Bantuan
Bantuan

Abdomen adalah Organ Penting Dalam Tubuh Manusia, Kenali Anatomi dan Fungsinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Oct 2021

Bagikan

Abdomen adalah Organ Penting Dalam Tubuh Manusia, Kenali Anatomi dan Fungsinya

Abdomen adalah bagian tubuh yang berada di antara panggul dan toraks. Di Indonesia umumnya, abdomen sering disebut perut. Perut memiliki fungsi untuk menyediakan otot-otot penting untuk keseimbangan, postur, pernapasan, dan menampung sistem pencernaan. Sudah mulai tergambarkan mengenai Abdomen adalah organ penting dalam tubuh manusia, bukan? Untuk lebih jelasnya, mari kenali anatomi dan fungsi Abdomen berikut ini.

Anatomi Abdomen

Abdomen berisi semua organ pencernaan, seperti lambung, liver (hati), kantong empedu, pankreas, usus kecil dan besar. Organ-organ ini disatukan dengan menghubungkan jaringan yang memungkinkan untuk organ ini beroperasi dan berkembang satu sama lain. Selain organ tersebut, ginjal dan limpa juga termasuk dalam anatomi Abdomen. Berikut penjelasan rinci anatomi Abdomen.

Ada banyak pembuluh darah penting yang berjalan melalui perut, seperti aorta, vena cava inferior, dan lusinan cabangnya yang lebih kecil. Di bagian belakang, Abdomen terdapat tulang belakang dan otot punggung. Abdomen di bagian depan dilindungi oleh lapisan jaringan tipis dan keras yang disebut fasia. Otot perut dan kulit berada di depan fasia.

  1. Saluran Pencernaan Dan Organ Aksesori

Organ saluran pencernaan terdiri dari usus kecil dan besar, lambung, usus buntu, serta sekum. Lambung bertanggung jawab atas sekresi enzim dan asam lambung yang berfungsi sebagai pencerna produk makanan. Organ aksesori dari saluran pencernaan terdiri atas pancreas, hati, dan kantung empedu. Organ-organ tersebut mengeluarkan berbagai hormon, enzim, dan empedu melalui saluran khusus dalam membantu proses pencernaan.

  1. Limpa

Limpa bertanggung jawab dalam menghilangkan sel darah merah melalui filtrasi aktif dan juga berfungsi sebagai organ limfoid sekunder. Selain itu, limpa juga bertindak memetabolisme hemoglobin yang didapatkan dari sel darah merah tua dan sebagai reservoir sel darah merah. Letak limpa berada di kuadran kiri atas perut atau di belakang lambung. 

  1. Sistem Kemih (Saluran Kencing)

Pembahasan selanjutnya dari anatomi Abdomen adalah sistem kemih. Sistem ini berfungsi sebagai penyaringan dan eksresi limbah dari tubuh dalam betuk urin. Sistem Kemih terdiri dari kandung kemih, ureter, dan ginjal. Beberapa peneliti mengatakan bahwa organ-organ ini dapat juga dianggap sebagai oran panggul karena letaknya di luar peritoneum.

Fungsi Abdomen

Setelah mengetahui berbagai anatomi dari abdomen, Anda  juga perlu mengetahui apa saja fungsi dari abdomen. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari abdomen yang perlu Anda ketahui. 

  1. Postur dan Gerakan

Otot perut atau Abdomen diperlukan untuk gerakan, keseimbangan, dan pemeliharaan keseimbangan. Otot obliques internal dan eksternal, serta transversal yang terletak jauh di dalam perut dapat mempengaruhi postur dengan memberikan dukungan pada tulang belakang selama fleksi lateral dan rotasi, serta membuat tulang belakang stabil saat berdiri. Rectus abdominis berfungsi untuk menekuk tulang belakang ke depan.

  1. Pernapasan

Diafragma adalah otot besar dengan bentuk kubah yang letaknya di dasar paru-paru dan merupakan otot pernapasan yang paling efisien. Otot Abdomen atau otot perut memberi Anda lebih banyak kekuatan untuk mengosongkan paru-paru dan membantu menggerakkan diafragma. Otot ini termasuk dalam otot sternokleidomastoid dan otot skalene yang memiliki fungsi untuk mengangkat tulang rusuk. Biasanya otot bekerja ketika diperlukan usaha yang lebih besar dalam bernapas. 

Dua poin di atas merupakan fungsi utama dari Abdomen. Organ utama yang terletak di abdomen memiliki hubungan dengan pencernaan yang fungsinya dijelaskan sebelumnya. Abdomen melalui otot bantu pernapasan juga diperlukan untuk bernapas. Selain itu, otot-otot tersebut juga terlibat dalam membantu kita untuk bernyanyi, batuk, buang air kecil, buang air besar, muntah, bahkan melahirkan. 

Itulah penjelasan mengenai Abdomen adalah organ penting dalam tubuh manusia, kenali anatomi dan fungsinya. Setiap organ memiliki posisi dan fungsi yang berbeda-beda. Di mana setiap fungsinya memiliki peran penting dalam tubuh kita. Dengan kita mencoba untuk mengenalnya dapat membantu kita untuk menjaga organ-organ ini. Organ yang sehat akan membuat tubuh kita pun sehat. Bagaimana? Anda pasti setuju dengan Abdomen sebagai organ yang penting, bukan?

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Enzim Pencernaan yang Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia

 

Sumber:

Biology Dictionary. 2019. Abdomen. 

Villines, Z. 2020. What are the organs of the body?

Tag :
Bagikan artikel ini