Bantuan
Bantuan

Ingin Melakukan Defisit Kalori? Berikut Ini Daftar Makanan Rendah Kalori

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

diet defisit kalori

Makanan rendah kalori umumnya dicari-cari oleh Anda yang melakukan defisit kalori. Defisit kalori umumnya dilakukan apabila ingin menurunkan berat badan. Oleh karena itu, makanan rendah kalori menjadi penting agar asupan kalori yang masuk tetap sedikit namun tetap memberikan banyak nutrisi dan mengenyangkan. 

Makanan Rendah Kalori

Lalu apa makanan rendah kalori yang cocok untuk Anda yang sedang melakukan defisit kalori? Berikut ini akan dijelaskan beberapa makanan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi. 

  1. Lobak

Makanan rendah kalori yang pertama, yaitu lobak yang sangat cocok dimasukkan ke dalam menu diet Anda. Dalam 100 gram lobak mengandung 21 kalori. Walaupun begitu, lobak merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, lobak menjadi salah satu menu diet  yang banyak disukai karena dapat mengenyangkan. 

  1. Selada

Selain lobak, makanan rendah kalori yang selanjutnya, yaitu selada. Selada seringkali dijadikan lalapan di ayam geprek hingga isian burger. Dalam selada terdapat kandungan kalori yang rendah, yaitu hanya sebanyak 18 kalori. Tidak  hanya rendah kalori, selada juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa kandungan tersebut yaitu vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. 

  1. Tomat

Buah merah yang menyegarkan ini merupakan salah satu makanan yang mengandung kalori sagat rendah. Bahkan dalam 100 gram tomat hanya terdapat 27 kalori saja. Walaupun rendah kalori, gizi yang dimiliki tomat sangatlah luar biasa. Salah satu senyawa yang dimiliki tomat, yaitu likopen dipercaya dapat melawan kanker hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Ikan

Makanan rendah kalori yang selanjutnya, yaitu ikan seperti ikan salmon, ikan tuna, dan ikan gindara. Tidak hanya rendah kalori, ikan juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan jantung. Namun pastikan Anda mengolahnya dengan cara yang sehat, hindari mengolahnya dengan cara digoreng. Sebaiknya Anda mengolah ikan dengan cara dikukus atau  dipanggang. 

  1. Telur

Makanan yang sangat mudah didapatkan ini ternyata memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Dalam satu butir telur terdapat kandungan 6 gram protein, 72 kalori, dan berbagai kandungan lainnya. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa sarapan dengan telur dapat meningkatkan rasa kenyang. Namun sebaiknya Anda mengonsumsinya dengan cara di rebus. Hindari menggorengnya karena dapat meningkatkan kadar lemak jahat. 

  1. Kentang

Kentang rebus dan kentang panggang bisa menjadi salah satu menu diet Anda karena mengandung kalori yang cukup rendah. Tidak hanya itu, kentang rebus dan kentang panggang juga dapat menurunkan berat badan. Pasalnya kedua memiliki kandungan protein dan serat yang dapat mengenyangkan. Namun untuk kentang goreng dan keripik kentang hal ini tidak berlaku. 

  1. Dada Ayam

Dada ayam merupakan salah satu bagian ayam yang paling banyak mengandung protein. Tidak hanya itu, bagian ini juga memiliki kalori yang cukup rendah, yaitu sebanyak 100 kalori setiap 85 gram nya. Tidak hanya itu, dada ayam juga memiliki kandungan yang bermanfaat lainnya seperti selenium, niacin, dan vitamin B12. Anda bisa menjadi dada ayam sebagai menu diet dengan cara diolah menjadi sup yang dicampur dengan sayur. 

  1. Kacang-Kacangan

Makanan rendah kalori yang selanjutnya, yaitu kacang-kacangan. Namun tidak hanya rendah kalori, kacang-kacangan juga memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa mengenyangkan. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi yaitu kacang almond serta edamame. 

  1. Oat

Oat sering kali menjadi menu sarapan pagi bagi mereka yang menjadi program diet. Di dalam 40 gram oat terdapat kandungan kalori sebanyak 148. Walaupun begitu, kandungan yang dimiliki oat juga cukup banyak. Dalam 40 gram mengandung 3,8 gram serat dan 5,5 gram protein. Hal ini cukup membuat Anda kenyang untuk  melakukan aktivitas. 

  1. Semangka

Makanan rendah kalori yang terakhir, yaitu semangka. Dalam hal ini semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga membuat Anda terhindar dari dehidrasi. Tidak hanya itu, semangka juga memiliki kandungan lainnya seperti vitamin A dan vitamin C. 

Nah, itulah beberapa makanan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, wajib menerapkan defisit kalori. Pasalnya, olahraga seberat apapun tanpa dibarengi defisit kalori maka akan sulit membuatkan hasil. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengenal Seluk Beluk Diet DASH dan Manfaatnya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Link, Rachel. 2018. 13 Low-Calorie Foods That Are Surprisingly Filling. https://www.healthline.com/nutrition/low-calorie-foods#section14\

Whitbread, Daisy. 2021. The 10 Best Low Calorie Foods for Weight Loss. https://www.myfooddata.com/articles/low-calorie-foods.php

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang