e4.htm
  • WHO. 2020. Coronavirus disease (COVID-19).https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19
  • Citroner, George. 2021. COVID-19 Symptoms Usually Show Up in This Order.https://www.healthline.com/health-news/covid-19-symptoms-usually-show-up-in-this-order 
Bagikan artikel ini