Bantuan
Free Tele x

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Memakai Masker yang Benar untuk Hindari Infeksi Virus

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Memakai Masker yang Benar untuk Hindari Infeksi Virus

Mengetahui cara memakai masker yang benar adalah suatu hal yang penting dan perlu diketahui untuk mencegah terjadinya infeksi, terutama selama masa pandemi COVID 19 ini. Sejak pertama kali pandemi dimulai, masker menjadi salah satu atribut yang diwajibkan penggunaannya selama berada di tempat ramai ataupun saat keluar rumah.

Tentunya, anjuran untuk menggunakan masker setiap ke luar rumah ada bukan tanpa alasan. Dalam hal ini, penggunaan masker diharapkan dapat mencegah masuknya droplet yang mengandung virus penyebab COVID 19 melalui mulut maupun hidung. Nah, agar pemahaman Anda lebih mantap lagi mengenai hal ini, sebaiknya simak terus tulisan ini sampai selesai, ya.


Pentingnya menggunakan masker

Saat seseorang yang terinfeksi virus COVID 19 tidak menggunakan masker, maka ia memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk menyebarkan virus ke orang lain di sekitarnya, baik saat berbicara, batuk, bersin, dan bahkan melakukan kontak langsung, meskipun ia telah menjaga jarak aman. 

Mengapa demikian? Karena saat beraktivitas, pasien positif COVID 19 dapat secara tidak sengaja menyemprotkan cairan mengandung virus ke permukaan benda. Karena virus dapat bertahan selama beberapa saat di permukaan benda, maka orang lain yang secara tidak sengaja menyentuh permukaan benda tersebut memiliki risiko terinfeksi.

Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan masker dalam hal ini dapat mencegah terjadinya penularan hingga 84,3 persen. Angka ini akan semakin tinggi lagi bahkan dapat mencapai 96 persen, manakala penggunaan masker medis ditimpa pula secara double dengan masker kain. Dengan cara ini, tidak akan ada celah yang tersisa, sehingga masuknya droplet dapat semakin diminimalisir.


Cara memakai masker yang benar

Selama ini, mungkin masih banyak yang salah dalam menggunakan masker. Padahal menggunakan masker dengan benar dapat memberikan perlindungan dari virus jauh lebih baik. Lalu bagaimana cara menggunakan masker dengan benar? Berikut ini cara menggunakan masker yang benar.

  1. Mencuci tangan

Sebelum Anda mulai menggunakan atau menyentuh masker, pastikan tangan telah dalam keadaan bersih. Hal ini bertujuan untuk menghindari berpindahnya bakteri atau virus dari tangan ke masker yang hendak Anda gunakan. Oleh karena itu, sebaiknya cucilah tangan menggunakan air mengalir atau cairan antiseptik terlebih dahulu.

  1. Peganglah tali saat menggunakan masker

Cara menggunakan masker yang benar yaitu mulai dari tali. Pada saat Anda ingin menggunakan masker, mulailah dari tali dikaitkan ke daun telinga. Hindari menyentuh bagian luar atau dalam dari masker. Selain itu, pastikan juga masker yang hendak Anda gunakan telah sesuai agar tidak ada celah antara mulut dan masker. 

  1. Posisikan masker

Cara menggunakan masker yang terakhir yaitu memposisikan  masker. Saat Anda menggunakan masker, pastikan bagian yang berwarna berada di bagian luar. Selain itu, ada kawat di bagian atas masker yang perlu Anda tekuk agar tidak ada celah pada masker.

  1. Melepas masker

Sama halnya saat menggunakan, pada saat melepas masker mulailah dari bagian tali. Hindari melepas masker dengan menyentuh bagian luar atau dalam masker, hal ini karena terdapat banyak bakteri, kuman atau virus yang bersarang di sana. Selain itu, masker medis yang digunakan hanya untuk sekali pakai. Jadi, setelah menggunakan masker sebaiknya segera dibuang ke tempat sampah. 


Cara lain dalam mencegah penularan virus

Ternyata, masih ada cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan virus. Lalu, seperti apa cara-cara tersebut?

  • Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

  • Menggunakan alat pelindung diri (APD) lainnya.

  • Menghindari kerumunan dan tetap menjaga jarak.

  • Menerapkan pola hidup sehat.

  • Tetap berada di rumah jika tidak ada aktivitas urgent yang harus dilakukan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan masker yang benar untuk menghindari infeksi virus. Perlu diingat, selama menggunakan masker hindari menyentuh masker (terutama pada bagian luarnya) secara langsung dengan tangan. Apabila tersentuh segeralah untuk mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan antiseptik. Selain itu, apabila masker telah basah baik karena air atau keringat, segeralah cari masker baru untuk menggantinya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

WHO. 2020. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks

CDC. 2021. Your Guide to Masks

Australian Government Department of Health. How to wear a mask.

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami