Cegah Stroke dengan Mulai Menjalankan Gaya Hidup Sehat

04 Oct 2019 • Tips Kesehatan

Ditulis oleh                     : dr. Yonathan Heru Suhalim

Telah direview oleh        : dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES


Pada umumnya kita menanggap bahwa penyakit stroke hanya dapat menjakit orang yang lanjut usia. Faktanya, resiko stroke bisa datang kapan saja dan menyerang siapa pun di segala usia, baik muda ataupun tua.

Namun, jangan khawatir. Anda dapat membantu mencegah stroke dengan membuat pilihan gaya hidup sehat dan rutin mengontrol kondisi kesehatan yang meningkatkan risiko Anda untuk terkena stroke.Yuk simak beberapa cara untuk mencegah stroke berikut ini! 

  1. Menjalankan diet sehat
    Memilih pilihan makanan sehat dan camilan dapat membantu Anda mencegah stroke. Pastikan untuk makan banyak buah dan sayuran segar. Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi meningkatkan peluang Anda terkena stroke. Dengan mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol dan serat tinggi dapat membantu mencegah kolesterol tinggi. Membatasi garam (natrium) dalam makanan Anda juga dapat menurunkan tekanan darah Anda.

  2. Mengontrol berat badan
    Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko stroke. Untuk menentukan apakah berat badan Anda dalam kisaran yang sehat, dokter sering menghitung indeks massa tubuh (BMI) Anda. Dokter terkadang juga menggunakan pengukuran pinggang dan pinggul untuk mengukur kelebihan lemak tubuh.

  3. Rutin berolahraga
    Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik dapat membantu Anda tetap pada berat badan yang sehat dan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah Anda. Untuk orang dewasa, Ahli Bedah Umum merekomendasikan 2 jam dan 30 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang, seperti jalan cepat, setiap minggu. Anak-anak dan remaja harus mendapatkan 1 jam aktivitas fisik setiap hari.

  4. Hindari rokok
    Merokok sangat meningkatkan peluang Anda untuk terserang stroke. Merokok mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan darah dan oksigen tidak teraliri dengan baik. Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Jika Anda merokok, berhenti merokok akan menurunkan risiko stroke.

  5. Batasi minum alkohol
    Hindari minum terlalu banyak alkohol, yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Pria seharusnya tidak lebih dari dua minuman per hari, dan wanita hanya satu.

  6. Mengelola emosi
    Untuk kamu yang sering menumpuk pikiran-pikiran negatif, sebaiknya jauhi kebiasaan ini. Karena ketika kamu sedang marah dan stres, tekanan darah akan meningkat. Agar tidak mudah stres, biasakanlah untuk fokus hanya pada satu tugas dalam satu waktu, dan saat merasa tertekan, cobalah untuk menarik napas dalam atau keluar ruangan sejenak untuk menenangkan diri.

 

Teman Sehat, itu dia beberapa cara untuk mencegah stroke. Pastikan untuk menerapkannya di kehidupanmu dan bersama keluarga mulai dari sekarang, ya!

  

 

Referensi:

Centers for Disease Control and Prevention. Stroke