Mengetahui Alternatif Perawatan Luka Gangren yang Benar

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Mengetahui Alternatif Perawatan Luka Gangren yang Benar

Mengetahui cara perawatan luka gangren yang benar merupakan suatu hal yang penting. Dalam hal ini, luka gangren perlu untuk terus dirawat demi mencegah semakin memburuknya keadaan. Apabila dirawat dengan cara yang tidak benar, maka luka akan sulit menemui kesembuhan, bahkan menimbulkan potensi terjadinya kematian jaringan. 

Nah ternyata cara perawatan luka gangren yang benar ini tidak begitu sulit dan sangat mungkin untuk dilakukan. Nah sebelum membahas mengenai cara perawatan luka gangren yang benar di rumah ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya luka gangren berikut ini. 


Penyebab Gangren

Lalu apa yang menyebabkan munculnya luka gangren? Hal ini dapat terjadi karena disebabkan oleh infeksi, kurangnya asupan darah, dan cedera. Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai penyebab luka gangren tersebut. 

  1. Infeksi

Penyebab luka gangren yang pertama yaitu infeksi yang menandakan bakteri telah lama berkembang. Hal ini tentunya akan menyebabkan jaringan mati dan luka gangren.

  1. Asupan darah yang tidak cukup

Di dalam darah terdapat, gizi yang memberi makan sel, komponen sistem imun,  dan oksigen. Ketika asupan darah tidak tercukupi, maka jaringan sel akan kekurangan nutrisi dan akhirnya membusuk. 

  1. Trauma ataupun cedera

Luka gangren juga dapat disebabkan oleh suatu jenis trauma atau cedera tertentu, seperti luka akibat tertembak. Luka yang disebabkan oleh kecelakaan, hingga luka diabetes. Dari timbulnya luka ini, risiko bakteri menginvasi tubuh akan semakin tinggi. Hal ini kemudian akan membuat jaringan terinfeksi bakteri tersebut sehingga menyebabkan gangren.


Alternatif perawatan luka gangren

Perawatan luka gangren pada dasarnya difokuskan untuk mengangkat jaringan mati, mencegah penyebaran infeksi serta mencegah penyakit yang menyebabkan semakin berkembangnya gangren. Semakin cepat perawatan luka gangren ini dilakukan, maka akan semakin besar pula kemungkinan dari kesembuhan luka itu sendiri. Berikut ini adalah cara perawatan luka gangren yang benar. 

  1. Rutin membersihkan luka

Dalam perawatan luka gangren hal yang perlu Anda perhatikan pertama yaitu rutin membersihkan luka. Anda bisa membersihkan luka menggunakan larutan NaCL. setelah itu keringkan luka gangren menggunakan kain kasa dan balut luka menggunakan perban. Apabila luka gangren telah kering, maka tidak perlu dibalut dengan perban. Akan tetapi, pada proses pembersihan luka pastikan dilakukan dengan steril. 

  1. Memberi antibiotik

Perawatan luka gangren yang selanjutnya yaitu memberikan antibiotik baik secara oral dalam bentuk tablet dan kapsul atau melalui infus. Apabila luka gangren telah mengalami infeksi yang parah, maka antibiotik dapat diberikan pada sekitar area luka agar dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Akan tetapi, pemberian antibiotik ini harus dibarengi dengan tindakan perawatan lainnya karena antibiotik sendiri tidak dapat menghentikan luka gangren. 

  1. Mengangkat jaringan yang telah mati

Mengangkat jaringan yang telah mati pada luka gangren merupakan salah satu cara perawatan luka gangren yang penting dilakukan. Dengan mengangkat jaringan mati, maka penyebaran luka gangren dapat terhenti dan jaringan yang sehat dapat pulih kembali. Selain itu, pembuluh darah yang rusak juga dapat diperbaiki agar bisa mengalirkan kembali darah pada jaringan yang terkena luka gangren. Dalam kasus yang parah, bagian tubuh yang mengalami luka gangren harus diamputasi agar tidak menyebarkan luka kebagian yang lain. 

  1. Terapi oksigen hiperbarik (HBOT)

Perawatan luka gangren berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan terapi oksigen hiperbarik (HBOT), yang dapat membantu meningkatkan pasokan oksigen ke dalam tubuh pasien. Tujuan peningkatan pasokan oksigen dalam tubuh ini pada dasarnya dimaksudkan untuk memicu pembentukan pembuluh darah yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Untuk menjalankannya, pasien akan diminta untuk berada di ruangan khusus untuk menghirup oksigen bertekanan tinggi. Pelaksanaan prosedur terapi ini hanya dapat dilakukan oleh profesional demi mencegah timbulnya komplikasi. 

Demikianlah penjelasan mengenai alternatif perawatan luka gangren yang perlu diketahui. Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat menerapkan pola hidup yang lebih sehat dengan olahraga rutin dan memperhatikan pola makan untuk menghindari terjadinya luka gangren. Selain itu, apabila Anda atau keluarga memiliki luka gangren ini, lakukanlah pemeriksaan secara rutin agar proses penyembuhan luka dapat berlangsung dengan cepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

NHS Wales. 2021. Gangrene

Marks, Hedy. 2019. Gangrene. 

MacGill, Markus. 2017. What you need to know about gangrene.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi