Bantuan

Inilah Tips agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL, Ibu Wajib Tahu!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

Melahirkan cepat

Ibu haru tahu tips agar cepat melahirkan sebelum HPL. HPL itu sendiri adalah hari perkiraan lahir, yang merupakan sebuah prediksi tanggal kapan bayi akan lahir. Namun, tahukah anda bahwa pada faktanya, hanyalah sekitar 2 sampai 5 persen bayi, yang benar-benar lahir sesuai tanggal HPL tersebut. Ada sekitar 40 persen yang lahir dua minggu setelahnya. Adanya tanggal cantik, mmebuat sebagian ibu hamil ingin segera melahirkan sebelum HPL. Mungkin anda termasuk salah satunya? Banyak ahli merekomendasikan agar para ibu hamil, mau menunggu sampai usia kehamilan minggu ke 40 sebelum memutuskan melahirkan. Ini agar bayi siap dan bisa keluar secara alami, tetapi, jika pada usia kandungan 42 minggu, belum ada tanda hendak melahirkan maka bisa jadi terdapat masalah yang ada pada ibu atau bayinya. 

Hal tersebut tentu akan membuat resah pada benak ibu hamil, yang akan mungkin memengaruhi lamanya waktu persalinan. 50 persen ibu hamil umumnya menggunakan cara alami guna induksi, ini untuk menghindari mundurnya tanggal persalinan, tetapi induksi persalinan pada bentuk apapun sudah sebaiknya tidak dilakukan sebelum HPL. 

Hal yang perlu dipertimbangkan

Ketika anda memutuskan akan melahirkan sebelum HPL, ada beberapa pertimbangan yang perlu anda perhatikan. Ini juga bisa menjadi sebuah tips agar cepat melahirkan sebelum HPL. Simak penjelasan di bawah ini:

  1. Keuntungan saat bayi dibiarkan lahir ketika siap

Sangat perlu untuk Anda ketahui, bahwa selama masa kehamilan bayi sebenarnya sedang mempersiapkan diri untuk menghadaoi kehidupan nanti. Beberapa keuntungan bila bayi dibiarkan keluar dengan sendirinya adalah sebagai berikut:

  1. Lebih mudah untuk disusui setelah bayi lahir.

  2. Lebih banyak waktu untuk paru-paru, otot, otak, dan kekuatan bayi untuk lebih berkembang lagi.

  3. Sistem pernapasan yang lebih baik, yang mana tidak seperti bayi dipaksa lahir dua minggu sebelum HPL. Di mana biasanya akan berisiko dua kali lebih besar mengalami terjadinya komplikasi.

  4. Adanya risiko bayi mengidap gula darah rendah, penyakit kuning, atau infeksi yang lebih rendah. 

  1. Alasan ingin melahirkan sebelum HPL

Salah satu hal yang menjadi penyebab ibu hamil dan berupaya untuk melahirkan sebelum HPL adalah disebabkan takut jika bayi lama dalam rahim maka, meningkatkan risiko kelahiran mati. Faktanya, ada dua hal yang menjadi penyebab bayi lahir mati, yakni obesitas dan rokok sehingga jika ibu tidak memiliki alasan kuat untuk melahirkan sebelum HPL maka sebaiknya mengikuti waktu alamiah saja, tetapi bila anda sudah memutuskan untuk bayi lahir cepat maka, penting untuk anda mengetahui tips agar cepat melahirkan sebelum HPL yang aman. Apa sajakah itu?

Tips agar cepat melahirkan sebelum HPL yang aman untuk dilakukan

Menjadi hal paling penting jika ingin melahirkan sebelum HPL, yakni konsultasi dengan dokter. Anda dapat melakukan konsultasi guna persiapan serta risiko yang ada ketika memutuskan untuk melahirkan sebelum waktu HPL. Biasanya dokter akan memberi ijin atau membolehkannya, jika janin sudah dalam kondisi yang benar matang. Juga tak kalah penting bayi sudah siap untuk hidup di dunia luar. Tips agar cepat melahirkan sebelum HPL, yang pertama dapat anda lakukan, yakni dengan berjalan kaki yang sering. Berjalan kaki dengan santai dan benar serta lakukan ketika anda merasakan kontraksi. Anda harus pastikan bahwa postur tubuh tegak, tidak condong ke depan maupun belakang. Tips ini cukup mudah dan murah bukan? Anda dapat melakukannya dimana saja, ini merupakan salah satu tips yang paling sering direkomendasikan oleh dokter. 

Tips selanjutnya adalah akupuntur, yang mana mungkin bagi ibu hamil yang takut dengan jarum suntik maka tentu tidak akan cocok. Namun, ini sebenarnya berbeda degan jarum suntik, yang mana jarum akupuntur sangat tipis dan juga lembut sehingga Anda kemungkinan tidak akan merasakan apapun saat jarum menusuk kulit anda. Tips terakhir adalah senam hamil, yang mana memiliki banyak manfaat adalah seperti merangsang agar bayi lebih dekat ke jalan lahirnya.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan jika memutuskan untuk melahirkan sebelum HPL. Namun, ingat untuk sebaiknya terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Bunda Perlu Tahu, Ini Dia Hormon hCG, Si Pendeteksi Kehamilan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Care of the neonatal intensive care unit graduate

Premature infant, merck manual professional version

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang